Cara menghilangkan baret mobil yang dalam bisa dengan beberapa cara. Kita harus mengetahui terlebih dahulu seberapa dalam baret yang muncul pada mobil. Semakin dalam baret mobil, tentu penanganannya akan lebih kompleks.  

Munculnya baret yang dalam pada mobil ini memang menjengkelkan, ya. Baret dalam termasuk ke dalam kerusakan yang cukup parah dan bisa mempengaruhi susunan cat mobil. Saat diraba, baret dalam pada mobil pun akan terasa kasar.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti tabrakan, benturan, penggunaan lap atau sponge yang kasar saat mengeringkan mobil, dan lain sebagainya.

Berikut ini Otoklix memberikan informasi cara menghilangkan baret yang dalam beserta biayanya. Simak selengkapnya di sini.

Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam

Pada mobil yang mengalami baret ringan, mungkin bisa diatasi dengan bahan-bahan rumahan dan tak perlu ke bengkel. 

Tapi, berbeda dengan baret yang dalam pada mobil di mana penanganannya cukup kompleks. Penanganan untuk baret mobil yang dalam seperti pengecatan ulang, menggunakan wax atau kompon. 

1. Cat Ulang

Apabila baret mobil cukup dalam dan mengganggu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat ulang di bengkel.

Selain membuat tampilan mobil jadi seperti baru dan juga kinclong, mengecat ulang mobil juga bisa menutup baret yang dalam pada mobil. 

Meskipun cat mobil bisa dilakukan sendiri, namun sebaiknya bawa saja mobil ke bengkel jika OtoFriends belum memiliki pengalaman mengecat mobil. 

Umumnya, prosedur pengecatan ulang ini adalah dengan dilakukan pengamplasan terlebih dahulu pada bagian mobil yang baret atau lecet. Setelah rata, baru dilakukan pengecatan ulang. 

2. Kompon

Mengingat biaya cat ulang mobil mahal, alternatif lainnya untuk menghilangkan baret mobil yang dalam adalah dengan menggunakan kompon. 

Kompon ini merupakan bahan penghilang baret yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan kompon sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel. 

Apabila ingin menghilangkan baret mobil yang dalam menggunakan kompon di rumah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bersihkan permukaan mobil yang baret menggunakan air, kemudian keringkan dengan kain lap bersih hingga kering.
  • Kemudian, oleskan kompon pada bagian mobil yang baret. Lalu, gosok dengan poles atau menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar dan cepat. Gerakan cepat ini dilakukan untuk mencegah kompon mengering. 
  • Ulangi langkah-langkah di atas, jika baret masih belum hilang.

Pastikan mengoleskan kompon dengan hati-hati agar hasil bisa maksimal dan merata, ya. 

3. Wax Mobil

Berikutnya, untuk mengatasi baret mobil yang dalam bisa dengan menggunakan wax mobil. Ada dua tipe wax yang biasa digunakan, yakni cair dan padat.

Apabila mengaplikasikan wax tipe cair, harus hati-hati. Sebab, jika menggosok terlalu keras malah bisa membuat baret semakin banyak pada mobil.

Agar aman, bisa menggunakan wax tipe padat karena tidak mengandung bahan-bahan yang abrasif, jadi akan lebih aman. 

Biaya untuk Mengatasi Baret Dalam

Untuk menghilangkan baret mobil yang dalam, memang dibutuhkan penanganan khusus. Tentunya biayanya lebih mahal dibanding dengan perawatan baret biasa.

Apabila kamu menggunakan kompon, maka harga kompon mobil adalah sekitar Rp50 ribu hingga Rp80 ribuan. 

Lalu, biaya cat ulang bagian mobil yang baret lebih mahal lagi, mulai dari Rp300 ribuan hingga Rp800 ribuan. Biaya cat mobil per panel ini berbeda bergantung pada bagian mobil yang dicat serta merek cat mobil yang dipilih. 

Kemudian, untuk harga wax mobil tidak jauh berbeda dengan harga kompon, yakni sekitar Rp40 ribu hingga Rp200 ribuan. 

Jenis Baret atau Goresan pada Mobil

Baret mobil sendiri ada kategorinya, yakni kategori ringan, sedang, dan berat atau dalam. Semakin ringan baretnya, maka semakin mudah baret dihilangkan, bahkan bisa dihilangkan dengan bahan-bahan rumahan. Berikut ini jenis baret pada mobil sesuai tingkatannya.

