Ingin melakukan modifikasi pada mobil kesayanganmu? Coba mulai dengan menambahkan lampu interior mobil. Menambah penerangan ekstra merupakan cara paling mudah dan murah dalam modifikasi mobil. Selain membuat tampilan mobil makin kece, beberapa lampu interior mobil justru punya segudang manfaat. Bahkan, ada yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan. Simak ulasannya di bawah ini!

Macam-macam Lampu Interior Mobil

Lampu interior mobil pada dasarnya merupakan lampu LED yang ditambahkan pada kendaraan untuk meningkatkan tampilan sekaligus memberi kenyamanan berkendara. Berikut macam-macam lampu interior mobil berdasarkan tata letaknya:

  1. Lampu Pintu

Tak hanya berfungsi meningkatkan tampilan, lampu yang dilekatkan di bagian pintu  penting untuk memberi penerangan tambahan terutama di malam hari. Sebagaimana diketahui, kadang ada saja kecelakaan yang terjadi saat kamu membuka pintu mobil. 

Lantaran jalanan yang gelap, ditambah tak ada tanda untuk memberitahu pengendara lain di belakang setiap hendak membuka pintu mobil, membuat kecelakaan rentan terjadi. Untuk itu, menambah lampu di pintu mobil pun kini menjadi kewajiban.

Ada berbagai jenis lampu pintu, di antaranya ada yang posisinya di bagian handle pintu, ada juga yang ditempel di samping-samping pintu mobil. Saat pintu mobil dibuka, lampu tersebut otomatis menyala.

Bahkan ada juga yang berupa logo projector, jadi ketika pintu dibuka akan tampak gambar logo mobil masing-masing terpantul ke aspal jalanan. 

Berikut rekomendasi lampu pintu mobil beserta harganya:

  • Omextra Car Reflective Sticker: Rp20 ribu – Rp50 ribuan
  • Baseus Door Open Warning Light : Rp60 ribu – Rp130 ribuan
  • Brainbox Car Door Logo Projector: Rp70 ribu – Rp150 ribuan
  1. Lampu Plafon

Setiap plafon mobil sebenarnya sudah dilengkapi dengan lampu. Akan tetapi, bila merasa kurang atau sekadar ingin ada modifikasi pada interior mobil, tak ada salahnya menambah lampu di plafon mobil kamu. 

Terkadang dibutuhkan juga lampu plafon tambahan sebagai cadangan bila tiba-tiba lampu bawaan tak bisa menyala.

Ada beragam jenis lampu plafon mobil. Di antaranya, lampu portable yang bisa ditaruh di mana saja serta mudah dilepas pasang, reading light, magnetic light yang bisa diganti-ganti warnanya, dan banyak lagi.

Berikut rekomendasi lampu plafon mobil:

  • Baseus Capsule Car Interior Light Portable: Rp140 ribuan
  • LED Ufo Omextra: Rp60 ribuan
  • LED Magnet Portable Recharge Plafon Mobil Emergency: Rp60 ribuan
  1. Lampu Bagasi

Satu lagi bagian mobil yang perlu diberi lampu tambahan yakni bagasi. Tak hanya mempercantik tampilan interior dan eksterior mobil, lampu bagasi juga penting untuk membantu kamu saat butuh memuat, menurunkan, atau sekadar mencari barang di malam hari.

 Berikut rekomendasinya:

  • LED Strip RGB: Rp30 ribuan
  • Lampu LED Touchscreen Plafon Bagasi: Rp30 ribuan
  1. Lampu Aksen

Lampu aksen lebih diperuntukkan untuk modifikasi dan bisa ditaruh di mana saja. Mulai dari dasbor, di bawah kursi mobil, atau bahkan di kursi belakang.

Berikut rekomendasinya:

  • Lampu Ambience Light Dashboard: Rp80 ribu – Rp90 ribuan
  • Lampu LED Kolong Dashboard: Rp85 ribu – Rp 100 ribuan

Cara Memasang Lampu Interior Mobil

Ada dua cara memasang lampu interior mobil yakni pasang sendiri di rumah atau ke bengkel. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Pasang Sendiri

Bila kamu memutuskan untuk memasang lampu interior mobil sendiri, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih lampu mana yang paling dibutuhkan.

Untuk beberapa lampu interior mobil, ada yang bisa dipasang sendiri, ada yang membutuhkan bantuan profesional. 

Adapun lampu interior mobil yang bisa dipasang sendiri di antaranya lampu plafon dan bagasi, terutama yang bisa dilepas pasang. Untuk cara pemasangannya pun sangat mudah, tinggal rekatkan saja lampu portable tersebut ke bagian yang ingin diberi penerangan ekstra. Atau sederhananya ikuti petunjuk manual lampu interior mobil tersebut.

  1. Pasang di Bengkel

Pemasangan lampu interior lainnya seperti lampu pintu dan lampu dashboard mobil, ada baiknya diserahkan kepada ahlinya di bengkel terdekat. 

Selain karena pemasangannya yang cukup rumit, ada perhitungan daya yang juga tak sembarangan orang bisa cepat memahaminya. Konsultasikan kebutuhanmu dan biarkan mekanik bengkel menentukan jenis lampu mana yang bisa dipasang dan mana yang tidak.

Kamu bisa menemukan bengkel terdekat dan terpercaya dengan mudah lewat aplikasi Otoklix. Selain itu, kamu juga bisa melakukan booking service, sehingga lebih hemat waktu.

Panduan Perawatan Lampu Interior Mobil Biar Awet

  1. Hindari Terkena Air

Hal pertama yang perlu selalu diingat adalah menjaga lampu interior mobil agar tidak terkena air atau segala jenis cairan lainnya. Lampu interior termasuk elektronik yang terhubung listrik, sehingga sensitif terhadap cairan. Cairan bisa menyebabkan korsleting dan kerusakan pada lampu interior mobil.

  1. Nyalakan Seperlunya

Selain itu, nyalakan lampu interior mobil seperlunya saja. Jangan biarkan lampu menyala terus menerus. Hal itu bisa mempersingkat usia lampu interior mobil tersebut, sekaligus membuat aki cepat habis.

Cocokkan juga daya kendaraan dengan kebutuhan listrik yang diperlukan lampu interior mobil. Sebab, jika tidak cocok dayanya, bakal timbul korsleting hingga kerusakan pada bagian mobil lainnya. 

Untuk itu, penting juga konsultasi perawatan dan pemasangan lampu ekstra ke bengkel terdekat. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kamu mencari bengkel service lampu mobil, service mika lampu mobil pecah, dan berbagai permasalahan lainnya? Cari saja di Otoklix.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!