Identik dengan mobil berbodi kecil, mobil MINI Cooper tetap terlihat mewah dan berkelas. MINI memang produsen mobil premium yang masuk ke dalam BMW Group Indonesia. Ada 5 model yang ditawarkan, dari jenis coupe, convertible, dan hatchback.

Meskipun termasuk mobil kecil, tetapi harga paling murahnya saja mencapai Rp880 jutaan. Sedangkan varian termahalnya mencapai Rp1,3 miliar. Penasaran dengan semua model mobil MINI Cooper dan spesifikasinya? Mari kita simak artikel otomotif berikut.

Model Mobil MINI Cooper

Bagi anak muda, model mobil MINI Cooper ini terlihat stylish dan sporty. Ditambah lagi bodinya yang kompak sehingga lebih mudah meluncur di jalanan perkotaan yang padat. Di samping desainnya yang keren, performanya juga mumpuni.

Ada 5 model MINI yang dipasarkan di Indonesia, antara lain MINI Countryman, MINI Clubman, MINI 3 Door, MINI 5 Door, dan MINI John Cooper Works.

Kelima tipe atau model MINI Cooper ini tersedia dalam 3 varian, yaitu Cooper, Cooper S, dan John Cooper Works. Cooper adalah varian standar, Cooper S adalah varian menengah, dan John Cooper Works adalah varian tertinggi.

Berdasarkan spesifikasinya, varian Cooper dibekali dengan mesin 1.499 cc 3 silinder twin power turbo. Tenaga yang dihasilkan mencapai 136 hp. Sementara itu, varian Cooper S menggendong mesin 1.998 cc 4 silinder twin power turbo. Tenaga maksimal yang bisa dicapai adalah 192 hp.

Performa lebih tangguh ada pada varian John Cooper Works dengan mesin 1.998 cc 4 silinder twin power turbo yang menghasilkan tenaga hingga 231 hp. Selanjutnya, mari kita bahas kelima model mobil MINI Cooper ini.

Baca juga: Mobil Mini 3-Door, Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

1. Mini 3 Door Hatch

MINI 3 Door Hatch ini masih menggunakan gaya klasik. Yaitu ada lekuk heksagonal dan bingkai berwarna krom. Lampu depannya berbentuk bundar dan besar. Ada jarak sedikit lebar yang memberi kesan klasik yang mencolok. 

Meskipun bodinya masih bergaya klasik, tetapi sudah ada peningkatan dari segi mesin dan juga suspensinya. Mesinnya kini lebih cepat dan hemat bahan bakar berkat turbo Twin Power yang baru. Suspensinya juga sudah ditingkatkan sehingga lebih nyaman saat berkendara.

2. Mini 5 Door

Model kedua adalah MINI 5-Door. Mobil ini memiliki ukuran yang mungil. Kalau MINI 3-Door hanya dilengkapi dua pintu depan untuk penumpang, maka MINI 5-Door dibekali dengan empat pintu untuk penumpang. Ada dua pintu tambahan untuk penumpang belakang.

Kursi belakangnya juga punya ruang kaki yang lebih luas. Kursi bagian belakang ini bisa menampung hingga 3 orang. Kemudian, kabinnya juga dilengkapi dengan MINI Head-Up Display.

Untuk mengubah pengalaman berkendara dan menguji responsivitas MINI 5 Door ini, cukup putar ring di sekitar gerbang persneling. Selain itu, pada kabin terdapat panel transparan yang muncul depan kaca dan bisa memproyeksikan data mengemudi.

3. Mini Convertible

Selain kedua model sebelumnya, ada juga model atap terbuka dari mobil MINI Cooper. MINI Convertibel kembali hadir membawa banyak sensasi. Desain bodinya lebih ramping, penggunaan teknologi yang lebih cerdas, hingga penanganan go-kart.

Penumpang bisa merasakan sensasi atap convertible 3-in-1, yaitu bisa naik, turun, atau hanya sebagai sunroof. Bisa juga hanya dibuka celah sekitar 40 cm agar ada angin segar yang masuk ke mobil.

Sistem keamanannya juga ditingkatkan. Ada sistem crash rollover yang bisa melindungi penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Mobil Mini 5-Door, Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

4. Mini Clubman

Model keempat ada MINI Clubman. MINI Clubman juga kental dengan tampilan klasik, tetapi gagah dan elegan. Lampu utamanya berbentuk bundar dan besar. Namun, tetap ada sentuhan funky.

Pada bagian spoiler depan terdapat garis desain baru. Ada juga ventilasi udara yang aerodinamis untuk roda depan. Bagian atapnya terlihat gagah dengan adanya sirip bercahaya dengan desain yang telah diperbarui. 

MINI Clubman dibekali dengan layar bening yang bisa mengakses layanan secara online. Misalnya untuk akses hiburan, navigasi, musik, dan banyak lagi.

