Mobil Range Rover merupakan mobil keluaran Land Rover yang termasuk ke dalam kelas mobil SUV premium. Awalnya mobil ini digunakan sebagai kendaraan militer atau untuk kegiatan bertani dan bekerja, tetapi kini menjadi mobil andalan di kerajaan Inggris.

Range Rover Classic dinobatkan sebagai mobil wajib di kerajaan Inggris pada saat itu. Sementara itu, Pangeran Philips dan Ratu Elizabeth juga gemar mengendarai mobil Range Rover, beberapa di antaranya adalah Land Rover Freelander 2 dan Jaguar Land Rover.

Wajar saja bila mobil Ranger Rover tergolong sebagai mobil SUV premium yang dibekali mesin serta teknologi otomotif paling mutakhir. Perihal harganya, berapa harga mobil Range Rover terbaru 2022? Berikut ini jawabannya lengkap dengan harga mobil Range Rover bekas, spesifikasi mobil Range Rover dan sejarahnya.

Baca juga: Harga Mobil Rubicon Baru dan Bekas, SUV Idaman Petualang

Harga Mobil Range Rover 2022

Berawal sebagai mobil offroad yang multifungsi dan digunakan oleh kalangan militer di Inggris. Lalu permintaan mobil SUV mewah sebagai pendukung mobilitas keluarga di Inggris semakin tinggi sehingga lahirlah mobil Land Rover Range Rover.

Hingga kini, mobil Range Rover masih menjadi kendaraan andalan para bangsawan dan keluarga kalangan menengah ke atas di Eropa, tak terkecuali keluarga kerajaan Inggris. 

Pantas saja disebut sebagai mobil SUV premium. Selain digunakan oleh para bangsawan, harga mobil range rover sport terbaru juga cukup fantastis. 

Diikuti dengan harga mobil Range Rover lainnya seperti harga Range Rover Evoque dan Range Rover Velar, berikut ini harga mobil Land Rover terbaru 2022, di antaranya:

Tipe Mobil Range RoverHarga Mobil Range Rover
Mobil Land Rover Range Rover EvoqueRp2,1 miliar
Mobil Land Rover Range Rover VelarRp2,7 miliar
Mobil Land Rover New Range Rover SportRp4,5 miliar
Mobil Land Rover New Range RoverRp5,7 miliar – Rp6,3 miliar
Mobil Land Rover Discovery SportRp1,9 miliar
Mobil Land Rover New DefenderRp2,4 miliar – Rp3,7 miliar

Harga mobil Land Rover tersebut diambil dari situs resmi Land Rover dan mulai berlaku per 1 Juni 2022. 

Perlu digaris bawahi bahwa harga mobil range rover bisa saja berubah-ubah tanpa pemberitahuan terlebih dulu kepada konsumen sehingga OtoFriends perlu untuk update informasi terbaru tentang harga mobil Range Rover terbaru di situs otomotif.

Harga Mobil Range Rover Bekas

Namun, bila OtoFriends ingin membeli mobil range rover bekas sah-sah saja. Karena meskipun bekas tetapi mobil Range Rover dibekali mesin yang tangguh sehingga memiliki usia pemakaian yang cukup panjang bila pemilik mobil rutin melakukan servis mobil secara berkala.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini harga mobil Range Rover bekas.

Tipe Mobil Range RoverTahunHarga Mobil Range Rover Bekas
Mobil Range Rover Vogue AT2004Rp355 juta
Mobil Range Rover Vogue 5.0L AT2011Rp1,1 miliar
Mobil Range Rover Evoque Dynamic2012Rp600 juta
Mobil Range Rover Evoque Dynamic2013Rp740 juta
Mobil Range Rover Vogue AT2013Rp2,5 miliar
Mobil Range Rover Sport 3.0 HSE2014Rp2 miliar
Mobil Range Rover Sport Autobiography 3.02014Rp2,2 miliar
Mobil Range Rover Vogue AT2014Rp2,8 miliar
Mobil Range Rover Autobiography2014Rp2,8 miliar
Mobil Range Rover Evoque2015Rp600 juta – Rp700 jutaan

Apabila melihat harga mobil Range Rover bekas, harganya memang tergolong masih cukup mahal dibandingkan harga mobil bekas lainnya. Namun, bila dibandingkan dengan harga jual mobil Ranger Rover, harga tersebut cukup jauh berbeda.

Sebagai contoh untuk mobil Range Rover Evoque tahun 2015 dijual dengan harga Rp600 juta sampai Rp700 jutaan, sedangkan harga beli barunya mencapai Rp1,2 miliar. Perbandingan harga beli mobil baru dan harga jualnya cukup jauh.

Hal demikian terjadi karena mobil produk Inggris memang kurang populer di Indonesia. Selain itu, biaya servis mobil dan ketersediaannya spare part cukup jarang dan mahal dibandingkan mobil keluaran negara lain seperti mobil Jepang.

Baca juga: Ingin Beli Mobil Katana Bekas? Kenali Berbagai Modelnya

Spesifikasi Mobil Land Rover Range Rover 2022

Land Rover akan menghadirkan generasi terbaru yaitu Range Rover 2022. Mobil ini dikemas dengan model terbaru dengan dibekali sumber tenaga yang juga mutakhir. 

Tersedia dua jenis wheelbase. Mobil ini akan tetap menjadi mobil mewah dengan harga mahal. Namun, harga tinggi itu diimbangi dengan spesifikasi yang mumpuni. Simak spesifikasinya di bawah ini.

Eksterior mobil Range Rover 2022

Range Rover Long Wheelbase memiliki dimensi yang lebih panjang sekitar 8 inci dari model Range Rover standar. Generasi ini memiliki tampilan yang lebih fungsional. 

