Mobil Range Rover adalah salah satu SUV terbaik untuk kelas high-end. Mobil pabrikan Britania Raya ini terus menunjukkan diri sebagai salah satu kendaraan SUV terbaik di dunia begitu juga dengan harga mobil Range Rover.. Dengan mengandalkan ketangguhan di segala medan, Land Rover Range Rover mengkombinasikan ketangguhan dan kemewahan.

Sejarah

Menurut sejarah dunia otomotif, SUV ini lahir tahun 1970 yang didesain oleh Gordon Bashford dan Spen King. Range Rover hadir untuk memenuhi kebutuhan SUV yang mewah dan nyaman. Setelah sekian lama, Range Rover baru masuk ke Indonesia pada 2002.  Range Rover pada generasi ini menjadi salah satu mobil SUV yang populer di Indonesia. Terlebih, nuansa kemewahan yang tersaji pada SUV ini semakin meningkat dari generasi kedua. Alhasil, mobil ini menjadi langganan kaum jetset di Tanah Air.

Setelah merilis Range Rover, Land Rover merilis versi sportnya tahun 2005.  Range Rover Sport adalah versi sporty dan kompak dari Land Rover Range Rover yang memiliki performa yang lebih tinggi. Meskipun keduanya hadir sebagai SUV premium, tapi kesan tangguh dan sanggup menjelajah medan-medan offroad tetap dipertahankan Land Rover selaku produsen.

SUV ini menjadi mobil berteknologi offroad terbaik dari Range Rover serta nuansa sporty yang terpancar dari performa mesin yang lebih impresif. Range Rover maupun Range Rover Sport sama-sama mendapat sambutan baik, tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia.

Spesifikasi

Land Rover di akhir tahun lalu 2021 merilis generasi kelima dari Range Rover. Di generasi baru ini,  Range Rover dibuat lebih elegan canggih dan memiliki banyak varian. Range Rover tersedia dalam beberapa trim, dari Range Rover basic, Range Rover SV yang lebih mewah, serta ada Short atau Long Wheelbase. Range Rover generasi terbaru ini memiliki tampilan sangat modern. Namun secara umum, desainnya masih mempertahankan sentuhan dan aksen Range Rover generasi sebelumnya.

Range Rover generasi terbaru ini memiliki beberapa perubahan dari generasi sebelumnya. Seperti dari sisi grill serta bumper-nya Range Rover generasi terbaru ini terlihat lebih kekinian. Yang paling mencolok adalah hadirnya panel di bawah pilar A yang kini berbentuk letter U. Di bagian belakangnya, Range Rover generasi terbaru ini tampil cukup sederhana dan tampak berotot dari belakang.

Range Rover terbaru hadir dengan velg alloy ring 20. Tapi ada juga opsi velg ukuran 23 inci. Selain itu, dalam versi standar juga Range Rover ini hadir dengan teknologi adaptive air suspension.

Kemudian, kini Range Rover hadir dengan beragam pilihan mesin dari mulai mesin bensin, diesel, hingga Plug-in Hybrid. Ada pilihan mesin Mild Hybrid 3.0L Turbocharged I6 yang diklaim punya tenaga di 395 HP. Selain itu, ada juga mesin 4.4L Twin Turbocharged V8 yang tenaganya tembus hingga 523 HP.

Jenis-jenis Range Rover

Dari distributor resmi Land Rover di Indonesia menyediakan empat model Range Rover. Termasuk di antaranya Velar dan Evoque. Ini jenis-jenis Range Rover beserta spesifikasi dan harganya.

Land Rover Range Rover

Seri tertua dari lini ini adalah Range Rover yang belum ada embel-embel di belakangnya. Namun, Range Rover generasi terbaru diperkenalkan pada 2018 lalu dalam varian Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB) dengan mesin 3.0 liter. Versi 3.0 LWB hadir dengan kabin lega yang mempengaruhi aspek kenyamanan penumpang. 

Range Rover hadir dengan Full Sheet Aluminium Iconic Clamshell Bonnet, desain gril termasuk bumper baru dan penggunaan lampu Matrix LED. Kursinya dapat dibaringkan hingga 40 derajat, sehingga bisa lebih rebah dan santai. Selain itu, ruang kaki juga bertambah 186 mm menjadi 1,206 mm untuk model LWB.

