Mobil VW Scirocco memang tidak pernah kehilangan pesona kendati sudah tidak lagi dijual oleh VW Indonesia. Terbukti dengan harga VW Scirocco yang tetap tinggi, baik untuk unit baru maupun unit bekasnya. Mari kita simak harga VW Scirocco tipe 1.4 TSI, tipe R, dan tipe Sport. Simak juga spesifikasi lengkap dan modifikasi ala Thailand dan China!

Berapa Harga VW Scirocco?

Mobil dua pintu ini tidak bisa dibilang murah. VS Scirocco punya beberapa varian, yaitu Volkswagen Scirocco S dengan dua pilihan varian VW Scirocco 1.4 TSI dan VW Scirocco R, serta Volkswagen Scirocco Sport. Harganya masing-masing adalah sebagai berikut.

  • VW Scirocco 1.4 TSI Rp590 jutaan
  • VW Scirocco Sport Rp650 jutaan
  • VS Scirocco R Rp880 jutaan

Harga-harga di atas adalah harga unit VW Scirocco baru. Sedangkan harga VW Scirocco bekas keluaran 2011 saja masih dibanderol dengan harga Rp300 jutaan. Harga ini masih berubah dan mungkin berbeda tergantung lokasi. Apa yang membuat mobil ini mahal? Ini dia spesifikasinya.

Spesifikasi Lengkap VW Scirocco

Spesifikasi VW Scirocco unggul dari sisi desain interior dan eksterior, punya fitur yang cukup lengkap, dan terutama adalah mesin yang powerful dan akselerasi yang cepat. Siap-siap jatuh cinta dengan mobil ini!

Desain sporty di eksterior dan interior

Dari sisi eksterior, mobil hatchback dua pintu ini terlihat sporty dan clean. Tidak banyak ornamen tidak penting pada bodi luarnya. Namun, hal itu tidak mengurangi kesan sporty dari mobil ini. Dimensinya yaitu 4.258 mm (panjang) x 1.799 mm (lebar) x 1.482 mm (tinggi). Jarak poros rodanya mencapai 2.578 mm dan bobot kosongnya adalah 1.760 kg. Ground clearance-nya sekitar 180 mm. Dengan dimensi ini VW Scirocco bisa dengan lincah membelah jalanan kota yang padat.

Melihat sisi interior mobil ini, kita bakal disuguhkan dengan fitur-fitur yang canggih, lengkap, dan premium. Jok dan roda kemudinya menggunakan kulit dari Golf GTI. Sound system-nya menggunakan Dynaudio baru. Sistem medianya menggunakan layar sentuh 6,52 inci. Head unit mobil ini tidak hanya bisa memutar audio, ada soket AUX, USB, dan SD, tetapi juga sudah bisa tersambung dengan bluetooth ke smartphone. Sehingga kita menerima panggilan secara handsfree

Baca juga: 12 Mobil 2 Pintu Jadul dan Murah, Tetap Keren!

Ada juga teknologi sistem navigasi. Kalau Car-Net Guide and Inform turut serta, pengendara bisa memperbarui lalu lintas sampai dengan menemukan pom bensin terdekat. Dengan fitur-fitur ini, pengemudi bisa berkendara dengan lebih mudah.

Suspensi mobil ini menggunakan jenis Twin exhaust tailpipes with chromium plate. Kemudian, ukuran velg mobil ini adalah 205/55. Bempernya diberi warna senada dengan bodi. Sedangkan bemper belakang menggunakan diffuser hitam dan juga knalpot krom.

Mesin powerful dan akselerasi kilat

Selain desainnya yang elegan meskipun sederhana, nyatanya Scirocco dibekali mesin yang tidak bisa dibilang sederhana. Dapur pacunya dibekali mesin berkapasitas 1.400 cc dengan 7 percepatan. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 160 hp pada 5.600 rpm. Torsi maksimumnya adalah 240 Nm pada 1.500 rpm – 4.500 rpm.

Selain berkapasitas 1.400 cc, ada juga yang berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder, turbocharge dengan tenaga 262 hp. Tersedia dua jenis transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan otomatis 7 percepatan dengan Direct Shift Gearbox atau DSG. Kebanyakan Scirocco yang masuk ke Indonesia menggunakan transmisi otomatis.

Bicara akselerasi, Volkswagen Scirocco mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6-8 detik. Bahkan, top speed-nya mencapai 220-240 km/jam. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 55 liter. Meskipun mesinnya lumayan dahsyat, konsumsi bahan bakarnya tetap irit. Apalagi dengan tambahan pedal elektriknya yang membuat bahan bakar lebih hemat.

Baca juga: Daftar Harga Mobil VW Kodok Bekas Terbaru

Fitur dan kelebihan lainnya

Fitur lain yang diunggulkan dari VW Scirocco adalah fitur keamanan dan keselamatannya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan rem cakram ABS, hydraulic brake assist, electronic brake distribution, ventilated disc, seatbelt di bagian depan dan belakang, sampai airbag pada bagian depan dan samping. Ada juga fitur sensor parkir depan belakang, bantuan parkir, cruise control, kamera belakang, dan keyless entry system. 

