Fan belt mobil menjadi salah satu bagian vital yang wajib ada dikendaraan. Fungsinya yakni menggerakkan dan menghubungkan komponen dalam mobil saat mesin menyala.

Sama seperti komponen mobil lainnya, fan belt juga memiliki masa pemakaian, bahkan ada beberapa kasus yang mengalami kerusakan. Jika demikian, jangan ragu untuk segera mengganti fan belt mobil. Langkah ini penting untuk menghindari kejadian tidak diinginkan seperti fan belt putus atau mengalami kerusakan saat kendaraan tengah berjalan.

Biaya penggantian fan belt mobil tidak terlalu mahal dan bervariasi sesuai jenis serta mereknya. Berapa rinciannya? Berikut ulasan lengkapnya mulai dari fungsi, tanda-tanda kerusakan sampai harga fan belt. 

Fungsi Fan Belt Mobil

Seperti diketahui, fan belt merupakan komponen mobil yang berfungsi memindahkan atau meneruskan tenaga dari poros di mesin menuju poros pulley (puli) penggerak (AC, water pump, power steering dan lainnya). Saat mesin dinyalakan, komponen ini bertugas menjadi penghubung.

Jika fan belt putus atau rusak, maka komponen lain tidak akan bekerja. Penyebab kerusakan fan belt biasanya karena beberapa faktor mulai dari pemakaian yang terlalu lama, beban mobil yang terlalu berat, hingga kurangnya perawatan.

Fan Belt Mobil Rusak dan Tanda-tandanya

Kamu bisa mengenali tanda-tanda fan belt sudah harus diganti. Maka itu,  kamu perlu mengenali gejala-gejalanya seperti:

1.  Fan belt terasa rapuh

Meski fan belt terbuat dari material karet tahan panas, seiring waktu elastisitas dan ketahanannya akan berkurang. Ini berkaitan dengan intensitas penggunaan mobil yang semakin meningkat. 

Selain itu, penggunaan secara terus menerus pada suhu yang tinggi dapat menurunkan elastisitas karet pada fan belt dan bisa membuatnya terasa rapuh saat disentuh.

2.  Fan Belt mulai kendor/longgar

Seperti diketahui, fan belt yang sudah kendor tidak mampu bekerja maksimal.  Sebab, putaran ritme dari komponen tersebut suda tidak sesuai dengan timing yang seharusnya. Hal ini akan mempengaruhi kinerja komponen mesin lainnya.

Maka itu, saat kamu menemukan fan belt mulai longgar, segera lakukan penggantian di bengkel terdekat dan terpercaya.

3.  Karet fan belt  menipis

Tanda-tanda lain fan belt sudah perlu diganti adalah saat karetnya terlihat menipis. Hal ini lantaran penggunaannya sudah sangat lama dan mengalami aus akibat gesekan.

4.  Permukaan fan belt retak

Kondisi ini yang paling berbahaya dan harus diwaspadai pemilik mobil. Jika fan belt sudah terlihat retak, secepatnya harus diganti supaya tidak putus saat mobil tengah dikendarai. 

5.  Muncul suara berdecit pada fan belt

Jika fan belt mobil tiba-tiba muncul suara decitan, bisa jadi komponen itu sudah berkurang kualitasnya. Bunyi ini terdengar karena karet rusak atau sudah tidak elastis sehingga saat berputar dan bertemu dengan puli, menimbulkan bunyi.

Karena itu, jika fan belt mulai mengeluarkan bunyi segera perbaiki sebelum fan belt benar-benar putus.

Biaya Ganti Fan Belt Mobil

Biaya ganti fan belt mobil umumnya menyesuaikan jenis dan merek mobil masing-masing. Tetapi di pasaran, kisaran harga fan belt sangat bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Berikut contoh dan kisaran harga fan belt berdasarkan jenis mobilnya: 

JenisHarga
Fan belt D-Xenia/Avanza (4pk-1890)Rp71 ribu
Fan belt T-Avanza Veloz (6pk-1640)Rp111 ribu
Fan belt Avanza Xenia 1300ccRp150 ribu
Fan belt Nisan-Datsun-March Rp165 ribu
Fan belt Innova-Fortuner-Hilux 7pk-2050Rp210 ribu
Fan belt New Yaris-New Vios 2014Rp225 ribu
Fan belt Karimun New Estilo 3Rp215 ribu
Fan Belt Honda CRV 2.4 2400 CCRp300 ribu
Fan belt Camry 2500 ASV50 LEXUS RX270Rp510 ribu
Fan belt Land Cruiser VX80 HDJ80Rp650 ribu

Jasa Penggantian Fan Belt Mobil

Mengganti fan belt mobil tidak bisa dilakukan sendiri di rumah. Harus menggunakan jasa mekanik handal. Selain biaya produk fan belt, kamu juga perlu mengetahui tarif jasa penggantiannya. 

Biasanya, bengkel umum memasang tarif jasa ganti fan belt sekitar Rp110 ribu hingga Rp160 ribu. Sedangkan bengkel resmi sedikit lebih mahal yakni Rp150 ribu sampai Rp200 ribu.

Daftar biaya di atas adalah kisaran atau estimasi. Sebab, harga fan belt akan berbeda sesuai dengan jenis dan merek mobil serta lokasi penggantiannya.

Pilih bengkel sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Otoklix. Otoklix yang merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek ini, akan mencarikan bengkel terdekat di sekitar kamu.