Sejak 1974, Jeep Cherokee sudah lama menjadi andalan dan kabar baiknya, SUV ini mendapat pembaruan pada 2022. Tampilannya lebih atraktif dan moderat. Banyak pembaruan di tampilan eksterior, interior, fitur, dan mesinnya.

Mobil ini masih menggunakan penggerak empat roda (4×4) yang andal di medan off road. Mobil ini tampil dengan versi face-lift. Apa saja spesifikasi Jeep Cherokee 2022? Bagaimana perbandingannya dengan Jeep Cherokee XJ? Simak selengkapnya.

Spesifikasi Jeep Cherokee 2022

Kita akan membahas spesifikasi Jeep Cherokee 2022 mulai dari eksterior, interior, mesin, fitur, dan tentunya harga Jeep Cherokee 2022.

1. Eksterior menawan

Sebagai mobil SUV, mobil ini punya karakter aerodinamis dengan tampilan yang paling menawan di kelasnya. Ada ventilasi radiator yang berbentuk unik dan juga lubang udara untuk menyaring udara bersih. Desainnya juga ramping. Menggunakan headlamp yang dipadukan dengan LED sehingga membuat penerangannya sangat baik, sekalipun dalam gelap pekat.

Di sisi bawah, kita bisa melihat roda-roda besar dengan ukuran pelek 17 inci dan 18 inchi.. Atapnya berwarna abu-abu yang memberikan kesan maskulin pada Jeep Cherokee. Di sisi belakang, spoiler-nya terpasang dengan knalpot berlapis chrome. Di bagian sampingnya terlihat garis siluet sampai ke belakang mobil.

2. Interior nyaman

Sebagai mobil SUV dengan bodi bongsor, Jeep Cherokee punya kabin yang luas, bisa menampung 5 penumpang, mengenakan desain fluidic. Di dalam kabinnya terdapat dashboard dengan berbagai fitur. Jok mobil menggunakan bahan pelapis Nappa leather Trim Cloth, yaitu material kulit berkualitas tinggi, begitu pula pelapis setirnya. Kemudian, ruang bagasinya juga leluasa dengan kapasitas 591 liter.

3. Mesin dan performa tangguh

Jeep Cherokee 2022 punya mesin berkapasitas besar, yaitu 2360 cc. Dengan mesin ini, Cherokee mampu menghasilkan tenaga sampai 183 hp dengan torsi maksimal 232 Nm. Mobil ini bisa melesat sampai 100 km/jam hanya dalam 10.4 detik dan kecepatan maksimalnya 196 km/jam. Konsumsi bahan bakar Jeep Cherokee adalah 9.3 km/liter untuk dalam kota dan 12.3 km/liter untuk berkendara di jalan tol.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Jeep Beserta Spesifikasinya

4. Fitur canggih

Selain mesin yang tangguh dan tampilan yang atraktif, Jeep Cherokee juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Mulai dari aspek entertainment yang menggunakan 9 Amplified Speakers with Subwoofer yang bisa menghasilkan suara musik berkualitas. Ada juga Premium Instrument Cluster bergaya modern di bagian Pengemudi. Fitur ini dilengkapi dengan pengendali medan yang mudah diatur di bagian setirnya.

Selain itu ada fitur Voice Command dengan teknologi Uconnect System yang menggunakan bluetooth. Fitur hiburannya telah kompatibel dengan Android maupun iPod untuk hands free phone, streaming audio, voice command, dan text message. Namun, fitur ini belum kompatibel dengan iPhone. Ada pula touchscreen dengan ukuran 8.4 inch yang menampilkan panel fitur Radio, Aux, Remote USB, dan SD. Selain itu, ada pula Sistem Start-stop yang bisa membuat OtoFriends mudah menyalakan dan mematikan mesin.

Itu dia spesifikasi Jeep Cherokee 2022. Selanjutnya, kita akan membandingkan dengan generasi pendahulunya, yaitu Jeep Cherokee XJ.

Tampil Keren dan Klasik dengan Jeep Cherokee XJ 

Jeep Cherokee XJ adalah generasi kedua dari Cherokee yang unit bekasnya masih banyak dicari di Indonesia. Mobil ini diluncurkan pada 1984 di Amerika Serikat, tetapi baru masuk ke Indonesia pada 1994. Saat diluncurkan, mobil ini tersedia dalam dua varian, yaitu Limited dan Sport.

