Anime legendaris, Initial D bakal hadir kembali ke layar kaca di 2023 ini. Kemunculannya mengingatkan para pecinta anime dengan mobil tua ikonik kelahiran 1983, Toyota AE86 atau Toyota Corolla Sprinter Trueno.  

Toyota AE86 merupakan mobil Takumi Fujiwara, yang merupakan siswa SMA, anak dari seorang penjual tahu. Dalam kisahnya di Initial D, Takumi bekerja paruh waktu di siang hari sebagai petugas SPBU dan membantu ayahnya jualan di malam hari. 

Mengendarai Toyota AE86-nya, Takumi gigih mengantarkan tahu dari toko ayahnya setiap dini hari sebelum matahari terbit. Sebab itu kemampuan mengemudinya terasah dengan baik. 

Bukan sembarang mobil tua, Toyota AE86 memiliki spesifikasi mumpuni di zamannya. Berikut spesifikasi lengkap Toyota AE86 mobil Takumi Fujiwara. 

Baca Juga: Lengkap! Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid dan Harganya

Spesifikasi Toyota AE86

Perlu diketahui, Sprinter merupakan varian sporty sedan Toyota Corolla yang eksklusif hanya dijual di Jepang. Panggilan AE86 untuk mobil ini berasal dari kode internal Toyota di mana ‘A’ menunjukkan seri mesin 4A, lalu ‘E’ berarti basis desain dari Corolla. 

Sementara itu, pada ‘8’ merujuk ke E80 penamaan generasi kelima Corolla, dan ‘6’ artinya varian keenam di generasi lima.

Toyota AE86 atau Sprinter Trueno memiliki dua pilihan mesin, yaitu 3A-U 1.500 cc dan 4A-GEU 4-silinder segaris 1.600 cc DOHC 16 katup. Tenaga mobil ini dapat mencapai 128 hp dengan torsi 149 Nm.

Selain itu, terdapat pula pilihan bodi Sprinter Trueno, yakni Coupe 2 pintu dan liftback 3 pintu. AE86 dibekali suspensi terbaik di masanya. Terdapat Four-link live axle dengan per coil di bagian depan sehingga dapat meredam getaran dengan baik. 

Bukan sembarang mobil tua, Toyota AE86 kini menjadi incaran kolektor di Indonesia. Bahkan, harga Sprinter Trueno cukup fantastis mencapai ratusan juta. 

Baca Juga: Intip Rekomendasi Muscle Car, Mobil Langka yang Jadi Idaman

Mobil Langka Incaran Kolektor

Pada 2022 lalu, negara pernah melelang mobil ini hingga laku tembus Rp1 miliar. Sebagai informasi, mobil ini merupakan hasil tegahan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau atas pelanggaran Pasal 102(B) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan. 

Mobil tersebut diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat.

Tak butuh waktu lama, dalam waktu satu jam tawaran terhadap Toyota AE86 mencapai 63 orang. Animo masyarakat yang hobi koleksi mobil cukup tinggi, membuat penawaran terus melonjak dari limit Rp96,9 juta hingga mencapai Rp1,036 miliar atau naik sebesar 1.072 persen.

Harga Toyota AE86

AE86 kini menjadi buruan kolektor mobil di Indonesia. Peredarannya tergolong misterius membuat saat ini harganya tembus dari Rp400 juta.

Selain itu, di sejumlah platform jual-beli mobil online, terdapat beberapa user menjual Toyota AE86 full modifikasi dengan harga mencapai Rp500 jutaan. 

Perawatan mobil tua tentu tidaklah mudah. OtoFriends harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya dan jangan sampai salah tangan saat ingin service mobil tua kesayangan. 

Sebab itu, service mobil di bengkel terpercaya dengan teknisi profesional yang dapat ditemukan dengan mudah di aplikasi Otoklix. Terdapat 2.000+ mitra Otoklix siap mengatasi permasalahan mobil Anda. 

Dapatkan sekarang aplikasi Otoklix yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Nikmati beragam fitur, seperti layanan booking online agar tak perlu antre lama di bengkel. 

Otoklix juga memiliki fitur peta pada website yang akan membantu OtoFriends menandai lokasi. Selanjutnya, Otoklix akan merekomendasikan bengkel mobil terdekat. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Mobil Takumi Fujiwara

Initial D bakal hadir kembali ke layar kaca di 2023 ini. Kemunculannya mengingatkan para pecinta anime dengan mobil tua ikonik kelahiran 1983, Toyota AE86.

Anime legendaris, Initial D bakal hadir kembali ke layar kaca di 2023 ini. Kemunculannya mengingatkan para pecinta anime dengan mobil tua ikonik kelahiran 1983, Toyota AE86 atau Toyota Corolla Sprinter Trueno.

AE86 kini menjadi buruan kolektor mobil di Indonesia. Peredarannya tergolong misterius membuat saat ini harganya tembus dari Rp400 juta.