Peminat mobil bertenaga hybrid di Indonesia semakin tinggi. Salah satu terlaris adalah Innova Zenix, multi purpose vehicle (MPV)  hybrid besutan Toyota yang baru diluncurkan pada November 2022 lalu. 

Baru beberapa bulan diluncurkan, inden atau masa tunggu mobil ini mencapai 6 bulan hingga satu tahun. Lantas apa penyebabnya? Berikut penjelasan lengkap alasan inden Toyota Innova Zenix sangat lama. 

Penyebab Toyota Innova Zenix Inden 

Per akhir Januari 2023 lalu, Toyota Astra Motor telah mencatat 7.200 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 80 persen atau sekitar 5.760 unit mobil varian hybridnya itu. Membeludaknya permintaan tersebut membuat inden atau masa tunggu Toyota Innova Zenix sangat lama. 

Tak hanya itu, Toyota mengungkapkan permintaan distribusi dari pabrik ke dealer (wholesales) Toyota Innova Zenix melebihi varian konvensionalnya. Selain itu, pabrikan juga belum bisa memenuhi permintaan di pasar sekaligus karena kendala pasokan komponen elektrifikasi yang masih diimpor, seperti magnetik dan chip semikonduktor.

Tingginya permintaan tentu karena spesifikasi dan fitur Toyota Innova Zenix yang menarik banyak pengguna. Berikut ulasan lengkap spesifikasi Toyota Innova Zenix.

Baca Juga: All New Innova 2022: Varian, Spesifikasi, Fitur, dan Harga

Spesifikasi Toyota Innova Zenix

1. Mesin Toyota Innova Zenix

Toyota Innova Zenix ingin memadukan aspek-aspek MPV (Multi Purpose Vehicle) dan crossover. Pada versi bensin, All New Kijang Innova Zenix, dibekali mesin berkode M20A-FKS 2.0-liter.

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 171 horse power (hp) pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm di putaran 4.500-4.900 rpm. Adapun transmisinya, menggunakan CVT.

Toyota Innova Zenix versi hybrid dibenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400-5.200 rpm.

Mesin Toyota Innova Zenix dipadu dengan motor listrik bertenaga 111 hp dan torsi maksimum 205 Nm. Soal transmisi, mengandalkan e-CVT.

Sebagai mobil hybrid, terdapat baterai Ni-MH berukuran kompak disimpan di bawah kedua jok kursi depan pada Toyota Innova Zenix. Mobil ini juga sudah mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) sehingga tak membuat kabin mobil jadi kurang lega karena kehadiran baterai.

Tampilan Toyota Innova Zenix juga terlihat tangguh dan berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Secara dimensi, Toyota Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm dan jarak sumbu roda 2.850 mm. 

Toyota Innova Zenix dibekali gril berukuran besar dipadu headlamp LED sehingga menampilkan kesan agresif dan memberikan pencahayaan cukup terang. Tak hanya itu, ada pula  fog lamp dan DRL (Daytime Running Light) juga sudah LED.

Tentunya, spesifikasi tersebut juga dilengkapi fitur mumpuni guna melengkapi kenyamanan dan keamanan pengendara maupun pengemudinya. Ini fitur Toyota Innova Zenix. 

Baca Juga: Harga Ban Mobil Innova dan Pilihan Rekomendasinya

2. Fitur Toyota Innova Zenix

Salah satu fitur baru yang hadir di keluarga Toyota Innova adalah panoramic sunroof. Fitur ini memiliki ukuran yang besar membentang dari depan hingga belakang sehingga menghasilkan kabin mewah. 

Sebagai catatan, panoramic sunroof pada Zenix ada di varian V hybrid dan Q hybrid. Kedua varian tersebut juga dilengkapi fitur-fitur mumpuni lainnya, yakni head unit 9/10 Inch with smartphone connectivity, TFT MID 7 inch, dual 10 inch rear seat entertainment, wireless charger, power backdoor with voice command, paddle shift, dan lainnya.

Fitur keamanannya pun lengkap. Toyota Innova Zenix sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS), antara lain Pre-collision system, Dynamic radar cruise control (adaptive), Lane departure alert, Lane tracing assist, dan Automatic high beam.

Desain interiornya juga tak main-main. Pada baris kedua sudah dilengkapi tempat penyimpanan cukup besar, seperti cup holder, hingga headrest yang bisa disesuaikan. 

Terdapat juga fitur captain seat ottoman untuk penumpang disertai sandaran kaki yang disematkan di varian tertinggi Toyota Innova Zenix, yakni Hybrid Q. 

Ada harga ada kualitas. Tentunya, ragam fitur dan spesifikasi yang mumpuni dari Toyota Innova Zenix bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp400 jutaan. 

Baca Juga: Intip Biaya Servis Mobil Hybrid, Lebih Mahal atau Murah?

Harga Toyota Innova Zenix

Innova Zenix Hybrid 2.0 G HV CVTRp458 juta
Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVTRp522 juta
Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVT ModellistaRp532 juta
Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVTT TSSRp601 juta
Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSSRp611 juta

Apapun mobilnya, lakukan servis rutin agar mesin dan fitur di dalamnya tetap bekerja dengan optimal. Bawa mobil OtoFriends ke bengkel terpercaya yang memiliki teknisi profesional.

Tentunya, bengkel terpercaya dapat ditemukan di aplikasi Otoklix. Terdapat 2.000+ mitra Otoklix yang siap menangani perawatan hingga perbaikan mobil. 

Unduh sekarang aplikasi Otoklix secara gratis di App Store iOS atau Google Play Store. Nikmati fitur booking online agar servis mobil lebih efektif tanpa perlu antre lama di bengkel. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Inden Toyota Innova

Baru beberapa bulan diluncurkan, inden atau masa tunggu mobil ini mencapai 6 bulan hingga satu tahun. Lantas apa penyebabnya? Berikut penjelasan lengkap alasan inden Toyota Innova Zenix sangat lama.

Per akhir Januari 2023 lalu, Toyota Astra Motor telah mencatat 7.200 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 80 persen atau sekitar 5.760 unit mobil varian hybridnya itu. Membeludaknya permintaan tersebut membuat inden atau masa tunggu Toyota Innova Zenix sangat lama.

 Tentunya, ragam fitur dan spesifikasi yang mumpuni dari Toyota Innova Zenix bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp400 jutaan.