Spesifikasi Jeep Cherokee XJ

Mesin Jeep Cherokee XJ memiliki kapasitas tinggi, yaitu 4.000 cc dengan bahan bakar bensin. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan untuk varian Limited dan manual 5 percepatan untuk varian Sport.

Pada 1996, Jeep Cherokee sudah menggunakan rem ABS. Jok belakangnya juga menggunakan head rest. Bagasinya dilengkapi dengan cargo screen. Overfender depan mobil ini lebih lebar.

Baca juga: Harga Mobil Rubicon Baru dan Bekas, SUV Idaman Petualang

Kemudian, pada 1997, Jeep Cherokee XJ menggunakan mesin yang lebih kecil, yaitu 2.500 cc 4 silinder dengan transmisi manual 5 percepatan. Kemudian pada 1997-1998, mobil ini melengkapi fitur keamanannya dengan airbag. Harga Jeep Cherokee XJ bekas saat ini masih cukup tinggi. Untuk keluaran 1994-1996 saja masih dibanderol di angka Rp275 juta sampai dengan Rp345 juta.

Harga Terbaru Jeep Cherokee 2022

Mengingat pembaruan pada Jeep Cherokee terlihat begitu atraktif dengan fitur yang canggih, tidak heran jika mobil ini dibanderol dengan harga cukup fantastis, yaitu Rp1,52 miliar – Rp1,62 miliar.

Kelebihan dan Kekurangan Jeep Cherokee

Beberapa kelebihan dan kekurangan Jeep Cherokee 2022 ini akan Otoklix informasikan sebagai bahan pertimbangan bagi OtoFriends yang ingin meminang mobil ini.

Kelebihan Jeep Cherokee

  • Desainnya unik, terutama pada bagian pintu.
  • Memiliki fitur yang lengkap dan canggih, mulai dari sistem entertainment sampai fitur keselamatan.
  • Performa mesin yang tangguh. Meskipun tidak sebesar Jeep Cherokee XJ pada awal peluncuran, tetapi dengan mesin 2.4 liter ini Jeep Cherokee 2022 bisa menunjukkan performa terbaiknya.
  • Terdapat dua pilihan mesin, yaitu 2.4 liter dan 2.0 liter.
  • Interior yang nyaman, apalagi dilengkapi dengan bahan pelapis jok dan setir yang terbuat dari material kulit premium.

Baca juga: Deretan 12 Mobil Offroad Keren dan Tangguh Buat Adventure

Namun, di balik kelebihan itu, ada juga beberapa kelemahan Jeep Cherokee, yaitu sebagai berikut.

  • Putaran setirnya agak berat.
  • Bodi yang bongsor membuat pengemudi kesulitan mencari lahan parkir di area yang padat atau menyalip di lalu lintas yang ramai. Namun, mobil ini memang cocok digunakan berkendara jauh melintasi jalan tol.
  • Konsumsi bahan bakar yang cukup boros.

Itu dia pembahasan tentang Jeep Cherokee 2022 dan kita juga sudah membandingkannya dengan Jeep Cherokee XJ. Jadi, ingin mencicipi model terbarunya atau ingin tampil klasik dengan model Jeep Cherokee XJ?

Pastikan untuk merawat mobil OtoFriends secara rutin di bengkel terdekat. Pengecekan yang perlu dilakukan di antaranya meliputi ganti oli, tune up, servis AC, dan juga menjaga kebersihan mobil dengan cuci maupun detailing. Otoklix punya 2.000+ jaringan bengkel umum se-Jabodetabek yang bisa dijadikan pilihan. Install aplikasinya sekarang!

Pertanyaan Seputar Jeep Cherokee

Harga Jeep Cherokee 2022 berkisar Rp1,52 miliar sampai dengan Rp1,62 miliar.

Jeep Cherokee dibekali dengan mesin berkapasitas 2.4 liter yang mampu menghasilkan tenaga 183 hp. Mesin ini bisa berakselerasi sampai 100 km/jam hanya dalam 10.4 detik. Kecepatan maksimalnya mencapai 196 km/jam.

Konsumsi bensin Jeep Cherokee adalah 9.3 liter untuk berkendara di dalam kota dan 12.3 liter untuk berkendara ke luar kota dan melintasi jalan tol.