Adanya fitur Terrain Response milik Land Rover memberikan pilihan mudah bagi pengemudi dalam menghadapi rintangan di berbagai permukaan jalan. Range Rover tipe ini dibanderol dengan harga Rp3,7 miliar hingga Rp4 miliar.

Baca juga: Harga Mobil Range Rover Bekas dan Spek Range Rover 2022

Land Rover Range Rover Sport

Varian berikutnya hadir dengan karakter yang lebih agresif dari Range Rover biasa. Namun, tipe ini hadir dengan harga yang lebih murah yaitu mulai dari Rp3 miliar. Sekalipun pakai embel-embel sport, namun mobil ini tetaplah SUV sejati dengan ground clearance tinggi dan penggerak 4X4. Penampilannya terkesan sporty karena pelek berdiameter besar dan desain apron di bumper depan.

Demi mendukung kinerja di medan offroad, mobil ini juga memiliki sensor Wade Sensing yang akan memberikan informasi kedalaman air yang Anda lewati. Range Rover Sport tentunya mumpuni di medan offroad terjal karena telah didukung fitur Brake Control, Stability Control, dan Hill Descent Control. 

Land Rover Range Rover Velar

Range Rover Velar sepintas mirik Range Rover sport versi racing. Velar hadir pada 2017 lalu dengan desain sudut pilar C lebih membulat dan headlamp bergaya sipit. Kesan sporty diperkuat dengan gril bergaya honeycomb dan pelek berdiameter besar.

Secara posisi, Velar berada di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport. Land Rover selaku produsen spesialis SUV tentunya tetap mempersiapkan mobil yang kokoh. Range Rover Velar didukung fitur Touch Pro Dual Display hingga fitur keselamatan Stability Control. Fitur Front Impact Beam yang canggih membuat Velar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam uji tabrak. Untuk harga, tipe ini dibanderol mulai dari Rp2,05 miliar.

Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Land Rover Range Rover Evoque

Model berikutnya adalah Range Rover Evoque. SUV kompak ini hadir pada 2019 lalu. All New Range Rover Evoque merupakan generasi kedua yang sudah dibekali oleh berbagai spesifikasi jempolan. Evoque mengusung desain yang bersih dan minimalis dipadukan dengan Flush Deployable Door Handle. 

Ciri khas desain coupe tetap dipertahankan dengan garis atap menurun. Atapnya bergaya floating roof dan sentuhan warna hitam. interior dari All New Range Rover Evoque tampil lebih menawan menggunakan material Eucalyptus Textile and Ultrafabrics serta Kvadrat Premium Textile and Dinamica Suedecloth. Harga tipe ini mulai dari Rp1,7 miliar.

Land Rover Discovery 

Generasi terkini dari Land Rover Discovery dikenal juga sebagai All New Discovery, memiliki desain yang lebih dinamis dan mesin yang lebih tangguh. Berbanderol Rp mulai dari Rp1,5 miliar, Land Rover Discovery ini juga dikenal fleksibel karena menawarkan beragam jenis mesin, model, warna, hingga roda dan konfigurasi penumpang.  Sebagai sebuah mobil SUV, Land Rover Discovery memang memiliki desain yang terkesan gagah, namun tetap memiliki sisi dinamis.

Land Rover Discovery menawarkan empat jenis mesin. Keempat jenis mesin tersebut antara lain Td4, Sd4, Td6, dan Si6. Mesin-mesin Land Rover Discovery ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan dan bisa menghasilkan keluaran tenaga yang berbeda-beda.

Untuk menjamin pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan mantap, Land Rover Discovery ini sudah dibekali dengan beragam fitur canggih yang bisa memaksimalkan pengalaman berkendara para konsumennya. Land Rover Discovery menggunakan All Terrain Technology yang terdiri atas Terrain Response dan All Terrain Progress Control. Teknologi yang satu ini diketahui efektif untuk membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil meskipun dalam kondisi jalan yang tidak rata. 

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

Semua kendaraan harus terus dirawat agar performa tetap terjaga. Termasuk SUV macam Land Rover Range Rover. Perlu memilih bengkel yang pas dalam melakukan perawatan mobil kelas menengah ke atas ini. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti.

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.