OtoFriends suka memutar playlist favorit selama perjalanan? Atau sesekali membuka HP untuk dijadikan GPS? Kini tak perlu ribet lagi, kamu hanya perlu memasang head unit apple carplay yang bisa dipakai untuk memutar berbagai format audio, video, hingga GPS selama perjalanan.

Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

Daftar Head Unit Apple Carplay Terbaik dan Terbaru di 2022

Berikut daftar head unit apple carplay yang bisa dijadikan pilihan:

1. Pioneer DMH-ZS8250BT

Head unit Apple Carplay pertama yang bisa kamu jadikan referensi adalah  Pioneer DMH-ZS8250BT. Selain merek ini sudah cukup ternama di jajarannya, dari segi fitur pun cukup canggih. Untuk tipe ini, Pioneer mengandalkan layar 8 inci, fitur android auto dan apple carplay sebagai bawaan head unit tersebut.

Didukung pula dengan format audio yang lengkap seperti MP3, AAC, dan FLAC, pemutar video berformat H264 dan MKV, serta koneksi Bluetooth. Uniknya, head unit Pioneer ini juga dilengkapi fitur Mixtrax yang dapat memutar musik secara acak dengan menyiapkan playlist berdasarkan musik-musik yang ada di dalam USB.

Harga: Rp6,5 juta – Rp10 jutaan

2. Orca ADR-9988 New Standard Series

Bagi OtoFriends yang mencari head unit apple carplay dengan harga yang lebih ramah di kantong, maka Orca ADR-9988 New Standard Series bisa menjadi pilihan. Apalagi head unit ini juga sudah berkemampuan Android Auto dan Apple Carplay seperti Pioneer. Fiturnya pun cukup lengkap, di antaranya sudah memiliki RAM 2 GB dan ROM 32 GB, layar lebih besar berkisar 9 atau 10 inch, bahkan head unit bisa mengunduh berbagai aplikasi seperti aplikasi streaming atau aplikasi TV online. 

Harga: Rp1,1 juta – Rp2,3 jutaan

Baca juga: 15 Daftar Merek Tape Mobil yang Murah dan Berkualitas

3. Sony XAV-AX5000

Berikutnya, ada Sony XAV-AX5000. Merek ini sudah sejak lama dikenal konsisten menghasilkan perangkat audio yang berkualitas. Head unit Sony satu ini dapat dikoneksikan ke smartphone melalui koneksi Android Auto dan Apple Carplay. Selain itu, dari segi desain dan fitur pun sangat memanjakan pemiliknya. Layarnya yang sebesar 6.95 inci dengan resolusi 800×480 pixel mampu reproduksi warna yang baik saat menampilkan video berformat MP4 atau MKV.

Selain itu, head unit ini juga dibekali dengan 10 band graphic equalizer dan fitur Extra Bass yang dapat meningkatkan kuantitas bass di dalam kabin mobil. Bahkan, head unit ini juga didukung kamera belakang yang menjadi nilai tambah.

Harga: Rp4,7 juta – Rp5 jutaan

4. Kenwood DMX820WXS

Head unit selanjutnya ada Kenwood DMX820WXS. Head unit ini juga didukung fitur Android Auto dan Apple Carplay, serta koneksi Bluetooth dan USB. Dengan begitu,  kamu bisa memutar berbagai macam format multimedia mulai dari MP3 dan FLAC, audio 24 bit/96 kHz, serta video MP4 dan MKV dengan resolusi hingga 1080p. Bisa juga dimanfaatkan sebagai GPS. Apalagi layarnya cukup lebar yakni sebesar 8 inch dengan resolusi WXGA semakin memanjakan mata dan memudahkan navigasi.

Harga: Rp7,2 juta – Rp10 jutaan

5. Asuka AK 2000 DL

Di urutan kelima ada Asuka AK 2000 DL. Head ini merupakan perangkat audio double DIN dengan layar 10.1 inci beresolusi 720p. Head unit Asuka satu ini juga sudah dilengkapi operating system Android dan Apple Carplay, serta memiliki RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Tersedia juga slot USB dan koneksi bluetooth. Dengan begitu, berbagai aplikasi multimedia favorit bisa diunduh di sana, membuat perjalananmu jauh dari kata bosan. 

Harga: Rp6,2 juta – Rp8,5 jutaan

6. Mirai MR 9032

Pilihan head unit Apple Carplay berikutnya adalah Mirai MR 9032. Berukuran 9 inch dengan RAM 2 GB dan ROM 32 GB, head unit ini sudah dilengkapi dengan Android 10. Fitur lainnya yang sudah melengkapi head unit Mirai ini adalah adanya slot USB yang bisa dipakai untuk memutar video, steering wheel control, rear view camera, serta ada pula dukungan dongle 4G. Bila ingin lebih lengkap lagi, kamu bisa membeli TV Tuner untuk menonton televisi selama perjalanan. Sayangnya, komponen satu ini dijual terpisah.

Harga: Rp2,9 juta – Rp3,1 jutaan

7. JVC KW M560BT

Rekomendasi head unit apple carplay terakhir yang bisa dipilih adalah JVC KW M560BT. JVC KW M560BT sudah dilengkapi fitur Android Auto dan Apple Carplay yang bisa dipakai untuk memutar MP4, AVI, dan MKV. Selain itu, head unit ini juga dirancang dengan 13 band graphic EQ, sehingga bisa memberikan kualitas suara yang cukup baik.

Berukuran 6.8 inch, sehingga cocok dipasang di mobil yang memiliki head unit double DIN tanpa perlu mengubah frame.

Harga: Rp3,6 juta – Rp4,9 jutaan

Baca juga: Catat! Ini 10 Rekomendasi Subwoofer Aktif Mobil Slim Terbaik beserta Harganya

Biaya Pasang Head Unit Mobil

Usai menentukan head unit mana yang mau dipasang di mobil kesayangan kamu, kini saatnya membahas biaya pemasangannya. Biaya pemasangan atau instalasi head unit mobil ini sebenarnya cukup terjangkau yakni sekitar Rp200 ribuan. Di beberapa e-commerce ada juga yang menawarkan jasa instalasi dengan harga Rp250 ribu – Rp300 ribuan. Biasanya pemesanan jasa instalasi lewat e-commerce ini, akan melakukan instalasi di rumah masing-masing pemilik kendaraan yang memesannya. 

Akan tetapi, harga itu belum termasuk harga head unit-nya. Sebagaimana yang telah dicantumkan di atas, harga head unit beragam tergantung merek dan spesifikasinya. 

Untuk informasi tambahan, adapun biaya perbaikan pada perangkat head unit single DIN merek China biasa dibanderol Rp150 ribu sampai dengan Rp400 ribuan. Head unit single DIN bermerek dengan sparepart langka mulai Rp400 ribuan unit ke atas.

Jika kamu pemilik mobil di atas Rp500 jutaan, biasanya sudah ada power bawaan sehingga jika terjadi kerusakan software hanya perlu dilakukan perbaikan tanpa mengganti dengan head unit yang baru. Pilihlah bengkel terpercaya yang terima service head unit audio mobil  karena harga head unit OEM saja bisa mencapai Rp5 juta sampai dengan Rp10 jutaan tergantung merek.

Jika kamu mencari bengkel untuk instalasi head unit apple carplay atau service audio mobil lainnya, kamu bisa buka aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!