Mobil tidak bisa distarter seringkali menjadi masalah yang bisa menimbulkan kepanikan. Beberapa penyebab seperti kerusakan pada komponen kelistrikan mobil dan juga mesin mobil yang tidak terawat dengan baik bisa menjadi salah satu indikasi masalah mobil tidak bisa distarter terjadi. 

Jika OtoFriends mengalami hal tersebut ada baiknya untuk segera membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki. Starter mobil memiliki fungsi untuk mengawali pergerakan mesin pada saat mobil dinyalakan, oleh sebab itu masalah mobil tidak bisa distarter tidak boleh di sepelekan. Berikut penjelasan lengkap terkait masalah mobil tidak bisa distarter yang harus OtoFriends ketahui.

    Cara Kerja Starter Mobil

    Starter mobil bekerja dengan beberapa komponen penting lainnya untuk dapat bekerja membuat mesin mobil berputar dan menyala. Meski terlihat sederhana, namun mengetahui cara kerja starter mobil penting untuk OtoFriends ketahui, agar otoFriends bisa merawat setiap komponen starter mobil dengan baik dan benar. 

    Baca juga:  8 Komponen Starter Mobil, Cara Kerja, dan Jenis Starter

    Ketika OtoFriends memasukkan kunci ke saklar, aliran listrik yang tercipta akan mengalir ke komutator yang melalui putaran kencang akan mengalirkan energi listrik ke kumparan inti. Kemudian kumparan inti akan menghasilkan energi mekanik untuk mengaktifkan tuas dan mendorong ring gear, sehingga dinamo mobil dapat hidup dan kemudian mobil yang OtoFriends miliki dapat bekerja dan menyala. 

    Tidak sesederhana yang dibayangkan, proses menyalakan mobil perlu kerja sama berbagai macam komponen mesin mobil. Apabila ada salah satu komponen mesin yang terganggu, tentu masalah motil tidak bisa di starter dapat terjadi. Lantas hal apa saja yang dapat menyebabkan komponen mesin mobil terganggu? Berikut beberapa penyebab mobil tidak bisa hidup saat di starter yang harus OtoFriends ketahui.

    Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat di Starter dan Solusinya

    Memiliki proses kerja yang rumit, starter mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Beberapa hal perlu OtoFriends ketahui agar starter mobil dapat berfungsi dengan benar.

    Baca juga: Starter Mobil Matic Tak Boleh Asal, Begini Caranya

    1. Perhatikan Aliran Bahan Bakar

    Penyebab mobil tidak bisa distarter yang pertama bisa muncul akibat kelalaian OtoFriends dalam memeriksa aliran bahan bakar kendaraan. Aliran bahan bakar yang tidak lancar tentu akan menyebabkan mobil tidak bisa distarter karena tidak ada bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin. 

    Rutin melakukan pembersihan tangki bahan bakar dapat menjadi solusi yang tepat agar tangki bahan bakar terhindar dari kotoran yang menempel. Apabila OtoFriends tidak tahu bagaimana cara melakukan pembersihan tangki bahan bakar secara mandiri, OtoFriends dapat mencari lokasi bengkel terdekat dari OtoFriends melalui aplikasi Otoklix. Sehingga OtoFriends tidak perlu khawatir, karena mobil OtoFriends akan ditangani oleh tenaga profesional. 

    2. Dinamo Starter Mobil Rusak

    Sesuai penjelasan cara kerja starter mobil di atas. Mobil tidak bisa distarter akan terjadi apabila salah satu dari komponen starter mobil mengalami kerusakan. Jika dinamo ampere rusak atau bermasalah, OtoFriends perlu segera melakukan perbaikan di bengkel terdekat. Biasanya dinamo ampere mobil mengalami masalah atau kerusakan akibat usia pakai yang sudah lebih dari 5 hingga 8 tahun.