Jarak sumbu rodanya lebih panjang. Selebihnya, tampilan Range Rover 2022 ini tidak jauh berbeda seperti model lainnya yang identik dengan mobil kerajaan Inggris.

Interior mobil Range Rover 2022

Mobil ini punya kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Namun, untuk model Long Wheelbase bisa menampung 7 penumpang. Ruang bagasinya cukup luas. Tampilan dalam mobil ini terlihat mewah. Mobil ini juga sudah dilengkapi panel instrumen digital dengan ukuran 13,7 inci. 

Terdapat juga fitur hiburan layar sentuh berukuran 13,2 inci. Penumpang belakang juga bisa menikmati layar hiburan berukuran 11,4 inci yang dipasang pada sandaran kursi depan.

Sementara itu, di kursi belakang juga terdapat layar sentuh berukuran 8,0 inci yang dipasang di sandaran tengah. 

Sistem audio yang digunakan adalah meridian 35 speaker. Head unit-nya dilengkapi dengan konektivitas smartphone, navigasi satelit, dan pemutar video. Ada juga peredam bising dari kebisingan jalan atau mesin. Selain itu ada juga pembersih udara untuk mematikan bakteri dan virus.

Baca juga: Intip 10 Interior Mobil Mewah Ini, Dijamin Bikin Ngiler

Performa mesin mobil Range Rover 2022

Selanjutnya kita bakal bahas tentang performa mesin mobil mewah ini. Range Rover 2022 tersedia dalam dua pilihan mesin. Yang pertama adalah 6 silinder dengan kapasitas mesin 3.0 liter Turbocharged dan bisa menghasilkan tenaga maksimal 395 hp dan torsi puncak 550 Nm. 

Sedangkan model Long Wheelbase dibekali dengan mesin V8 4.4 liter Turbocharged, mesin ini bisa disandingkan dengan sistem hybrid dengan kapasitas 48 volt. 

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 523 hp dan torsi puncaknya bisa mencapai 750 Nm. Hal ini membuat Range Rover 2022 jadi powertrain terganas di jajaran Range Rover.

Melihat jauh ke depan, Land Rover juga bakal merilis Range Rover yang akan diluncurkan pada 2024 dengan pilihan model elektrifikasi full EV. 

Selain itu, bakal dirilis juga pilihan plug-in hybrid (PHEV). Teknologi ini bisa menggabungkan mesin Ingenium inline-six Jaguar Land Rover dengan mesin baterai lithium ion 38,2 kWh.

Sejarah Mobil Range Rover

Mulanya, Land Rover memproduksi mobil SUV yang dibekali mesin tangguh agar mampu menjadi mobil offroad dengan penggerak 4 x 4. Mobil ini hanya digunakan sebagai kendaraan militer saja. 

Berjalannya waktu, banyak permintaan mobil SUV untuk mendukung aktivitas dan mobilitas masyarakat sehari-hari sehingga lahirlah mobil Range Rover di tahun 1970-an yang diperuntukkan untuk kalangan petani dan pekerja di kawasan Britania Raya.

Permintaan mobil SUV dengan desain yang mewah dan nyaman tersebut yang membuat Gordon Bashford dan Spen King mendesain mobil Land Rover Range Rover. 

Konsep desain awalnya adalah sebagai mobil SUV yang compact, dinamis tetapi tetap multifungsi. Karenanya, mobil Range Rover bisa digunakan untuk semua kalangan. Bahkan di kalangan kerajaan Inggris menggunakan mobil Range Rover Classic.

Di era 90-an Range Rover melakukan pembaruan mesin dan teknologi pada mobilnya melalui generasi terbarunya di tahun 1994. 

Sejak saat itu sampai kini, mobil Land Rover Range Rover terkenal dengan mobil SUV premium yang memberikan kemewahan sekaligus teknologi otomotif yang paling mutakhir.

Sementara itu, mobil Range Rover pertama kali masuk di pasar otomotif Indonesia tahun 2002 dan langsung dinobatkan sebagai salah satu mobil SUV terpopuler di Indonesia.

Beberapa tipe mobil Range Rover di antaranya ada Range Rover Evoque, Range Rover Vogue, Range Rover Sport, Range Rover Velar. 

Karena kemewahan dan keeleganan serta fitur-fitur yang lengkap maka mobil Range Rover menjadi mobil langganan yang wajib dimiliki oleh kalangan menengah sampai atas.

Untuk menjaga performa mobil SUV premium yang satu ini diperlukan upaya perawatan mobil seperti melakukan servis rutin. Misalnya ganti oli mesin setiap tiga sampai enam bulan sekali, ganti oli transmisi, dan fluida-fluida lainnya.

Semua jenis servis itu bisa dilakukan di bengkel terdekat yang bermitra dengan Otoklix. Ada 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek tersedia untuk OtoFriends. Cari yang lokasinya paling dekat dan harganya paling cocok.

Pertanyaan Seputar Mobil Range Rover

Harga Range Rover Evoque terbaru 2022 adalah Rp2,1 miliar, sedangkan harga mobil Range Rover Velar Rp2,7 miliar. Harga mobil Range Rover Sport terbaru sebesar Rp4,5 miliar dan harga New Range Rover mulai dari Rp5,7 miliar sampai Rp6,3 miliar.

Harga mobil Range Rover Sport terbaru sebesar Rp4,5 miliar, sedangkan Mobil Range Rover Sport 3.0 HSE tahun 2014 sebesar Rp2 miliar.

Mobil Range Rover hadir di kelas mobil SUV yang terkenal dengan desain interior dan eksterior yang mewah, elegan tetapi tetap gahar terlihat dari luar.