Bulan April tahun lalu, Toyota mengeluarkan tipe terbaru dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV)  kompak bernama Toyota Raize. Mobil yang langsung difavoritkan pecinta compact SUV ini dihadirkan dengan sederet teknologi canggih yang berhasil menjadi keunggulan mobil kembaran Daihatsu Rocky ini. 

Spesifikasi Toyota Raize

Mobil yang langsung laris manis ini ternyata memiliki fitur-fitur yang cukup mumpuni dengan harga yang segitu. Memiliki dua tipe kapasitas silinder yaitu 1.0 dan 1.2 dengan sistem transmisi manual dan otomatis, mobil ini jadi pilihan untuk compact SUV lima tempat duduk. 

Mobil ini memiliki dimensi panjang 4 meter dengan lebar 1,7 meter dan tinggi 1,6 meter. Selain itu, mobil ini memiliki ground clearance yang cukup oke yaitu 200 cm. Untuk mesin  

Toyota Raize hadir dalam enam varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam. Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT.

Untuk interiornya, Toyota Raize memiliki bagian dalam yang lapang dan dilengkapi fitur terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu advanced, exciting, simple, dan analog. 

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti steering switch, interior illumination, serta interactive 9 inch head unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur personal reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 airbags, pedal misoperation control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high premium.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Baca juga: Jenis Mobil Toyota: SUV, MPV, Hatchback, Sedan, Sport

Kelebihan

Selain spesifikasi yang mumpuni, Toyota Raize memiliki beberapa keunggulan lain yang bisa menjadi pertimbangan jika ingin membeli. Salah satu yang paling menonjol adalah fitur TSS atau Toyota Safety Sense. Pada intinya keberadaan TSS ditujukan untuk membantu pengemudi berkendara dengan lebih aman memanfaatkan beberapa fungsi yang terdapat di dalamnya. Mulai dari pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert with steering control, rear cross traffic alert, blind spot monitor, dan pedal misoperation control. Fitur ini biasanya hanya ada di seri Toyota dengan kelas di atas atau premium. Namun ternyata disematkan di Toyota Raize. 

Selanjutnya ada fitur ACC atau adaptive cruise control. ACC adalah pengembangan dari cruise control yang selama ini sudah dikenal luas. Fitur ini mampu membaca keberadaan kendaraan di depan kemudian mengatur jarak aman. Pada Toyota Raize, adaptive cruise control baru bisa bekerja di kecepatan 30 km/jam. 

Keunggulan lain adalah memiliki ban dengan velg yang besar. Dilihat dari penampilannya, Toyota Raize mengusung gaya khas mobil SUV. Lekuk bodinya terlihat tegas sehingga memancarkan kesan yang maskulin. Apalagi hal tersebut juga ikut didukung penggunaan pelek berdiameter besar di kelasnya. Lebar spesifikasi menunjukkan Toyota Raize tipe tertinggi menggunakan pelek berukuran 17 inci. Hal ini berbeda dengan mayoritas rivalnya yang memiliki kaki-kaki berukuran 16 inci. Bahkan, ban cadangan pun memiliki velg yang sama dengan ban utama. 

Terakhir, mobil ini memiliki bagasi yang luas dan lega. Walaupun kelihatannya kecil namun pabrikan berhasil memaksimalkan ruang yang tersedia untuk menciptakan bagasi dengan dimensi dan pengaturan yang patut diapresiasi.

Baca juga: Harga Mobil Toyota Terbaru 2022 dan Spesifikasinya

Kekurangan

Selain kelebihan tentu mobil ini memiliki kekurangan. Misalnya lewat pengaturan teleskopik untuk lingkar kemudinya yang belum disediakan. Untuk saat ini fungsi tersebut mungkin belum dibutuhkan lantaran para rival juga tidak memilikinya. Selain itu, mungkin suatu saat pabrikan berani menyematkan pengaturan jok elektrik, tanpa membuat harganya melambung tinggi.

Sementara untuk mesin, Toyota Raize berbekal mesin 998 cc 3-silinder yang mendapat imbuhan turbo. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga tertinggi 96,6 Hp dan torsi 140,2 Nm. Sayangnya, output yang dihasilkan mesin tersebut tidak cukup untuk dikatakan istimewa.

Dari segi interior, beberapa kekurangan dari Toyota Raize misalnya di bangku belakang. Toyota Raize lebih condong memaksimalkan kenyamanan ketika diisi penuh. Buktinya bangku tersebut memiliki tiga sandaran kepala yang bisa diatur ketinggiannya. Jadi tak ada satu orang penumpang pun yang harus menahan rasa pegal di lehernya. Walaupun terkesan sebagai kelebihan namun jika dilihat dari sudut pandang kemewahan, model bangku seperti ini tidak terlihat mewah. 

Terakhir kekurangan Toyota Raize adalah kapasitas tangki bensinnya yang tergolong kecil. Diketahui kapasitasnya hanya 36 liter. Selisih jauh dibanding kompetitornya yang punya kapasitas mencapai 40 liter atau bahkan lebih.

Harga terbaru

Sejak dirilis, Toyota Raize diyakini memiliki value for money yang cukup baik. Dilansir dari situs resmi Toyota, mobil ini ditawarkan di rentang harga Rp229,8 juta sampai Rp249,2 juta. 

KelebihanKekurangan
·         Fitur Keselamatan Aktif Canggih.
·         Adaptive Cruise Control
·         Penggunaan Pelek Berukuran Besar
·         Bagasi Luas dan Fleksibel
·         Ban Cadangan Pakai Pelek Serupa  
·         Tenaga Mesin Inferior
·         Harga Tak Bisa Dibilang Murah
·         Tak Memiliki Tyre Pressure Monitor System
·         Kabin Belakang Kalah Mewah
·         Tak Ada Ventilasi AC Belakang

Nah, untuk terus menjaga Toyota Raize dari kerusakan mesin, sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti.  OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.