Sejak kali pertama Hyundai memperkenalkan Hyundai Creta di Indonesia tahun 2021 lalu, mobil ini menjadi salah satu mobil terpopuler dan terfavorit mobil Hyundai Indonesia.

Mobil compact SUV berkapasitas 5 penumpang ini kembali hadir di tahun 2023 dengan pilihan varian yang berbeda. Adapun varian mobil Creta terbaru mulai dari Hyundai Creta Prime, Creta Active, Creta Trend dan Hyundai Creta Style.

Dari keempat varian terbaru itu, tipe Creta Dynamic Black Edition masih menjadi varian tergahar pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Berikut ini uraian singkat dari masing-masing varian Hyundai Creta terbaru 2023.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta Black Edition Terbaru

Desain Eksterior

Tampilan eksterior Creta terbaru ini menyerupai tampilan Hyundai Tucson yang beredar di luar negeri. Facelift yang paling terlihat yakni bagian grille dan lampu depan mobil yang menyatu sehingga saat lampu Daytime Running Lights (DRL) ini dimatikan, maka bagian grille akan tampak semakin besar.

Desain grill dan lampu DRL tersebut berbentuk jajar genjang 3D di mana desain tersebut terlihat Parametric Dynamic sehingga kita akan melihatnya seperti Parametric Jewel atau tampilan visual seperti permata. Gak ketinggalan Hyundai menyematkan logo H di bagian grille tersebut.

Sedangkan tampak samping mobil Creta ini memiliki rugged door cladding dan velg berukuran 17 inci berwarna two tone bermotif diamond cut alloy. Karakter Hyundai Creta tercipta dari desain buritan di bagian lampunya. Desain lampu belakang menggunakan konsep Boomerang Type rear lights yang mengelilingi rumah lampu hingga bagian tengah.

Desain Interior

Sementara itu, di bagian interiornya Hyundai menyematkan head unit berukuran 8 inci di bagian konsol tengahnya yang dikawinkan dengan speedometer full TFT berukuran 10,25 inci dan desain lingkar kemudi berbentuk D-Cut steering wheel.

Selain itu, mobil compact SUV ini telah memiliki sistem kemudi tilt dan teleskopik, pendingin minuman khusus hingga sistem audio BOSE.

Dari semua varian, varian tertingginya yakni Creta Prime memiliki fitur terlengkap dari varian lainnya. Adapun facelift mobil Creta varian tertinggi mulai dari speedometer sudah digital, AC digital otomatis.

Selain itu, ada juga panoramic sunroof, pembersih udara, pengisian daya nirkabel, head unit menggunakan 2 teknologi yakni Android Auto dan Apple CarPlay, lampu ambient, hingga teknologi pengatur suhu untuk kursi bagian depan.

Baca juga: Hyundai Creta 2022: Spesifikasi Lengkap dan Harga

Fitur dan Performa Mesin Hyundai Creta

Sementara itu, mesin yang dibekali Hyundai ke semua varian mobil Creta gak ada bedanya yakni kapasitas mesin 1.5 L 4-silinder dengan teknologi MPI naturally aspirated sehingga menghasilkan capaian tenaga maksimal 113 hp dan capaian torsi maksimal 144 Nm.

Adapun transmisinya Hyundai menggunakan transmisi manual 6 percepatan dan Variable Speed CVT.

Spesifikasi mesin tersebut adalah mesin yang juga digunakan oleh mobil Hyundai Stargazer. Seluruh tenaga tersebut tersalurkan ke roda depan FWD melalui transmisi otomatis 6 percepatannya. Sedangkan transmisi manualnya sendiri hanya ada pada varian termurahnya yakni mobil Creta Active dan trim menengah Trend.

Bagaimana fitur-fiturnya? Selayaknya fitur pada mobil-mobil terbaru saat ini, Creta memiliki fitur keselamatan meliputi sistem pengereman ABS dan EBD, airbag, khusus varian Creta Style hingga tipe tertinggi lagi jumlah airbags sebanyak 6 unit. Kemudian ada juga Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, kamera mundur dan kursi ISOFIX.

Selanjutnya varian Creta tertinggi yakni Prime dibekali teknologi keamanan tercanggih yakni Hyundai SmartSense yang meliputi fitur keselamatan Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System dan fitur canggih lainnya.

