Oli mobil Honda Brio bisa menggunakan merek apa saja, asalkan spesifikasinya sesuai dengan mobil Honda Brio. Pilihannya ada oli Honda Automobile Oil, yaitu oli yang diproduksi Honda yang sudah pasti cocok dengan mobil-mobil Honda, maupun oli aftermarket yang juga tidak kalah berkualitas.

Yuk, kita simak oli yang direkomendasikan untuk mobil Honda Brio. Jangan lupa siapkan catatannya ya.

Oli Mobil Honda Brio Berbagai Merek

Honda Brio memiliki dua segmen, yaitu small hatchback dan segmen LCGC (Low Cost Green Car) yaitu Brio Satya. Perbedaan keduanya hanya dari segi aksesoris dan juga fitur. Tetapi dari segi mesin memiliki spesifikasi yang serupa. Maka dari itu, oli yang digunakan untuk mobil Honda Brio juga sama.

Honda Brio disarankan untuk menggunakan oli dengan viskositas 0W-20 atau 5W-30. Kapasitas oli mobil Honda Brio adalah sekitar 3,5 liter jika tanpa ganti filter oli. Sedangkan dengan filter oli, pelumas yang dibutuhkan adalah 3,8 liter. Selain Honda Automobile Oil, ini dia beberapa merek yang direkomendasikan.

1. Honda Automobile E-Pro Gold 0W-20

Oli ini memiliki base oil full sintetis dengan SAE 0W-20, yang merupakan oli encer. Harganya memang cukup mahal, yaitu Rp425 ribuan untuk kemasan 4 liter dan Rp95 ribuan untuk kemasan 1 liter. Tetapi harga yang mahal ini tentu sebanding dengan kinerja oli pada mesin mobil Honda Brio.

2. Fastron EcoGreen 0W-20

Ini adalah oli dari Pertamina dengan bahan penyusun sintetis dan khusus digunakan pada LCGC, termasuk sebagai oli mobil Honda Brio. Oli dengan viskositas 0W-20 ini memiliki kapasitas 3,5 liter. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp189 ribuan.

3. Fastron EcoGreen 5W-30

Oli berikutnya masih dari Fastron, tetapi dengan kekentalan 5W-30. Oli ini cocok digunakan pada Honda Brio dengan usia kendaraan di atas 3 tahun. Tersedia juga dalam kemasan 3,5 liter dengan harga berbeda beberapa ribu saja dari varian 0W-20, yaitu Rp184 ribu.

4. Shell Helix Eco 0W-20

Shell juga memiliki oli dengan viskositas 0W-20 yang cocok digunakan untuk mobil Brio. Oli full sintetis ini menggunakan teknologi Active Cleansing yang dapat membersihkan ruang mesin dari endapan dan mencegah timbulnya kerak. Tersedia dalam kemasan 3,5 liter dengan harga Rp412 ribuan.

Baca juga: Setiap Berapa Km Ganti Oli Transmisi Mobil Manual?

5. Shell Helix Eco 5W-30

Oli mobil Honda Brio berikutnya masih dari Shell, tetapi dengan viskositas 5W-30. Sudah ada teknologi Active Cleansing Technology serta Fuel Economy Technology, jadi cocok digunakan pada LCGC untuk menghemat bahan bakar. Harga oli dengan bahan semi sintetis ini adalah Rp387 ribu untuk kemasan 3,5 liter.

6. Total Quartz 8000 Future 0W-20

Rekomendasi berikutnya dari merek Total. Dengan viskositas 0W-20, oli ini cocok digunakan untuk Honda Brio dan Brio Satya. Total Quartz 8000 Future 0W-20 ini tersedia dalam kemasan 1 liter dan 3 liter,  dengan harga masing-masing Rp88 ribu dan Rp235 ribu.

7. Total Quartz 7000 Future 5W-30

Masih dari Total tetapi dengan viskositas yang berbeda, yaitu 5W-30. Oli ini memiliki banyak dasar penyusun semi sintetis. Cocok digunakan pada mobil Brio dengan kondisi lalu lintas yang padat karena oli ini mendukung kinerja mesin dengan kondisi stop and go.

8. TOP 1 HP Sport 0W-20

Rekomendasi oli mobil Honda Brio berikutnya adalah dari merek TOP 1. Oli ini didesain untuk pengguna LCGC yang dapat membuat mobil lebih lincah seperti mengendarai mobil sport. Terdapat teknologi Xtra-Clean Additives yang dapat membersihkan mesin secara menyeluruh dan juga teknologi Stop and Go Formulation untuk mendukung kinerja mobil yang sering terjebak macet. 

Dengan tambahan zat anti karat, TOP 1 HP Sport dapat digunakan untuk ganti oli setiap 10.000 km. TOP 1 HP Sport 0W-20 memiliki kemasan 3,5 liter dengan harga Rp381 ribuan.

9. TOP 1 SMO HP Sport 5W-30

Spesifikasi oli ini juga mirip dengan sebelumnya, tetapi memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi. Oli dengan bahan dasar sintetis ini telah menggunakan teknologi Xtra-Clean Additives dan Stop and Go Formulation. Tersedia kemasan 1 liter dan 3,5 liter. Harga untuk kemasan 3,5 liter adalah Rp381 ribuan.

10. Castrol GTX Ultra Clean 5W-30

Castrol GTX Ultra Clean dapat memberikan perlindungan komponen serta membersihkan kerak karena adanya teknologi formula aksi ganda. Oli ini dapat digunakan untuk mobil Honda Brio usia di atas 3 tahun yang membutuhkan oli dengan kekentalan lebih tinggi. Untuk kemasan 3,5 liter, oli ini dibanderol dengan harga Rp320 ribuan.

11. Motul Multipower Plus 5W-30

Oli Motul juga tidak kalah bersaing dengan oli lainnya, meskipun harganya cukup mahal dibandingkan oli sejenis. Untuk 4 liter oli Motul Multipower Plus 5W-30 dibanderol dengan harga Rp604 ribuan.

Baca Juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik

12. Motul H-Tech 100 Plus 5W-30

Masih rekomendasi oli mobil Honda Brio dari merek Motul dengan varian H-Tech 100 Plus. Viskositas oli ini adalah 5W-30 dengan teknologi yang mampu melindungi komponen mesin mobil yang digunakan sehari-hari. Ada pula teknologi Low Speed Pre-Ignition. Oli ini dijual dengan harga Rp800 ribuan untuk kemasan 4 liter dan Rp200 ribuan untuk kemasan 1 liter.

13. Fuchs Titan GT 1 Pro Flex SAE 5W-30 

Fuchs Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

Nah, dari rekomendasi oli mobil Honda Brio di atas, mana yang menjadi incaranmu? Ganti oli secara berkala agar performa mesin mobil selalu terjaga ya.

Otoklix memiliki banyak promo ganti oli dan perawatan lain setiap bulannya. Instal dan cek berbagai pilihan ganti oli di bengkel terdekat via Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Brio

Ganti oli Honda Brio harus dilakukan setiap 10.000 km, maka pada 30.000 km juga dilakukan penggantian oli mesin. Selain itu akan diganti juga washer drain, brake grease, dan filter udara.

Menurut beberapa buku manual biasanya mobil yang sudah mencapai 10.000 km harus diganti olinya pertama kali. Jarak tempuh tersebut biasanya didapatkan setiap 6 bulan sekali.

Setiap mobil tentu saja memiliki kapasitas oli mesin yang berbeda, termasuk kapasitas oli mesin Brio yang memiliki kapasitas 3,5 liter. Kapasitas oli mesin dari Honda Brio ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan performa mesin.