Hyundai Stargazer X yang akhirnya rilis di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, langsung menuai perhatian pencinta otomotif. Mobil yang menghadirkan performa mesin mumpuni dengan desain elegan ini, punya spesifikasi kendaraan yang terbilang gahar. 

Berbeda dengan Hyundai Stargazer biasa yang masuk dalam segmen MPV, Stargazer X masuk dalam kategori Low Sport Utility Vehicle atau Low SUV. Dengan demikian, Hyundai “menantang” segmen Low SUV yang sudah ada seperti Suzuki XL7, Daihatsu Terios, hingga Mitsubishi Xpander Cross. 

Mari simak seperti apa sih, spesifikasi Stargazer X dan berapa harganya. 

Spesifikasi Hyundai Stargazer X

Banyak yang menganggap Stargazer X sebagai hasil perkawinan silang antara MPV yang menawarkan fungsi akomodasi dengan sentuhan macho dari SUV. Meskipun ada beberapa bagian yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Stargazer biasa. Berikut ulasan lengkap spesifikasinya.

1. Performa Mesin

Stargazer X didukung oleh mesin Smartstream berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang impresif, mencapai 113 hp pada putaran 6.300 rpm, dan torsi maksimum sebesar 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm. 

Namun, spesifikasi mesin Hyundai Stargazer X ini sebenarnya sama dengan Stargazer biasa alias tidak mengalami perubahan sama sekali. Soal konsumsi BBM Hyundai Stargazer, mobil ini dilengkapi dengan Intelligent Variable Transmission (IVT) yang menghasilkan tenaga ekstra dan efisiensi bahan bakar lebih baik. 

Selain itu, versi mobil Stargazer X juga dilengkapi dengan empat mode berkendara yang dapat dipilih oleh pengemudi, yaitu Eco, Normal, Sport, dan Smart, yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengalaman berkendara sesuai dengan preferensi dan kondisi jalan yang dihadapi.

2. Desain Interior

Hyundai Stargazer X menawarkan tipe 7-seater sehingga memang nyaman untuk dibawa bersama dengan keluarga atau kerabat. Tempat duduknya tersedia dalam bahan kain atau kulit dengan jahitan warna merah yang memberikan sentuhan modern yang elegan.

Masuk ke dalam kabin, kamu akan merasakan kenyamanan dari fitur Ambient Mood Lamp yang diklaim mampu memberikan rasa tenang dan damai. Fitur premium seperti BOSE Premium Sound System dengan 8 speaker akan memanjakan ketika mendengarkan lagu di dalam mobil.

Produsen juga memberikan opsi konfigurasi captain seat pada semua varian Stargazer X. Captain seat ini tidak hanya memberikan kenyamanan ekstra, tetapi juga dilengkapi dengan sandaran lengan yang membuat penumpang di baris kedua dapat beristirahat dengan baik selama perjalanan.

Adapun fitur interior lainnya yang juga patut mendapatkan highlight antara lain: 

  • Full Digital Supervision Cluster with 4.2” TFT LCD
  • 8” Touch Display Audio with Smartphone Connectivity
  • Wireless Smartphone Charger

3. Desain Eksterior

Dari segi desain exterior mulai keliatan perbedaan Hyundai Stargazer X dengan Stargazer biasa yang cukup signifikan. Dimensi Hyundai Stargazer X lebih besar yakni panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.710 mm, dengan ground clearance 200 mm. 

Bandingkan dengan Hyundai Stargazer biasa yang hanya memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, dengan ground clearance 195 mm. Jadi, meski mengusung Low SUV, Stargazer X tidak kalah dengan MPV dari segi dimensinya. 

Dalam hal pencahayaan, Stargazer X dilengkapi dengan teknologi penerangan canggih seperti LED Multi Focus Reflector (MFR) Headlamps, LED Position Lamp, dan horizontal LED Daytime Running Light (DRL) yang hadir untuk meningkatkan keamanan dan visibilitas di jalan. Ada pula bumper yang sengaja memiliki desain maskulin.

Baca Juga: Macam-macam Lampu Interior Mobil dan Panduan Perawatannya

4. Fitur

Stargazer X juga dilengkapi dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, sebuah platform yang memudahkanmu untuk memantau informasi penting tentang mobilmu. Kamu dapat terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam saat terjadi kondisi darurat sehingga bisa mendapatkan bantuan secepatnya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC) untuk menjaga stabilitas kendaraan dan Vehicle Stability Management (VSM) untuk mengoptimalkan kendaraan dalam berbagai kondisi. Adapula Rear Disc Brake untuk performa pengereman yang lebih baik dan Hill-start Assist Control (HAC) untuk mencegah mobil bergeser saat berhenti di tanjakan. 

Parkir juga jadi lebih nyaman berkat adanya fitur Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Hold. Untuk varian Prime, ada tambahan fitur Forward Parking Distance Warning yang membantu mendeteksi objek di depan mobil saat sedang memarkir. Adapun fitur lainnya seperti:

  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • Lane Following Assist
  • Lane Keeping Assist
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist
  • 6-Airbag system (Driver, Passenger, Side & Curtain)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
  • High Beam Assist (HBA)
  • Rear View Monitor (RVM)

5. Pilihan Warna

Hyundai Stargazer X menawarkan pilihan warna yang menarik seperti Dragon Red Pearl yang memberikan sentuhan sporty dan dinamis. Berikut adalah pilihan warna mobil mobil Stargazer X.

  • Dragon Red Pearl
  • Magnetic Silver Metallic
  • Creamy White Pearl
  • Midnight Black Pearl
  • Titan Gray Metallic.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Terbaru Hyundai Staria Lombardi

Harga Hyundai Stargazer X

Nah, yang paling dinanti-nanti adalah informasi mengenai harga mobil Hyundai Stargazer X. Berikut adalah daftar harga Hyundai Stargazer X 2023 untuk On The Road (OTR) Jakarta yang dihimpun dari situs resmi:

  • Stargazer X Style: Rp325,6 juta
  • Stargazer X Prime One-Tone Roof: Rp336,2 juta
  • Stargazer X Prime Two-Tone Roof: Rp337,7 juta

Dengan harga yang kompetitif dan beragam fitur unggulan, mobil terbaru besutan Hyundai ini merupakan pilihan yang menarik bagi kamu yang menginginkan mobil dengan performa, kenyamanan, dan gaya yang mengesankan.

Demikian pembahasan mengenai spesifikasi dan juga harga Hyundai Stargazer X. Jangan lupa jika OtoFriends membeli mobil keluaran terbaru tersebut, lakukan perawatan rutin dengan membawa mobil ke bengkel terpercaya.

Lebih mudahnya, OtoFriends dapat melakukan booking servis mobil di mana saja dan kapan saja menggunakan aplikasi Otoklix! Tersedia ribuan mitra bengkel mobil umum pilihan jika kamu tinggal di area Jabodetabek.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Hyundai Stargazer X memiliki dua varian yang tersedia: Stargazer X Style dengan harga Rp325,6 juta, dan dua varian Prime, yaitu Prime dengan harga Rp336,2 juta dan Prime OTR dengan harga Rp 337,7 juta, semua harga tersebut untuk OTR Jakarta.

Hyundai Stargazer menggunakan mesin bensin Smartstream G 1.5 sehingga bukan kendaraan listrik, melainkan kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin.

Perbedaan antara Hyundai Stargazer X dengan versi biasa dapat dilihat dari segi klasifikasinya. Stargazer X adalah low SUV, sedangkan Stargazer versi biasa adalah MPV. Selain itu, versi X memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan versi biasa.