Di pertengahan tahun 2022, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah resmi meluncurkan Daihatsu Sigra yang dibekali dengan dua pilihan mesin, 7 pilihan warna dan penyegaran di bagian eksterior, interior, performa mesin, hingga fitur-fitur pelengkap.

Meskipun rilisnya berbarengan dengan rivalnya yakni Toyota Calya, kendati demikian tidak menghilangkan minat dan segmentasi pasarnya yang sedang menunggu penyegaran Daihatsu Sigra di generasi terbarunya ini. Mobil yang termasuk ke dalam kelas Low MPV ini dijual mulai dari Rp129 jutaan hingga Rp175 jutaan.

Tak heran bila mobil Sigra menjadi pilihan mobil keluarga, khususnya karena harganya yang terjangkau. Apa saja penyegaran yang disematkan Daihatsu dan Astra? Yuk, intip spesifikasi New Daihatsu Sigra 2022.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Desain Eksterior Daihatsu Sigra

Cukup banyak bagian eksterior mobil Daihatsu Sigra terbaru ini mendapat penyegaran. Desain yang disematkan untuk setiap tipe mobilnya pun berbeda-beda namun tetap memiliki kesan dinamis. 

Aksen dinamis tersebut mulai dari lekukan tiga dimensi di bagian depan yang terdiri dari dua grille berbentuk trapesium dengan sentuhan finishing hitam, fog lamp diselimuti panel black gloss dengan desain vertikal asimetris, dan aksen garnish chrome sebagai tempat menyimpan emblem logo di bagian upper grille.

Sedangkan untuk masing-masing tipe, penyegaran yang disematkan untuk tiap tipe model berbeda. Mobil Sigra tipe M memiliki desain Smoked LED Headlamp, Shark Fin Antenna, dan auto rear wiper. 

Adapun penyegaran pada mobil tipe R dan R Deluxe memiliki konsep desain Dark Grille with Chrome Ornament, Electric & Retractable Black Outer Mirror with Turn Lamp, dan desain velg baru berukuran 14 inci.

Desain Interior Daihatsu Sigra

Mobil LCGC yang mampu menampung penumpang maksimal 7 orang ini tidak terlalu mengalami banyak pembaruan di bagian desain interiornya. 

Interior Sigra khususnya Daihatsu Sigra Facelift masih sama yakni desain dashboard yang dikombinasikan dengan model melingkar pada sistem kemudi. Hanya saja, pilihan warna interiornya memilih konsep two-tone antara dark dan light grey.

Masih sama seperti desain eksterior, untuk interiornya sendiri Sigra memberikan penyegaran di tiap-tiap tipe berbeda-beda. Pada tipe mobil R dan R Deluxe head unitnya telah dilengkapi dengan touch screen dan fitur infotainment seperti radio, FM, bluetooth dan USB.

Untuk tipe Daihatsu Sigra mulai dari tipe M juga telah dibekali rear air circulator dan multi information display. Sedangkan AC mobil sendiri didesain dengan sistem ergonomis dan tempat penyimpanan smartphone khusus di bawah knop AC mobil.

Beralih ke bagian jok mobilnya, model yang digunakan masih menggunakan desain model pre-facelift dengan pemilihan warna material jok penumpang jadi warna grey. 

Di bagian jok penumpang baris kedua dan ketiga dibekali juga headrest adjustable untuk interior Sigra tipe R dan R Deluxe dan fitur one-touch tumble untuk mengakses baris ketiga. Kapasitas bagasi mobil Daihatsu Sigra 2022 masih sama yakni 263 liter.

Baca juga: 12 Rekomendasi Oli Mobil Sigra dan Kapasitas Olinya

Performa Mesin Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 2022 menawarkan dua pilihan mesin yakni mesin 1.0 L 3-silinder yang menggunakan mesin dengan kode 1KR-VE VVT-i dan mesin 1.2 L 4-silinder dengan kode mesin 3NR-VE Dual VVt-i.

Kapasitas mesin 1.0 L dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 67 Ps pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 89 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Sedangkan kapasitas mesin 1.2 L disandingkan dengan dua pilihan transmisi yakni transmisi otomatis 4-percepatan dan transmisi manual 5-percepatan mampu menghasilkan tenaga maksimal 87 Ps pada putaran 6.000 rpm dengan capaian torsi maksimal 109 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Performa mesin mobil LCGC ini terbilang baik sekalipun ada sedikit masalah saat melakukan akselerasi karena telah dibekali dengan suspensi depan macpherson strut dan suspensi belakang independent torsion axle beam. 

