Honda Brio modifikasi memiliki daya tarik sendiri di kalangan pecinta otomotif. Bagi OtoFriends yang memiliki budget terbatas, bisa membeli Honda Brio Satya. Kemudian, mobil tersebut dimodifikasi hingga tampak menyerupai Brio RS.

Modifikasi Honda Brio memang lazim dilakukan. Berikut estimasi harga modifikasi Honda Brio beserta tips-tipsnya.

Estimasi biaya modifikasi Honda Brio

Berikut perkiraan harga modifikasi Honda Brio Satya:

  • Ganti emblem belakang dan spoiler: Sekitar Rp1 juta
  • Ganti velg: Sekitar Rp1 juta
  • Pasang lampu tambahan pada spoiler: Sekitar Rp400 ribu
  • Ganti velg OEM Brio RS: Sekitar Rp2 juta

Harga Honda Brio Satya dan Brio RS

  • Berikut estimasi harga Honda Brio tipe Satya dan tipe RS:
  • All New Honda Brio Satya S M/T: Rp155,7 juta
  • All New Honda Brio Satya E M/T: Rp168,2 juta
  • All New Honda Brio Satya E CVT: Rp184 juta
  • All New Honda Brio RS M/T: Rp209 juta
  • All New Honda Brio RS CVT: Rp226,1 juta
  • All New Honda Brio RS Urbanite M/T: Rp216 juta
  • All New Honda Brio RS Urbanite CVT: Rp233,1 juta

Baca juga: Modifikasi Honda Brio agar Lebih Racing Look

Tips modifikasi mobil Honda Brio 

Mobil Honda Brio dapat dimodifikasi agar tampak elegan atau sporty. Bagi OtoFriends yang menggunakan Honda Brio untuk kegiatan sehari-hari, berikut tips modifikasi Honda Brio bergaya simpel.

1. Pasang cutting stiker

OtoFriends dapat memasang cutting stiker untuk memodifikasi Honda Brio agar tampak menarik. Ada berbagai tema yang dapat dipilih. Selain itu, stiker juga bisa dipasang di berbagai tempat seperti kap mesin, di body kiri dan kanan, atap, di bumper, atau di spion juga bisa.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengaplikasikan stiker adalah pastikan kombinasi warna yang tepat. Hal itu agar posisi stiker tampak menonjol. Misalnya, OtoFriends memodifikasi mobil Honda Brio kuning, maka jangan aplikasikan stiker berwarna sama.

2. Ganti velg yang ukurannya sedang

Modifikasi mobil Brio selanjutnya adalah melakukan ganti velg yang ukuran diameternya tidak terlalu besar. Maksimal naik dua step dari ukuran velg yang standar. Kemudian, perhatikan juga spesifikasi velg yang akan dipasang. Pastikan velg memiliki PCD 4×100 yang sesuai jumlah baut dan jarak antar baut roda pada Honda Brio.

Tidak hanya itu, perhatikan juga lebar dan offsetnya. Velg standar Brio memiliki offset 45, sehingga kalau OtoFriends ingin velg yang masih rata dengan bodi, pilih velg berspesifikasi offset tidak lebih dari 35. Sebab, apabila sudah offset 30, dapat dipastikan velg akan keluar dari fender.

Kemudian, atur permainan kombinasi antara warna velg dengan warna bodi. Misalnya, apabila akan modif Brio merah, pilih velg berwarna kontras seperti putih. Dengan demikian, velg akan tampak menonjol di mobil OtoFriends.

3. Pasang aksesoris

Honda Brio modifikasi juga akan tampak keren apabila OtoFriends memasang aksesoris dari tuner Honda. Misalnya, menggunakan bodykit Mugen untuk bemper depan dan belakang, side skirt, atau wing belakang. Apabila harga aksesoris Mugen original Honda Brio terlalu mahal, OtoFriends bisa mencari replikanya atau membuat sendiri.

Akan tetapi, custom bodykit biasanya belum termasuk cat warna bodi. Sehingga, pastikan aksesoris bodykit tersebut dicat warna senada bodi agar tidak tampak belang. Selain itu, pastikan sambungan antar bodykit dan bodi mobil terpasang erat.

4. Lapis ulang jok dengan material kulit

Apabila di bagian eksterior sudah tampak keren, buatlah ruang kabin senyaman mungkin agar betah saat berkendara. Salah satu caranya adalah dengan melapis ulang jok dengan material kulit. OtoFriends dapat memilih bahan yang lembut namun mudah dibersihkan. Kemudian, pilih motif jahitan yang membuat nyaman saat duduk di jok.

Untuk kombinasi warna, dapat disesuaikan dengan warna eksterior atau warna sesuai selera OtoFriends. Misalnya, apabila eksterior mobil Honda Brio merah, maka interiornya bisa berwarna merah dipadukan warna lain, misalnya hitam atau putih.

Baca juga: 12 Merek Oli Mobil Honda Brio Terbaik

5. Lakukan upgrade sistem audio

Modifikasi mobil Brio juga dapat dilakukan dengan menaikkan kualitas audio. Misalnya dengan cara ganti speaker, memasang processor, serta subwoofer aktif berukuran kecil untuk diletakkan di kolong jok penumpang depan. OtoFriends juga bisa menambahkan tweeter, power amplifier, dan peredam suara agar kebisingan dari luar dapat tereduksi.

6. Gunakan knalpot racing

Gunakan knalpot racing untuk menunjang performa yang maksimal, misalnya dengan produk aftermarket. OtoFriends juga bisa membuat knalpot custom di bengkel knalpot terpercaya. Sebab, penggantian knalpot racing yang melalui perhitungan tepat dapat meningkatkan kompresi udara di ruang bakar mesin. Apabila perhitungan tidak tepat, blok mesin akan berisiko cepat panas dan memperpendek usia mesin. Harga knalpot racing Honda Brio full system dibanderol mulai dari Rp2,5 juta.

Itulah penjelasan mengenai estimasi Honda Brio modifikasi beserta tips-tipsnya. Apabila OtoFriends ingin melakukan modifikasi, pilihlah bengkel yang tepat di aplikasi Otoklix. Dapatkan penawaran harga yang menarik, serta jaminan bebas antrian.