1. Baret Mobil Dalam

Baret dalam adalah kondisi di mana goresan yang muncul cukup dalam bahkan bisa mencapai lapisan cat dasar mobil bahkan hingga ke bagian metal atau body panel.

Untuk memperbaiki jenis baret ini, memerlukan perawatan khusus dan sebaiknya dibawa ke bengkel agar perbaikannya bisa maksimal. 

2. Baret Sedang

Baret sedang adalah kondisi di mana goresan pada mobil mengenai color coat tetapi belum ke lapisan primer. 

Baret sedang umumnya muncul disebabkan oleh gesekan dengan benda tumpul. Baret sedang ini ditandai dengan garis berwarna putih yang cukup jelas pada mobil. 

3. Baret Ringan

Berikutnya, ada baret ringan di mana muncul goresan yang cukup samar di bagian body mobil paling atas atau biasa disebut clear coat. 

Baret ini biasanya muncul karena beberapa hal, seperti debu dan kotoran yang menempel pada body mobil. Untuk mengatasinya juga cukup mudah, yakni dengan mengaplikasikan kompon atau dengan beberapa bahan rumahan.

Tips Mencegah Baret Mobil

Agar mobil kamu tetap mulus, berikut ini beberapa tips yang bisa OtoFriends aplikasikan untuk mencegah baret mobil. 

1. Kendarai Mobil dengan Hati-Hati

Tips pertama adalah mengendarai mobil dengan hati-hati. Pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain agar tidak terjadi gesekan yang bisa menimbulkan baret. 

Sebaiknya, hindari berkendara terlalu pinggir, karena ada risiko mobil terkena ranting pohon atau semak-semak yang ada di sekitar jalan. 

2. Menggunakan Penutup Mobil

Apabila OtoFriends memarkirkan mobil di luar, sebaiknya gunakan penutup mobil untuk melindungi mobil dari kotoran atau debu yang menempel.

Kotoran atau debu yang menempel ini bisa menyebabkan timbulnya baret atau goresan pada body mobil. 

3. Melakukan Waxing Mobil

Sebaiknya, lakukan waxing mobil secara berkala untuk melindungi mobil dari goresan. Waxing mobil juga bisa memperpanjang umur cat mobil OtoFriends.

4. Hati-Hati saat Parkir

Saat akan parkir sebaiknya berhati-hati. Pilih tempat parkir yang tidak terlalu sempit dan aman. 

Hindari memarkirkan mobil di pinggir jalan, dekat trotoar, atau area-area yang sering dilalui oleh pejalan kaki. 

5. Menggunakan Sabun Khusus

Saat mencuci mobil, sebaiknya menggunakan sabun khusus. Hindari menggunakan detergen atau sabun cuci piring yang berisiko merusak cat pada body mobil. 

Jika sudah selesai, segera keringkan mobil menggunakan kain microfiber yang bersih dan secara perlahan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya baret mobil.

Selain melakukan beberapa tips di atas, OtoFriends juga sebaiknya melakukan detailing secara rutin di bengkel agar mobil tetap kinclong.

Bengkel Otoklix menyediakan layanan detailing dengan harga mulai dari Rp30 ribuan. Gak hanya untuk bagian cat mobil, namun kamu juga bisa melakukan detailing untuk interior mobil hingga mesin mobil. 

Booking layanan ganti oli di bengkel Otoklix mudah, bisa menggunakan Aplikasi Otoklix. Bahkan, kamu bisa menghemat sampai 50% dibandingkan dengan bengkel resmi. Download Aplikasi Otoklix sekarang!

Pertanyaan seputar Cara Menghilangkan Baret Dalam

Baret mobil bisa dihilangkan dengan mudah. Untuk baret dalam, sebaiknya bawa ke bengkel terdekat untuk perbaikan yang maksimal.

Pasta gigi bisa digunakan untuk mengatasi baret pada body mobil. Namun, ini dikhususkan untuk baret yang ringan saja.

Baret dalam adalah kondisi di mana goresan yang muncul cukup dalam bahkan bisa mencapai lapisan cat dasar mobil bahkan hingga ke bagian metal atau body panel