5. Mini Cooper Countryman

MINI Cooper Countryman identik dengan velg yang terlihat mengesankan. Velg berukuran 19 inch ini juga menjadi nama dari MINI Countryman, yaitu Yours Masterpiece Light Alloy Wheels. Atapnya berukuran besar. Ada cermin dalam atap dalam berwarna hitam yang memberi kesan elegan.

6. Mini John Cooper Works

Model terakhir adalah John Cooper Works. Mobil ini tetap menggunakan desain yang klasik. MINI John Cooper Works memberikan sensasi sebagai pembalap kepada pengendaranya. Wheelbase-nya pendek, ada sistem go-kart ekstrim sehingga pengemudi bisa mudah bermanuver di tikungan tajam.

MINI John Cooper Works adalah model yang eksklusif dan kuat. Generasi terbarunya mengalami peningkatan pada suku cadang dan tampilannya paling sporty di antara model MINI lainnya.

Baca juga: Mobil Mini Countryman: Harga, Spesifikasi, dan Kelebihan

Harga Mobil MINI Cooper Terbaru 2023

Mengusung desain yang klasik serta sporty dan dilengkapi fitur yang mumpuni, harga mobil MINI Cooper varian terendah saja sekitar Rp885 juta. Ini adalah harga mobil MINI Cooper terbaru 2023 on the road Jakarta.

MINI 3-Door

  • Cooper = Rp885 juta
  • Cooper S = Rp1,029 miliar
  • Resolute Edition = Rp1,049 miliar
  • John Cooper Works = Rp1,180 miliar

MINI 5-Door

  • Cooper = Rp905 juta
  • Cooper S = Rp1,015 miliar
  • Resolute Edition = Rp1,055 miliar

MINI Convertible

  • Cooper = Rp975 juta
  • Cooper S = Rp1,095 miliar
  • Resolute Edition = Rp1,115 miliar
  • John Cooper Works = Rp1,225 miliar

MINI Clubman

  • Cooper = Rp995 juta
  • Cooper S = Rp1,105 miliar
  • Resolute Edition = Rp1,175 miliar
  • John Cooper Works = Rp1,36 miliar

MINI Countryman

  • Cooper = Rp880 juta
  • Cooper S = Rp1,010 miliar
  • John Cooper Works = Rp1,55 miliar

MINI Electric

  • Electric = Rp1,046 miliar
  • Resolute Edition = Rp1,1 miliar

Harga Mobil MINI Cooper Bekas

Kalau unit barunya dirasa masih terlalu mahal, kamu bisa membeli mobil MINI Cooper bekas. Harga mobil MINI Cooper bekas tahun 2023 di Indonesia mulai dari Rp400 jutaan.

MINI 5 Door

  • Cooper tahun 2016 = Rp520 juta – Rp650 jutaan

MINI 3 Door

  • Cooper S tahun 2013 = Rp440 jutaan
  • Cooper tahun 2014 = Rp500 jutaan
  • Cooper S tahun 2015 = Rp600 jutaan
  • Cooper tahun 2021 = Rp790 jutaan
  • Cooper S tahun 2019 = Rp800 jutaan
  • Cooper S tahun 2020 = Rp830 jutaan

MINI Countryman

  • Countryman tahun 2013 = Rp450 jutaan
  • Countryman tahun 2014 = Rp460 jutaan
  • Countryman tahun 2017 = Rp600 jutaan
  • Countryman tahun 2019 = Rp670 jutaan – Rp720 jutaan

Pengguna mobil MINI Cooper memang belum sebanyak mobil-mobil Asia maupun Eropa lainnya. Namun, mencari bengkel tepercaya untuk mobil MINI tidaklah sulit.

Sebab, ada Otoklix yang memiliki servis lengkap dan kualitasnya terstandarisasi. Spare part yang tersedia juga dijamin asli. Harganya kompetitif dan ramah di kantong.

Download aplikasi Otoklix di smartphone agar booking servis lebih mudah dan juga bisa langsung tahu harga dan lokasi bengkel terdekat.

Bengkel Otoklix tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek, antara lain di Simprug, Mangga Dua, Daan Mogot, Depok, Ciputat, dan Jatimakmur. Selain via aplikasi, booking servis bisa dilakukan via WhatsApp di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Mobil MINI Cooper

MINI Cooper dibanderol dengan harga paling murah Rp885 juta untuk varian terendah. Sementara itu tipe tertingginya yaitu MINI Countryman John Cooper Works menyentuh harga Rp1,55 miliar.

Mobil MINI Cooper dengan harga paling murah adalah varian Cooper dari MINI Countryman, yaitu Rp880 juta. Varian terendah lainnya dari model mobil MINI lain berkisar Rp900 juta hingga Rp1 miliar.

MINI Cooper bekas bisa didapat mulai harga Rp440 jutaan, yaitu MINI 3-Door Cooper S. model lainnya bisa didapat dengan rentang harga Rp500 juta – Rp800 jutaan