Fungsi fog lamp sangat penting untuk OtoFriends ketahui, terlebih jika OtoFriends tinggal di wilayah dengan curah hujan yang tinggi atau sering bepergian menggunakan mobil ke wilayah pegunungan atau perbukitan. Fungsi fog lamp akan bekerja maksimal, membantu penglihatan OtoFriends tetap terjaga walau badai hujan dan kabut datang menyelimuti perjalanan OtoFriends. 

Baca juga:  9 Tips Berkendara di Musim Hujan yang Perlu Diperhatikan

Tidak dapat dipungkiri, berkendara saat hujan badai dan kabut tebal adalah sangat berbahaya. Jalanan yang berubah menjadi licin akibat tergenang air dan kabut tebal yang menghalangi jarak pandang akan membuat pengendara menjadi buta arah, akibatnya risiko kecelakaan beruntun menjadi salah satu akibat jika sesama pengendara tidak saling berhati-hati. Oleh sebab itu, penting bagi OtoFriends selalu memperhatikan keselamatan berkendara dengan memahami berbagai fitur dan komponen yang sudah disediakan. Salah satunya dengan menggunakan fungsi fog lamp tepat pada waktunya.

Baca juga: Tips Merawat Ban agar Tidak Mudah Tergelincir Saat Hujan

Fungsi Fog Lamp

Hanya ada pada mobil keluaran terbaru, fungsi fog lamp ini menjadi keistimewaan tersendiri di kalangan pecinta otomotif. Tidak hanya mampu berjalan menembus kabut, berkendara di cuaca ekstrim juga menjadi bebas takut karena fungsi fog lamp mampu menerangi penglihatan pengendara walau sedang melintasi trek jalanan yang gelap dan pekat sekalipun. Lampu sorotnya yang tajam dan fokus pada satu arah akan memberi penglihatan yang aman, terlebih jika pengendara sedang melintasi jalanan yang menanjak seperti di pegunungan atau perbukitan. Tidak perlu takut terperosok karena fungsi fog lamp akan bekerja maksimal dan memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara yang optimal. 

Beda Fog Lamp dan Headlamp

Agar tidak menganggap bahwa fungsi fog lamp sebagai aksesoris biasa, OtoFriends perlu memahami perbedaan fungsi fog lamp dan head lamp. Fog lamp berfungsi untuk memberikan penerangan saat cuaca hujan dan berkabut, sedangkan headlamp dapat OtoFriends gunakan pada saat berkendara dengan cuaca yang normal. Bedanya terletak pada fokus sorotan lampu. Fog lamp akan menyorot jalan dengan fokus ke satu arah, agar OtoFriends dapat berjalan menembus kabut dengan lebih mudah, sedangkan headlamp memiliki sorot lampu yang menyebar, sehingga akan rawan terjadi kecelakaan jika OtoFriends menggunakan lampu headlamp untuk menerangi penglihatan saat melintasi jalanan berkabut. 

Cara Menggunakan Fungsi Fog Lamp

Memiliki sorot lampu yang fokus dan tajam, fungsi fog lamp terkadang banyak di salah artikan. Ketahuilah bahwa penggunaan fungsi fog lamp tidak boleh bersamaan dengan menyalanya lampu Daytime Running Lights (DRL). Hal tersebut dapat membuat pengendara lain merasa terganggu karena harus melihat kondisi jalan yang silau akibat kedua lampu pengendara lain tersebut menyala secara bersamaan. 

