Bagi kamu pemilik mobil Innova, mungkin pernah suatu saat sudah berada di toko aksesoris mobil, kamu malah kebingungan memilih ukuran wiper Innova.

Agar tidak mengulangi kejadian serupa, sebaiknya kamu catat informasi tentang ukuran wiper Innova berikut ini.

Mencoba Beberapa Wiper untuk Innova

Ukuran standar bawaan wiper untuk mobil Innova adalah 24 inci untuk sisi kanan atau di sisi pengemudi, dan 16 inci untuk sisi kiri atau sisi penumpang depan. Tetapi ada jarak di tengah antara wiper sebesar 3-4 cm.

Oleh karena itu, menurut salah satu sumber Otoklix, untuk menyiasati jarak antar wiper tersebut adalah menggunakan wiper Bosch berukuran 26 inci dan 17 inci, sehingga jarak antara wiper hanya 1 cm. Hal ini membuat sapuan wiper menjadi lebih luas, tetapi tidak bertabrakan.

Sementara itu jika menggunakan wiper berukuran 24 inci dan 18 inci, untuk wiper sisi penumpang atau wiper sebelah kiri hampir menyentuh bibir kaca. Memperkecil jarak antara wiper memang berfungsi agar sapuan wiper menjadi lebih luas. Sehingga bagian yang tidak tersapu tidak mengganggu pandangan.

Menggunakan wiper yang berbeda dengan ukuran standar memang boleh-boleh saja, asal sapuannya tetap bagus. Misalnya, jika ukuran wiper Innova lebih panjang dari standard ada kemungkinan bagian kaca ada yang tidak tersapu. 

Hal ini akan terjadi kalau kamu menggunakan wiper konvensional yang memiliki rangka besi. Rangka besi ini akan menghambat karet wiper menyesuaikan dengan lekukan kaca. Sehingga terkesan “ngambang” alias tidak menempel dengan kaca jika menggunakan wiper konvensional dengan ukuran yang lebih besar dari standar.

Mengapa Wiper Kanan dan Kiri Berbeda?

Pernahkah kamu menemukan bahwa wiper pada sisi kemudi lebih panjang daripada sisi penumpang? Perbedaan ukuran wiper Innova itu memiliki tujuan lho.

  • Pertama, karena desain kaca mobil saat ini lebih lebar dan landai. Desain ini membuat mobil menjadi minim tahan ukuran. Jadi, ukuran wiper mobil juga harus mengikuti dimensi kaca depan mobil.
  • Kedua, agar sapuan pada sisi kemudi lebih besar dan pandangan pengemudi lebih leluasa tidak terhalang oleh air hujan. 

Memang tidak semua mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda. Contohnya Daihatsu Taft Diesel 1986-2001 yang memiliki ukuran wiper kanan dan kiri yang sama. Tetapi memang hanya sedikit sekali mobil yang menggunakan ukuran wiper kanan-kiri yang sama.

Daftar Ukuran Wiper Innova dan Mobil Toyota Lainnya

Ukuran mobil memang sesuai dengan spesifikasi mobil dan dimensi kaca depan. Ada juga daftar ukuran wiper Innova dan mobil Toyota lainnya seperti di bawah ini.

Tipe MobilUkuran Panjang Wiper
Toyota New Avanza20-16 inci
Toyota All New Rush21-18 inci
Toyota New Yaris24-14 inci
Toyota New Kijang Innova24-16 inci
Toyota All New Camry24-20 inci
Toyota New Fortuner20-20 inci
Toyota New Vellfire30-14 inci
Toyota New Agya20-14 inci
Toyota All New Corolla Altis26-14 inci

Catat baik-baik daftar di atas ya, terutama untuk ukuran wiper Innova. Jangan sampai salah ketika membeli wiper mobil untuk mobil kesayangan kamu. 

Lalu, berapa ukuran wiper Innova untuk kaca belakang? Wiper belakang mobil Innova memang berukuran lebih kecil, yaitu hanya 12 inci.

Jika kamu memiliki penggaris atau meteran di rumah, kamu juga bisa mengukurnya terlebih dahulu sebelum membeli wiper baru di toko aksesoris mobil atau bengkel terdekat.

Kapan Harus Mengganti Wiper Mobil

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa tanda wiper mobil kamu perlu diganti. Tanda yang utama dan penting agar segera mengganti wiper adalah karet yang sudah tipis dan getas. Kondisi ini sudah tidak sehat. Selain hasil sapuannya kurang efektif, wiper dengan karet yang tipis atau getas pada wiper konvensional juga bisa membuat kaca mobil tergores.

Cara mengetahuinya adalah ketika wiper menyapu air hujan, masih ada garis-garis air yang tertinggal di permukaan kaca. Kondisi ini mungkin juga bisa tidak disebabkan oleh karet yang tipis atau getas, tetapi ini juga menjadi tanda bahwa wiper mobil harus diganti.

Cara Ganti Wiper Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel

Mengganti wiper bukan pekerjaan yang sulit. Kamu tidak perlu keahlian khusus seperti mekanik bengkel untuk mengganti wiper mobil. Hanya butuh kurang lebih 5 menit untuk melepas dan memasang wiper baru.

Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Pastikan ukuran wiper mobil sesuai.
  2. Angkat bilah wiper seperti saat akan mencuci mobil. Kamu juga bisa menutup kaca mobil menggunakan handuk kering untuk menghindari ada benda jatuh ke kaca mobil.
  3. Cari klip atau pengunci pada bagian tengah.
  4. Tarik klip ke arah bawah sampai wiper terlepas.
  5. Bersihkan kaca mobil.
  6. Sangkutkan besi wiper baru ke klip tersebut.
  7. Dorong ke atas sampai terdengar bunyi “klik”.
  8. Pastikan klip terpasang sempurna. Jika tidak, karet bisa terlepas dan menggores kaca depan mobil.

Langkah ini juga sama dengan cara mengganti wiper belakang mobil.

Jangan lupa catat ukuran wiper Innova di atas sebelum pergi ke bengkel atau toko aksesoris mobil. Temukan 1.000+ bengkel mobil terdekat se-Jabodetabek untuk membeli wiper melalui aplikasi Otoklix.