    Baca juga: Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

    3. Busi Mobil Kotor

    Mobil tidak bisa distarter juga dapat disebabkan oleh busi mobil yang kotor. Debu dan kotoran yang menempel akan menjadi penghalang starter saat dinyalakan, alhasil mobi tidak bisa dijalankan. Mengatasi hal ini, OtoFriends harus rutin melakukan pembersihan busi mobil dengan cara menggosok busi menggunakan cairan pembersih khusus. Saat melakukan pembersihan, OtoFriends juga dapat mengetahui apakah kondisi busi masih layak pakai atau sudah harus diganti.

    4. Koil Mobil Panas

    Mengatasi masalah koil mobil yang panas juga dapat membantu menyelesaikan masalah mobil tidak bisa distarter. Koil mobil yang terlalu panas akan menjadi penyebab mobil sulit dinyalakan, alhasil OtoFriends perlu menggantinya dengan yang baru agar masalah mobil tidak bisa distarter tidak lagi terjadi. Rutin melakukan servis untuk memeriksa komponen mobil yang satu ini menjadi sangat penting karena melakukan penggantian koil mobil tidak bisa dilakukan secara mandiri. OtoFriends perlu membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat seperti bengkel rekanan Otoklix.

    5. Sistem Kelistrikan Mobil Rusak

    Tidak ada masalah pada aki, busi, koil mobil, dinamo dan juga komponen mobil yang lainnya, melakukan pengecekkan terhadap sistem kelistrikan mobil dapat menjadi solusi mengatasi permasalahan mobil tidak bisa distarter. Coba cek apakah ada konektor yang terlepas atau kotoran yang menempel. 

    Jika ada konektor yang terlepas atau kotoran yang menghambat sudah bisa dipastikan bahwa masalah mobil tidak bisa distarter wajar terjadi karena sistem kelistrikan mobil bermasalah. Melakukan pemeriksaan sistem kelistrikan mobil secara menyeluruh dapat menjadi jawan agar sumber masalah mobil tidak bisa di starter dapat segera diketahui. 

    Itulah 5 penyebab dan juga solusi mengatasi permasalahan mobil tidak bisa di starter yang perlu otoFriends ketahui. Pada dasarnya, jika OtoFriends rutin melakukan servis maka tidak perlu khawatir masalah mobil tidak bisa distarter akan datang menghampiri. Sebab, ada begitu banyak komponen yang memberikan pengaruh besar pada kinerja starter mobil, sehingga pemeriksaan menyeluruh dapat menjadi solusi yang tepat.

    Mengatasi permasalahan mobil tidak bisa distarter OtoFriends dapat mencari bengkel terdekat dari lokasi OtoFriends dengan aplikasi Otoklix. Tidak perlu khawatir karena tentu OtoFriends akan mendapatkan pelayanan yang prima dari tenaga-tenaga ahli dan profesional. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut apabila ada pertanyaan seputar mengatasi permasalahan mobil tidak bisa di starter. 

    Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Servis di Bengkel kategori OtoSelect bergaransi 30 hari setelah pengerjaan

    Pertanyaan Seputar Mobil Tidak Bisa Distarter

    Mobil tidak bisa distarter bisa disebabkan oleh berbagai hal. Periksa setiap komponen mesin mobil secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab mobil tidak bisa distarter dengan tepat. Segera bawa ke bengkel apabila tidak bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri.

    Masalah mobil tidak bisa distarter tidak hanya bergantung pada aki yang rusak atau bermasalah. Komponen lain seperti busi, fuel pump mobil, koil dan sistem kelistrikan mobil juga perlu dijaga dan dirawat agar masalah mobil tidak bisa di starter tidak terjadi.

    Mobil tidak bisa distarter dan mengeluarkan bunyi tek tek tek menandakan bahwa adanya salah satu komponen kelistrikan mobil yang terputus. Periksa setiap komponen dan juga konektor kelistrikan mobil untuk memastikan saluran kelistrikan mobil tidak ada yang terputus.