Selain itu, jika OtoFriends yang baru menyadari kehadiran lampu fog lamp pada mobilnya, jangan lupa untuk memahami bagaimana cara penggunaannya. Ingatlah untuk menyalakan fungsi fog lamp hanya pada saat cuaca hujan lebat dan berkabut, terkhusus jika sedang berkendara di malam hari dengan kondisi hujan yang ekstrim. Jangan berkendara dengan menggunakan fungsi fog lamp pada saat cuaca normal, atau saat malam hari tanpa hujan dan kabut. Karena hal tersebut justru dapat menimbulkan kecelakaan dan merugikan pengendara lainnya. Gunakanlah komponen atau fitur lainnya, sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Baca juga: 17 Bagian Bagian Mobil, Komponen, Sistem, dan Fiturnya

Cara Memilih Fog Lamp

Tidak terdapat fitur canggih fungsi fog lamp pada mobil kesayangan OtoFriends, mungkin karena mobil OtoFriends bukanlah mobil keluaran terbaru. Namun tidak perlu merasa minder atau bahkan menggantinya dengan mobil keluaran terbaru, karena OtoFriends hanya perlu membawanya ke bengkel rekanan Otoklix untuk melakukan penambahan dan pemasangan lampu fog lamp. Berikut tips memilihnya:

  1. Pilih Fungsi Fog Lamp yang tahan Air

Pernah mengalami masalah lampu mati? Hal tersebut dikarenakan lampu mobil yang OtoFriends miliki tidak tahan air, akhirnya menjadi korslet pada saat digunakan menerangi jalan di kondisi hujan. hal tersebut berlaku juga pada lampu fog lamp. Memilih fungsi fog lamp yang tahan air perlu dilakukan agar saat digunakan di kondisi hujan lebat, fog lamp tidak mati dan dapat berfungsi maksimal.

  1. Gunakan Fog Lamp dengan Lampu Halogen

Agar memiliki sinar dan penerangan yang baik, pilihlah lampu fog lamp dengan lampu halogen. Lampu fog lamp halogen akan mampu memancarkan cahaya pada 3.000 kelvin sehingga dapat menembus kabut dan hujan yang lebat sekalipun. sayangnya, walaupun kualitas penerangan maksimal dan dapat dibeli dengan harga yang murah, lampu fog lamp halogen umumnya cepat panas sehingga usianya mungkin agak sedikit pendek. 

  1. Pilih Fog Lamp Berwarna Kuning

Memilih lampu fog lamp berwarna kuning umumnya akan memberikan keuntungan bagi OtoFriends dari segi penggunaan dan daya tahan. Fungsi lampu fog lamp berwarna kuning dapat bertahan lebih lama dan menghadirkan penerangan yang lebih tinggi ketimbang lampu fog lamp berwarna putih. 

Itulah pengenalan singkat tentang fungsi fog lamp yang harus OtoFriends ketahui. Jika OtoFriends lebih memilih untuk membeli mobil keluaran terbaru dengan fitur fog lamp secara langsung ketimbang membawa mobil ke bengkel untuk melakukan penambahan fitur, beberapa rekomendasi mobil keluaran terbaru seperti Suzuki, Ignis, dan Toyota dapat menjadi rekomendasi karena telah terbukti memiliki fungsi fog lamp dengan kualitas terbaik. 

OtoFriends dapat langsung bertanya atau menghubungi dealer terkait untuk melakukan konsultasi dan menemukan mobil impian OtoFriends dengan fitur fungsi fog lamp yang optimal.

Sebaliknya, hubungi kami untuk melakukan pemasangan lampu fog lamp pada mobil kesayangan OtoFriends. Harga lampu Fog lamp umumnya dibanderol mulai dari harga Rp500 ribuan. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. 

Lakukan booking servis mobil dan pemasangan lampu fog lamp dengan lebih mudah di bengkel rekanan Otoklix melalui aplikasi Otoklix. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. 

Pertanyaan Seputar Fog Lamp

Fungsi fog lamp pada mobil bukanlah sekedar aksesori. Fog lamp atau lampu kabut berfungsi untuk memberikan penerangan maksimal pada pengendara pada saat berkendara di jalanan yang berkabut dengan cuaca ekstrim.

Fog lamp dapat dinyalakan saat kondisi jalan sedang hujan dan gelap karena tertutup kabut yang tebal. Jangan nyalakan lampu foglamp saat kondisi normal karena akan mengganggu penglihatan pengendara lainnya.

Lampu Fog Lamp umumnya dibanderol mulai dari harga Rp500 ribuan.