fogging mobil

Fogging Mobil, Bisakah Bunuh Virus Covid-19? [Kisaran Biaya]

Seringkali kita hanya fokus membersihkan eksterior mobil dan sekadarnya saja untuk membersihkan interior mobil. Padahal interior mobil bisa menjadi sarang bakteri, bahkan virus. Maka dari itu, fogging mobil bisa dibilang penting.

Selain menjaga kesehatan, fungsi fogging mobil juga menjaga kenyamanan penumpang. Kamu memang bisa secara rutin menyemprotkan cairan desinfektan ke kabin mobil, tetapi hasilnya akan lebih optimal jika melakukan fogging. Uap dari fogging ini bisa menjangkau sudut-sudut kecil mobil.

Jadi, fogging mobil untuk apa? Apa saja manfaatnya dan berapa biaya fogging mobil?

Manfaat Fogging Mobil

Mobil yang digunakan setiap hari tidak akan luput dari kotoran, bakteri dan, virus. Bagian-bagian mobil yang rentan terkena bakteri dan virus adalah AC, dasbor, kursi penumpang, setir, sabuk pengaman, dan tuas transmisi atau persneling. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Kita perlu lebih rajin lagi menjaga kebersihan. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan interior mobil adalah dengan teknik fogging. Jika kamu pernah melihat cara fogging nyamuk, kurang lebih begitulah proses fogging interior mobil. 

Fogging mobil adalah proses pengasapan menggunakan alat khusus berisi cairan antiseptik dan desinfektan. Asap atau uap yang keluar dari mesin fogging adalah cairan Bactakleen dengan kandungan benzalkonium chloride 0,1 persen. Cairan itu mampu membunuh protein pada bakteri.

Selain membunuh bakteri, fogging mobil juga bisa menghambat tumbuhnya jamur pada kabin mobil, sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang lebih bersih. Mobil pun menjadi lebih higienis. Bau tidak sedap juga bisa hilang setelah bersih dari bakteri dan jamur.

Selain manfaat-manfaat di atas, fogging mobil juga bisa mengusir kecoa dan serangga yang bersarang di dalam mobil. Tetapi, pastikan cairan desinfektan yang digunakan aman untuk kesehatan manusia ya. Ternyata banyak sekali fungsi fogging mobil.

Cara Menggunakan Mesin Fogging Mobil

Cara fogging mobil terbilang cukup mudah. Jika memiliki mesin fogging mobil, kamu bisa langsung meletakkan alat fogging yang sudah diisi dengan cairan antiseptik di bawah evaporator. 

Kemudian nyalakan AC mobil dengan temperatur maksimal dan posisi mengarah ke tengah. Selanjutnya tutup rapat seluruh pintu dan jendela. Alat fogging mobil akan mengeluarkan uap melalui blower. 

Biarkan uap dari blower bersirkulasi selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu kamu bisa membuka seluruh pintu mobil untuk menghilangkan uap dalam kabin.

Agar hasilnya lebih optimal, kamu bisa melakukan fogging mobil setelah membersihkan evaporator dan filter AC.

Untuk mendapatkan wangi yang lebih segar dan sesuai keinginan, kamu bisa menggunakan parfum mobil setelah melakukan fogging.

Jika ingin mengetahui seberapa banyak kuman dan bakteri dalam mobil, kamu bisa melakukan penghitungan bakteri sebelum dan sesudah dilakukan fogging. Fasilitas ini juga tersedia di bengkel cuci mobil.

Apakah Fogging Mobil Bisa Membunuh Virus Covid-19?

Fogging mobil memang bisa membunuh bakteri, tetapi ternyata tidak cukup ampuh untuk membunuh virus. Cairan yang digunakan pada mesin fogging mobil tidak diperuntukkan untuk membunuh virus. Tetapi jangan dulu ragu untuk tetap melakukan fogging.

Membatasi dan mengurangi aktivitas bakteri di dalam kabin mobil dapat mencegah terjadinya penyebaran virus. Ada cara lain untuk mengurangi penyebaran virus di dalam mobil, yaitu dengan menggunakan sabun bayi batangan.

Bagaimana bisa? Sabun bayi memiliki pH yang seimbang dan dipercaya mampu membunuh virus dan bakteri. Kamu bisa menumbuk sabun bayi dan mencampurnya dengan air. Campuran ini bisa disemprotkan ke kabin mobil. Setelah itu diamkan selama tiga menit, baru dilap kering menggunakan microfiber.

Kekurangannya adalah cairan desinfektan dari sabun bayi ini hanya mampu menjangkau area-area yang sering disentuh, tidak sampai celah-celah terkecil. Jadi kamu bisa mengkombinasikan kedua cara tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Fogging Mobil

Harga fogging mobil di bengkel cuci mobil biasanya sekitar Rp300-450 ribuan. Kemungkinan juga ada banyak jenis paket dan harga mungkin berbeda tergantung jenis mobil. Ada tambahan biaya sebesar sekitar Rp150 ribuan apabila kamu juga menggunakan jasa penghitungan bakteri dan kuman dalam mobil.

Jika ingin membeli alatnya sendiri, tersedia berbagai jenis mesin fogging mobil dengan harga bervariasi, sekitar Rp500 ribuan sampai dengan Rp2 jutaan, tergantung fitur yang ditawarkan.

Kapan Saatnya Fogging Mobil?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mobil yang sering digunakan, apalagi digunakan untuk mengangkut penumpang yang berganti-ganti, kamu bisa melakukan fogging mobil sekitar 45-60 hari sekali. Dengan begitu, mobil kamu pun akan lebih nyaman dan higienis.
Ternyata banyak sekali fungsi fogging mobil ya? Jangan ragu untuk melakukan perawatan interior mobil demi menjaga kesehatan penumpang. Kamu bisa mencari berbagai bengkel cuci mobil berkualitas baik di aplikasi Otoklix. Harga dijamin murah dan sering ada promo menarik, lho!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *