Mazda 3 rilis pada 21 Oktober 2017 di Kawasan Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan. Peluncuran ini bersamaan dengan rilisnya New Mazda 5, Mazda 6 Estate, dan MX-5RF. Pada peluncurannya, mobil ini jadi saingan berat Honda Civic Hatchback. Harga Mazda 3 juga brsaing dengan Honda Civic Hatchback.

Penasaran dengan spesifikasi dan harga mobil Mazda 3? Simak ulasan portal otomotif Otoklix.com berikut ini:

Spesifikasi Mazda 3

Tidak hanya harga mobil Mazda 3 yang bersaing dengan Civic, tetapi juga spesifikasinya. Mesin berteknologi canggih dibenamkan pada Mazda 3. Sehingga memberikan performa tangguh, bahkan super gahar.

1. Mesin Mazda 3

Mazda 3 hatchback dibekali dengan mesin SKYACTIV-G 2.0L 4 silinder sejajar, DOHC 16 valve. Dengan mesin ini, tenaga yang bisa dihasilkan adalah 152 dk pada 6.000 rpm serta torsinya 200 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini berkapasitas 1998 cc. Tidak heran bahwa powernya sangat kuat.

Mesin ini didukung dengan peranti lainnya. Misanya intake sport, split fuel injection, bentuk piston, serta katup pendingin. Kerja sama dari semua komponen ini membuat performa Mazda 3 lebih dinamis dan konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

2. Eksterior Mazda 3

Mazda 3 hadir dalam dua model eksterior, yaitu hatchback dan sedan. Sehingga bisa menyasar dua pangsa pasar yang berbeda. Model hatchback penyasar pembeli usia muda yang lebih suka tipe sporty, sedangkan target model sedan adalah konsumen usia lebih dewasa.

Menyasar konsumen kelas menengah atas tentu menjadikan Mazda 3 memiliki tampilan yang elegan dan mewah. Desainnya mengedepankan kesan futuristik yang menawan. Tersedia enam pilihan warna pada medium hatchback ini, yaitu Platinum Quartz Metallic, Polymetal Grey Metallic, Machine Grey Metallic, Soul Red Crystal Metallic, Jet Black Mica, dan Snowflake White Pearl Mica.

Baca juga: Harga Mazda Miata 2022 dan Spesifikasinya

Fitur-fitur ekteriornya juga tidak kalah menarik. Headlamp-nya sudah menggunakan LED Daytime Running Lights, dilengkapi juga dengan headlamps washer. Selain itu spionnya sudah elektrik, wiper otomatis, adjustable headlights. Dan yang paling membuat menarik adalah adanya sunroof.

3. Interior Mazda 3

Mengintip ke bagian interior, ada perbedaan khusus pada model hatchback. Interiornya menggunakan bahan leather dengan dominasi warna merah. Sedangkan model sedan didominasi dengan warna hitam.

Fitur-fitur pada interior Mazda 3 di antaranya adalah adjustable seats, penyesuai ketinggian untuk kursi pengemudi, arm rest di bagian belakang tengah, headrest juga untuk kursi belakang. Selain itu kursi belakang juga bisa dilipat sehingga bisa memperbesar kapasitas bagasi.

Fitur-fitur menarik lainnya yang disematkan pada interior Mazda 3 adalah adanya automatic climate control, pemanas, cup and bottle holder, glove box dengan pendingin, serta vanity mirror. Ada juga cruise control, automatic headlamps, power window depan, follow me home headlamps, dan head up display.

Fitur entertainment di mobil ini juga tidak kalah menarik. Layarnya menggunakan layar sentuh berukuran 8.8 inci. Head unit ini dilengkapi dengan socket USB, konektivitas bluetooth, speaker depan dan belakang, radio AM/FM, serta adanya tombol multi fungsi pada lingkar kemudinya. 

Terdapat fitur New MZD Connect yang dilengkapi dengan Commander Control. Fitur ini dilengkapi dengan 8 buah speaker.

Baca juga: Harga Mazda Biante 2022 dan Spesifikasinya

4. Fitur Mazda 3

Selain fitur-fitur pada interior, fitur lainnya yang berkaitan dengan performa kendaraan juga patut diacungi jempol. Teknologi modern disematkan pada fitur ini. Di antaranya ada G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang membuat kendaraan bergerak dengan lebih responsif.

Fitur ini menjadikan torsi putaran turun saat mobil memasuki tikungan. Cara kerjanya adalah membuat cengkeraman roda depan lebih kuat. Ketika mobil menikung, torsi mesinnya kembali normal. Beban mobil dipindahkan ke belakang agar lebih stabil. 

Kaca depan mobil mazda 3 ini dilengkapi dengan Active Driving Display. Sehingga bisa menampilkan keadaan sekitar, keamanan, serta arah jalan kendaraan. Ada juga I-Activsense. Fitur ini terdiri dari Radar Cruise Control, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane-Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support (SCBS), dan Driver Attention Alert (DAA).

Fitur keselamatan yang disematkan pada Mazda 3 cukup lengkap. Di antaranya ada airbag pada pengemudi, penumpang depan, samping depan, dan knee airbags. Kemudian ada Child Safety Locks, pengingat sabuk pengaman, dan pengingat pintu terbuka.

Untuk memudahkan visibilitas pengemudi di sekitar kendaraan, ada sensor parkir, front parking sensors, rear parking sensors kamera belakang, electric parking brake, blind spot monitor, dan rear cross traffic alert.

Fitur keselamatan dari sisi pengereman ada Brake Assist, EBD (Electronic Brake Distribution), Anti Lock Braking System. Selain itu ada juga Hill Start Assist Control, Vehicle Stability Control System, Emergency Stop Signal, dan Engine Check Warning.

Dengan fitur selengkap ini, tidak heran harga mobil Mazda 3 tergolong cukup tinggi.

Baca juga: Honda Civic, Car of The Year 2022-2023, Berikut Spesifikasinya

5. Harga mobil Mazda 3

Harga mobil Mazda 3 hatchback adalah Rp508 jutaan, sedangkan harga mobil Mazda 3 sedan adalah Rp549 jutaan. Ini adalah kisaran harga per bulan Juni 2023. Sementara harga mobil Mazda 3 bekas saat ini sudah turun puluhan juta. 

Mobil bekasnya bisa didapat dengan harga Rp420 jutaan. Padahal, ini adalah mobil Mazda 3 keluaran 2020 sampai 2021. Artinya belum digunakan lebih dari 3 tahun dan jarak tempuhnya kemungkinan masih sedikit.

Itu dia informasi tentang spesifikasi dan harga mobil Mazda 3.

Agar performa mobil tetap terjaga dan selalu terasa seperti baru, jangan lupa untuk selalu melakukan servis rutin via Otoklix. Servis mobil secara rutin di bengkel Otoklix yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Kunjungi bengkel Otoklix terdekat untuk ganti oli, servis rem, tune up, dan servis mobil lainnya.

Pertanyaan Seputar Harga Mobil Mazda 3

Mazda 3 pertama kali dirilis pada tahun 2013 sebagai model terbaru 2014. Mazda 3 tersedia dalam model hatchback 5 pintu dan model sedan 4 pintu.

Mobil Mazda yang paling murah adalah Mazda2 dengan harga Rp285 jutaan.

Harga mobil Mazda 3 hatchback sekitar Rp518 juta, sedangkan harga mobil Mazda 3 model sedan adalah Rp549 jutaan.