Per di bagian belakang mobil ikut diganti untuk meningkatkan kekuatan kaki-kaki mobil saat menampung 7 penumpang. Dengan mengganti per itu pula yang membuat kita tetap merasa nyaman saat melakukan suspensi di permukaan jalan beraspal dan lebih percaya diri saat melakukan manuver.

Baca juga: Pilihan dan Harga Ban Mobil Sigra Berbagai Merek

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, Daihatsu Sigra terbaru diklaim mampu menempuh 20 km per liter. Hal ini mengacu pada hasil tes Daihatsu Sigra tipe R Deluxe M/T saat melaju di ibu kota selama 200 km. Tercatat penggunaan bahan bakarnya sebesar 14 km per liter. Akan tetapi, konsumsi bahan bakar ini tergantung bagaimana kita berkendara.

Fitur Daihatsu Sigra

Fitur keamanan dan keselamatan pada mobil Sigra terbaru ini terbilang cukup lengkap untuk mobil LCGC atau LMPV. Kerangka mobilnya sendiri menggunakan platform Total Advance Function atau TAF Body sehingga tetap kokoh dan kuat saat menahan benturan dari depan dan samping (side impact beam).

Fitur-fitur yang terbaru yang disematkan pada mobil Sigra lainnya diantaranya front corner sensor, rear parking sensor, immobilizer, new rear parking camera, front seat belt with pretensioner & force limiter, dan yang paling penting dual SRS airbags.

Untuk sistem pengereman mobil, Daihatsu Sigra juga telah dibekali dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD).

Baca juga: Daftar Mobil LCGC Beserta Spesifikasinya, Mulai Rp100 Jutaan

Harga Daihatsu Sigra

Harga Daihatsu Sigra 2022 dimulai dengan harga Rp131 jutaan untuk tipe mesin 1.0 L sedangkan tipe mesin 1.2 L dimulai dari harga Rp151 jutaan.

Pilihan warna yang bisa OtoFriends pilih diantaranya Dark Grey Metallic, Icy White Solid, Ultra Black Solid, Glittering Silver Metallic, Bronze Metallic, Scarlet Red Metallic, dan Orange Metallic.

Dikutip dari situs resminya Daihatsu, berikut ini harga Daihatsu Sigra 2022 OTR Jakarta per November 2022.

Tipe Mobil Daihatsu SigraHarga Mobil Daihatsu Baru
Daihatsu Sigra 1.0 D MTRp131,5 juta
Daihatsu Sigra 1.0 M MTRp142,1 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MTRp151,8 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLXRp157,4 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X ATRp165,1 juta
Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLXRp170,6 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MTRp158,5 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLXRp162,3 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R ATRp173,3 juta
Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLXRp174,7 juta

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra

Sebagai bahan pertimbangan OtoFriends saat memutuskan membeli mobil Daihatsu Sigra 2022 terbaru, berikut ini kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Sigra.

Kelebihan

Berikut ini kelebihan mobil Daihatsu Sigra 2022, di antaranya:

  • Harga Daihatsu Sigra 2022 terjangkau.
  • Ruang kabin yang cukup luas.
  • Konsumsi bahan bakar yang irit.
  • Fitur keselamatan lengkap.
  • Fitur ABS dan EBD pada sistem pengereman.

Kekurangan

Berikut ini kekurangan mobil Daihatsu Sigra 2022, di antaranya:

  • Performa mesin kurang bertenaga.
  • Fitur infotainment yang minimalis.
  • Penggunaan material yang kurang baik.
  • Potensi suspensi akan amblas saat over kapasitas.

Itulah informasi mengenai mobil Daihatsu Sigra 2022 yang sudah resmi dirilis pada Juli 2022. Untuk informasi seputar dunia otomotif seperti cara perawatan mobil, bengkel servis mobil atau biaya servis, OtoFriends bisa langsung mencari tahu di situs otomotif.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Daihatsu Sigra

Harga Daihatsu Sigra 2022 untuk tipe mesin 1.0 D MT Rp131,5 juta, Sigra 1.0 M MT Rp142,1 juta, tipe mesin 1.2 X MT Rp151,8 juta, Sigra 1.2 X AT Rp165,1 juta, Sigra 1.2 R MT Rp158,5 juta, Sigra 1.2 R AT Rp173,3 juta.

Harga Daihatsu Sigra 2022 termurah adalah mobil Sigra tipe 1.0 D MT dengan harga Rp131,5 juta.

Harga Daihatsu Sigra matic untuk tipe 1.2 X AT sebesar Rp165,1 juta dan Sigra 1.2 R AT sebesar Rp173,3 juta.