Kalau disimpulkan, beberapa kelebihan VW Scirocco adalah sebagai berikut:

1. Desain anti mainstream, yaitu kombinasi hatchback dan coupe. Model dua pintu jarang ada di Indonesia, apalagi kombinasi dengan hatchback.

2. Mesinnya mumpuni. Cocok bagi pecinta modifikasi mobil kencang. Tidak sulit untuk membuat tenaganya menjadi lebih sangar dan buas.

3. Handling yang baik, meskipun saat sedang bermanuver dengan kecepatan cukup tinggi. Makin dipacu dengan kecepatan tinggi, mobil ini malah makin mencengkeram aspal.

4. Fitur keamanan dan keselamatan yang sudah meraih 5 bintang pada pengetesan EuroNCAP.

5. Jok belakangnya masih cukup lega dan nyaman untuk diduduki orang dewasa.

Siapa yang tidak tergiur melihat ketangguhan dan tampilan keren dari VW Scirocco? Namun, tampilan itu masih dimodifikasi seperti model di bawah ini!

Modifikasi Keren dari Scirocco

Modifikasi mobil memang tidak ada habisnya. Meskipun sudah bagus, nyatanya banyak pecinta modifikasi merasa belum puas kalau belum memberi sentuhan tambahan pada mobil ini. Simak dua modifikasi ala Thailand dan Cina berikut ini.

Modifikasi ala Thailand, pinky!

Modifikasi Volkswagen Scirocco masih terus bermunculan meskipun sudah lama berhenti produksi. Salah satunya adalah Scirocco yang dimodifikasi di Thailand dengan nuansa pink yang terlihat cantik!

Warna pink ini membalut seluruh bagian mobil di area depan, samping, atap dan buritan. Mobil ini berubah total, bahkan sampai lampu-lampu, bemper depan belakang, sampai side body moulding pada bagian samping. Meskipun terlihat cantik, mobil ini tetap memberi kesan sporty hot hatch karena adanya body part dari Scirocco R.

Kaki-kaki mobil ini dimodifikasi menggunakan velg W-Work CV 201 dengan ukuran 19 inci. Ban Toyo Tire 235/45 R19 membalut velg keren tersebut. Suspensinya juga menggunakan shockbreaker Ohlins DFV yang membuat fitment kakinya lebih pendek. Tidak hanya modifikasi tampilan, mobil ini juga mengubah sistem pengeremannya. Ada upgrade kaliper rem Endless depan dan belakang pakai Brembo.

Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

Modifikasi ala China dengan bodi lebar

Kalau tidak terlalu suka gaya yang centil, OtoFriends bisa mendapat referensi modifikasi dari ala Cina yang memperbesar bodi VW Scirocco. Bodi asalnya yang ramping dengan atap yang rendah membuat tampilan mobil ini hanya bertahan sampai usia delapan tahun. Agar lebih kelihatan mengikuti tren zaman, mobil ini akhirnya dimodifikasi.

VW Scirocco dibuat dengan bodi yang lebih lebar, sehingga terlihat makin gagah. Kesan ramping menjadi hilang bersamaan dengan lebarnya sepatbor. Kemudian, bagian fascia depan juga diubah menggunakan lubang udara yang besar. Pada bagian grilnya dilabur hitam dan dipadukan dengan DRL (daytime running lights) LED. Mobil ini juga menambah kesan sporty dengan kesan mobil ceper.

Tidak hanya itu, kap mesin juga diganti baru dan ditambah lubang udara. Terdapat sayap pada bagian atas yang dipasang menggantung dari atas. Ada juga lubang knalpot empat buah. Tampilan baru ini membuat Scirocco terlihat seperti mobil reli WRC.

Itu dia harga dan spesifikasi lengkap VW Scirocco bahkan hingga referensi modifikasinya.

Supaya mesin tetap gahar, jangan lupa servis rutin mobil, mulai dari tune up, ganti oli secara rutin, bahkan servis ban. Temukan ban dan velg keren juga di bengkel ban terdekat. Semua servis bisa didapat melalui aplikasi Otoklix!

Pertanyaan Seputar VW Scirocco

Harga mobil VW Scirocco masih tergolong tinggi. Unit barunya masih di kisaran Rp600 juta – Rp800 jutaan. Sementara unit bekasnya masih dibanderol sekitar Rp300 jutaan. Namun, harga ini bisa berbeda sesuai lokasi.

VW Scirocco dibekali dengan mesin yang tangguh sehingga performanya dahsyat. Tersedia mesin berkapasitas 1.400 cc dan 2.000 cc, tergantung tipenya.

VW Scirocco termasuk mobil berjenis hatchback dengan kombinasi coupe. Sebab, mobil ini berdesain tiga pintu, dua pintu untuk penumpang dan satu pintu untuk bagasi.