Kursus stir mobil bisa jadi pilihan yang tepat untuk belajar mengendarai mobil. Sebab, sekarang berkendara jadi keterampilan yang penting untuk dikuasai. Apalagi, di lembaga-lembaga kursus stir mobil terpercaya, kita bisa langsung dapat SIM A. Jadi, tidak perlu repot mengurusnya lagi ke kepolisian.

Mau tahu berapa harga kursus stir mobil dan informasi seputar itu? Simak selengkapnya.

    Biaya Kursus Stir Mobil

    Biaya kursus stir mobil cukup bervariasi. Biasanya tergantung dari mobil yang digunakan dan juga durasi latihan. Kita bisa memilih mau latihan mobil matic atau mobil manual. Biasanya kursus stir mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Selain itu, ada juga paket-paket yang tersedia berdasarkan jumlah pertemuan untuk latihan.

    Secara umum, biaya kursus stir mobil matic berkisar antara Rp600 ribu sampai dengan Rp1,8 jutaan. Sedangkan biaya kursus stir mobil manual sekitar Rp500 ribu sampai dengan Rp1,8 jutaan. Harga ini juga bisa berbeda kalau kita ingin ambil paket yang sekaligus dengan pembuatan SIM A.

    Selain jenis mobil dan paket yang kita ambil, harga kursus stir mobil juga bisa berbeda kalau kita mengambil kursus di hari Sabtu atau Minggu. Biasanya latihan di akhir pekan lebih mahal daripada pada hari kerja.

    Berikut ini Otoklix rangkum informasi tentang biaya kursus stir mobil murah dari beberapa lembaga.

    Pilihan KursusBiaya
    Mobil matic + pembuatan SIM ARp1,8 jutaan
    Paket kursus mobil matic 12 jam (hari kerja)Rp1,5 jutaan
    Paket kursus mobil matic 12 jam (hari libur)Rp1,7 jutaan
    Mobil matic tanpa pembuatan SIMRp530 ribu – Rp1,3 jutaan
    Mobil manual + pembuatan SIM ARp1,4 juta – Rp1,8 jutaan
    Paket kursus mobil manual 12 jam (hari kerja)Rp1,3 jutaan
    Paket kursus mobil manual 12 jam (hari libur)Rp1,5 jutaan
    Mobil manual tanpa pembuatan SIMRp495 ribu – Rp1,5 juta

    Selanjutnya, ini dia beberapa rincian harga kursus stir mobil terdekat di beberapa lembaga di Jabodetabek yang mungkin bisa jadi gambaran.

    Baca juga: Cara Memegang Setir Mobil yang Benar Kunci Aman Berkendara

    Persiapan Sebelum Kursus Stir Mobil

    Sebelum memutuskan untuk kursus stir mobil, ada beberapa hal yang perlu kita persiapan. Mulai dari menyiapkan dana, mencari info keuntungan yang didapat, mengatur jadwal, dan sebagainya. 

    Siapkan dana

    Penting sekali untuk menyiapkan dana sebelum mendaftar kursus. Jadi, kita perlu mencari tahu harga kursus mobil dari berbagai lembaga. Biasanya lembaga yang sudah profesional dan memiliki nama bakal mematok harga yang lumayan tinggi.

    Cari info tentang keuntungan yang didapat

    Dengan biaya yang kita bayar, kita perlu mencari info tentang benefit atau keuntungan apa saja yang bakal kita dapatkan. Biasanya pihak penyedia jasa bakal menawarkan beberapa paket yang bisa kita pilih. 

    Misalnya ada plus pembuatan SIM. Kita bisa mempertimbangkan, apakah membuat SIM melalui jasa bisa lebih murah atau tidak dibandingkan kalau kita mengurusnya sendiri. OtoFriends bisa mendatangi kantornya langsung atau menghubungi melalui telepon.

    Atur jadwal kursus stir mobil

    Saat sudah mendaftar, kita juga harus bisa berkomitmen menyelesaikan sesi latihan secara tepat waktu. Misalnya ada penyedia jasa yang menyediakan paket 5 sampai 16 kali pertemuan. Berarti, kita sudah harus bisa mengemudi dalam kurun waktu tersebut.

