Sama seperti komponen atau bagian pada sebuah mobil lainnya, ban mobil juga perlu perhatian tersendiri dari OtoFriends. Jika sudah waktunya, ban mobil perlu OtoFriends ganti dengan yang baru. Lalu apa sajakah ciri ban mobil harus diganti tersebut.

Ban mobil merupakan bagian mobil yang sangat penting dalam sebuah mobil. Selain agar mobil dapat bergerak dan OtoFriends gunakan, ban mobil menjadi salah satu faktor yang menentukan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Karena ban mobil sangat penting, maka kali ini Otoklix akan memberikan informasi beberapa ciri ban mobil harus diganti yang baru dan perlu OtoFriends simak dengan seksama, berikut informasinya.

1. Jarak Tempuh Ban Sudah Lebih Dari 40.000 Km

Ciri ban mobil harus diganti yang pertama adalah jika ban tersebut sudah menempuh jarak tempuh lebih dari 40.000 Km. Jarak tempuh lebih dari 40.000 Km ini biasanya dicapai setelah kendaraan berusia 2 sampai 3 tahun dengan pemakaian normal, dimana dalam setahun biasanya jarak tempuh mobil adalah 15.000 sampai 20.000 Km.

Ban mobil yang telah menempuh jarak 40.000 Km biasanya sudah mengalami keausan meskipun mungkin kelenturannya masih bagus, namun sebaiknya OtoFriends menggantinya dengan yang baru.

2. Ban Berusia Lebih Dari 3 Tahun

Ciri ban mobil harus diganti yang kedua adalah ban tersebut sudah berusia 3 tahun atau lebih. Hal tersebut karena ban mobil adalah komponen mobil yang menggunakan bahan dasar karet yang mana tingkat elastisitasnya akan berkurang atau menjadi getas seiring dengan berjalannya waktu.

Meskipun jika ban mobil OtoFriends yang berusia 3 tahun atau lebih tampak baik-baik saja seperti dari kembang ban mobil yang masih tampak baik, sebaiknya OtoFriends tetap mengganti ban mobil tersebut dengan yang baru.

Baca Juga: Perhatikan Masa Kadaluarsa Ban Mobil Sebelum Ganti Ban

3. Ban Sudah Gundul

Ciri ban mobil harus diganti yang berikutnya adalah ban mobil tersebut sudah gundul. Ban gundul adalah sebuah istilah apabila ban sudah tipis karena pemakaian dan sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. 

Baik itu gundul pada bagian tengah atau samping ban, jika ban gundul tidak segera OtoFriends ganti dengan yang baru, maka akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

4. Timbul Benjolan pada Ban

Ciri ban mobil harus diganti yang selanjutnya adalah apabila muncul benjolan pada ban OtoFriends. Benjolan pada ban mobil dapat menjadi pertanda bahwa ada konstruksi ban yang sudah tidak baik dan harus segera digantikan dengan ban yang baru. 

Benjolan pada ban juga bisa sangat berbahaya untuk OtoFriends karena dapat menyebabkan ban mudah untuk pecah ketika berkendara. Benjolan pada ban biasanya muncul karena faktor waktu atau usia, namun juga bisa karena kesalahan dalam mengisi tekanan angin yang tepat pada ban tersebut.

5. Ketebalan Ban Sudah Mencapai Batas TWI

Tread Wear Indicator atau TWI adalah sebuah penanda dengan bentuk segitiga yang terdapat pada sebuah ban tentang batas akhir atau batas paling kecil tentang ketebalan sebuah ban. Jika ketebalan ban sudah mencapai batas TWI ini, maka OtoFriends harus segera menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

6. Ban Retak

Ban yang sudah retak-retak tentunya juga merupakan sebuah ciri ban mobil harus diganti dengan yang baru. Ban retak ini biasanya terjadi karena ban sering melakukan kontak fisik dengan suhu panas. Bagian ban yang paling sering muncul retak-retak ini adalah pada bagian pinggir atau samping ban.

7. Ban Sobek

Jika ban mobil OtoFriends sudah sobek tentunya ban mobil tersebut harus digantikan dengan yang baru. Sekalipun sobekan pada ban tersebut kecil, namun akan sangat berbahaya jika tetap dipaksakan untuk OtoFriends gunakan.

8. Ban Sering Ditambal

Jika ban bocor, maka salah satu solusi jangka pendek yang sering dilakukan oleh banyak untuk mengatasi ban bocor tersebut adalah dengan menambal pada bagian yang bocor tersebut.

Namun ternyata jika ban mobil OtoFriends sudah sering bocor dan ditambal maka kekuatannya akan berkurang dan sebaiknya ban tersebut digantikan dengan yang baru.

9. Ban Lecet

Ban lecet mungkin menjadi salah satu hal yang jarang OtoFriends dengar. Ban lecet bisa terjadi karena ban tersebut sering terkena benda keras seperti trotoar atau terkena lubang di jalan sehingga bisa menimbulkan lecet yang cukup besar.

Ban yang lecet memang masih bisa digunakan, namun ada potensi masalah atau bahaya yang bisa timbul karena ketahanan pada setiap sisi ban sudah tidak lagi sama. Masalah atau bahaya yang paling merugikan dari ban lecet ini adalah ban tersebut bisa saja pecah ketika digunakan.

Baca Juga: Kenali Penyebab Ban Mobil Pecah dan Cara Mengatasinya

10. Kembang Ban Terangkat

Informasi tentang ciri ban mobil harus diganti yang terakhir dari Otoklix adalah kembang ban terangkat atau yang dikenal juga dengan istilah Heel Toe. Kondisi kembang ban terangkat ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Beberapa hal tersebut adalah seperti karena ban mobil sering melewati jalan yang tidak rata atau rusak dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman yang cukup keras pada jalan tersebut. Penyebab lainnya adalah bisa juga karena bushing suspensi, ball joint, atau bearing roda yang sudah aus dan perlu diganti yang baru.

Itulah beberapa ciri ban mobil harus diganti yang perlu OtoFriends ketahui. Ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah mobil baik untuk keselamatan, kenyamanan dan performa kendaraan.

Merawat dan mendapatkan ban mobil terbaik kini semakin mudah untuk OtoFriends lakukan karena Otoklix memiliki beragam bengkel ban terpercaya yang bisa OtoFriends pilih.

Semoga informasi tentang ciri ban mobil harus diganti dari Otoklix bisa bermanfaat untuk OtoFriends dan jangan lupa juga membaca informasi tips merawat mobil penting lainnya hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Ciri Ban Mobil Harus Diganti

Usia ban dengan pemakaian normal adalah maksimal 3 tahun.

Ban yang sering ditambal perlu untuk diganti dengan yang baru karena kekuatan ban tersebut sudah berkurang meskipun terlihat tidak ada perubahan.

Jarak tempuh maksimal sebuah ban adalah 40.000 Km, dan jika sudah mencapai angka tersebut sebaiknya ban diganti dengan yang baru.