Salah satu fitur unggulan lainnya adalah konektivitas Hyundai Blue Link di mana kita sebagai pengemudi dapat terkoneksi langsung dengan mobil Creta melalui smartphone. 

Adapun perintah yang bisa kita akses melalui smartphone antara lain menyalakan atau mematikan mesin mobil, menyesuaikan suhu kabin mobil, membuka atau mengunci pintu mobil hingga mengetahui lokasi mobil kita terparkir.

Baca juga: Daftar Harga Hyundai Stargazer Beserta Spesifikasinya

Keunggulan Masing-Masing Varian Hyundai Creta

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mobil Hyundai Creta terbaru 2023 terdiri dari 4 varian dengan keunggulan yang berbeda-beda dari setiap varian. Adapun keunggulan setiap variannya, antara lain:

  • Hyundai Creta Active, Hyundai melakukan kolaborasi antara mengoptimalkan kualitas mobil Creta dengan harga paling terjangkau bagi konsumen mobil Creta. Hal ini terbukti bahwa Hyundai membekali fitur dan sistem keselamatan masih lengkap.
  • Hyundai Creta Trend, sesuai dengan namanya Creta Trend lebih mengedepankan antara menjadi mobil bergaya modern namun tetap efisien sebagai moda transportasi. Karenanya gak heran bila fitur hiburan di varian Trend ini lebih modern.
  • Hyundai Creta Style, kolaborasi antara gaya dan prestise merupakan konsep utama yang menjadi fokus Hyundai saat melakukan facelift Creta varian Style. Hyundai berhasil mengawinkan desain sporty dengan fitur-fitur modernnya seperti desain lampu depan LED lebih elegan sampai sistem audio premium.
  • Hyundai Creta Prime, varian Prime menjadi varian tertinggi dari varian Creta lainnya. Hyundai melakukan kolaborasi antara mobil mewah dengan berbagai fitur-fitur unggulannya. Semua unsur mulai dari desain eksterior, interior, hingga fitur-fiturnya menjadi unggulan dari varian lainnya.

Harga Hyundai Creta Terbaru 2023

Mobil Hyundai Creta digadang-gadang menjadi kompetitor Honda HR-V yang berhasil karena Hyundai melakukan kolaborasi antara tampilan visual dan fitur terbaik namun tetap dapat menawarkan harga yang terjangkau bagi penikmat mobil Creta.

Penasaran seberapa murahnya mobil Hyundai Creta 2023 untuk masing-masing varian? Mengutip dari laman Hyundai, berikut ini harga Hyundai Creta 2023 On The Road (OTR) Jabodetabek per Agustus 2023.

Tipe Hyundai CretaHarga Hyundai Creta
Hyundai Creta Active 6-Speed MTRp291,3 juta
Hyundai Creta Trend 6-Speed MTRp313 juta
Hyundai Creta Trend IVTRp335,5 juta
Hyundai Creta Style IVTRp376 juta
Hyundai Creta Prime IVTRp408,3 juta
Hyundai Creta Prime IVT Dual ToneRp411,3 juta

Demikianlah spesifikasi dan harga Hyundai Creta 2023 terbaru dan terlengkap dari masing-masing varian. Dari keenam varian mobil Creta ini, mana yang jadi pilihan OtoFriends?

Apapun pilihan OtoFriends, pastikan kita mengetahui bagaimana cara merawat mobil agar mobil selalu memiliki tampilan dan performa maksimal setiap saat, khususnya saat akan kita gunakan nantinya.

Adapun prosedur mendasar dalam merawat mobil antara lain rutin ganti oli mobil dan memeriksa komponen mobil lainnya seperti kondisi aki mobil, sistem pengereman mobil hingga kondisi ban mobil.

OtoFriends bingung mencari bengkel mobil terbaik berkualitas yang mampu menjamin hasil servis baik tanpa merusak komponen lainnya? Gak perlu khawatir.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Hyundai Creta


Harga Hyundai Creta Trend 6-Speed MT sebesar Rp313 juta dan Hyundai Creta Trend IVT sebesar Rp335,5 juta.


Mobil Hyundai Creta termasuk ke dalam mobil compact SUV berkapasitas 5 penumpang.


Hyundai Creta memiliki kapasitas mesin 1.5 L 4-silinder dengan teknologi MPI naturally aspirated dengan pilihan transmisi manual atau otomatis 6 percepatan dan Variable Speed CVT.