    Kita bisa mengatur jadwal agar jarak antara hari latihan tidak berjauhan. Kita juga bisa mengatur sesuai dengan kesibukan sehari-hari. Banyak lembaga yang menawarkan jadwal fleksibel sesuai keinginan klien. Bahkan ada juga yang menawarkan jasa antar jemput.

    Usahakan tepat waktu

    Meskipun bisa menyesuaikan waktu secara fleksibel, tetapi bukan berarti kita bisa datang sesuka hari. Kita perlu mengusahakan untuk tepat waktu supaya tidak rugi.

    Baca juga: Cara Mengemudikan Mobil Matic untuk Pemula

    Jangan sungkan bertanya

    Saat latihan kita bakal didampingi oleh pengajar yang profesional. Wajar kalau kita juga masih punya pengetahuan yang terbatas seputar mengendarai mobil. Jadi, sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya kepada pengajar saat sesi latihan.

    Santai dan rileks

    Hal penting saat berlatih mengemudi adalah santai, tenang, dan rileks. Tidak perlu terlalu tegang supaya bisa lebih cepat menguasai keterampilan menyetir. Pelatih bakal membimbing kamu secara bertahap dan mengusahakan agar proses belajar jadi lebih nyaman. Kita tinggal menikmati prosesnya saja.

    Itu dia beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk berlatih mengemudi di kursus stir mobil. Selanjutnya, kita bakal bahas tentang keuntungan kursus stir mobil di lembaga terpercaya.

    Keuntungan Kursus Stir Mobil

    Saat mencari tempat latihan stir mobil, sebaiknya kita mencari tempat yang sudah punya nama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab, biasanya lembaga ternama punya beberapa keunggulan sebagai berikut.

    Pengajar profesional

    Pengajar di tempat kursus profesional sudah dibekali dengan lisensi dan tentunya pengalaman mengemudi bertahun-tahun. Bahkan, beberapa di antaranya sudah mahir mengendarai berbagai jenis mobil.

    Ada fitur pengamanan khusus

    Sebagai pemula, kita mungkin kesulitan mengoperasikan beberapa fitur mobil. Jadi, mobil yang digunakan untuk latihan di lembaga ini biasanya sudah dimodifikasi pada sisi pedal gas dan remnya. Kalau kita salah injak pedal, profesional bisa tetap mengontrol laju mobil.

    Jaminan lancar menyetir

    Tempat kursus profesional juga biasanya memberikan jaminan kepada murid sampai bisa mahir mengemudi hanya dalam beberapa kali pertemuan.

    Baca juga: Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan dan Turunan

    Lokasi belajar aman

    Selain itu, pihak lembaga juga biasanya sudah punya tempat belajar sendiri yang merupakan lokasi aman untuk berlatih. Lokasi ini biasanya sepi dan aman untuk berkendara.

    Jadwal fleksibel

    Keuntungan terakhir adalah kita bisa mengatur jadwal yang fleksibel. Sehingga kita bisa mengatur jadwal kursus menyetir dengan kesibukan kita sehari-hari. Bahkan, kita juga bakal direkomendasikan jadwal belajar terbaik.

    Itu dia informasi seputar kursus stir mobil yang bisa menambah pengetahuan sebelum mendaftar ke lembaga.

    Sebagai informasi, Otoklix adalah platform yang bisa memberikan kemudahan untuk servis mobil. Sebab, hanya dalam satu aplikasi, kita bisa memesan berbagai jenis perawatan mobil. Harganya pun transparan dan kompetitif serta jaminan spare part original. Cari bengkel terdekat di aplikasi Otoklix!

    Pertanyaan Seputar Kursus Stir Mobil

    Biaya kursus stir mobil berkisar Rp500 ribu sampai dengan Rp1,8 jutaan, tergantung jenis mobil, paket yang diambil, dan jumlah pertemuan.

    Jumlah pertemuan kursus stir mobil bisa 6 sampai 16 kali pertemuan.

    Tergantung paket yang diambil. Kita juga bakal direkomendasikan oleh pihak lembaga, durasi berapa lama yang cocok kita ambil sampai mahir berkendara.