Mobil terlaris 2022 dipegang oleh Toyota Avanza. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota Avanza pada Januari-November 2022 tercatat 55.581 unit. Berikut daftar mobil terlaris 2022 di Indonesia!

Daftar mobil terlaris 2022 di Indonesia

1. Toyota Avanza

Terjual 55.581 unit, Toyota Avanza menawarkan eksterior yang elegan dan modern. Mobil ini cocok digunakan di jalanan perkotaan maupun pedesaan karena memiliki wheelbase sepanjang 2.655 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Dari sisi interior, Toyota Avanza memiliki ruang kabin yang luas. Selain itu, terdapat dasbor dengan konsep New Grey Aesthetic Ambience Dashboard Design dan kursi dengan konsep New Fine Seat Cover Color. Ada pula fitur hiburan menggunakan Head Unit dengan New Premium Touch Screen serta Emergency Call, T-Link (USB Mirroring), Bluetooth, DVD Player, USB Connection, iPad/iPhone Connectivity, dan 6 speakers.

Dari sisi keamanan, Toyota Avanza dilengkapi fitur keselamatan Dual SRS (Supplemental Restraint System) Airbags yang melindungi penumpang dari benturan keras, serta  Front Passenger Seat Belt Warning. Kemudian, terdapat fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan Side Impact Beam.

2. Honda Brio

Honda Brio terjual 55.129 unit. Mobil Honda Brio terbaru didesain ala kapsul yang lebih sporty dan modern. Pada bagian eksterior telah dilengkapi lampu freed dan spoiler yang terintegrasi dengan high mount stop lamp panjang.

Sementara, bagian interior dilengkapi head unit layar sentuh seluas 6,1 inci. OtoFriends bisa memutar lagu favorit melalui CD/DVD, AM/FM Radio, iPod/iPhone, bluetooth, dan USB.  Honda Brio juga dilengkapi tweeter yang membuat kualitas suara dari audio terdengar jernih.

3. Suzuki Carry

Berhasil terjual 49.080 unit, Suzuki Carry terbaru dilengkapi mesin berkode G15A berkapasitas 1.493 cc, serta 4 silinder segaris yang bisa mengeluarkan tenaga 78,8 hp dengan torsi 120 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda bagian belakang lewat transmisi manual 5 percepatan. Selain itu, Suzuki Carry juga memiliki dimensi panjang 3.875 mm, lebar 1.570 mm, dan tinggi 1.915 mm.

4. Daihatsu Sigra

Mencatat angka penjualan 44.692 unit, Daihatsu Sigra menonjol dengan desain stylish dan elegan. Ruang kabinnya juga luas dan dapat menampung hingga tujuh penumpang. Mobil LCGC ini menggunakan mesin mesin 1.0 liter atau 1.2 liter VVT-i dengan kapasitas 1.000 cc atau 1.200 cc, tergantung tipe.

Ada berbagai tipe Daihatsu Sigra yang bisa dipilih, di antaranya tipe 1.0 D MT, 1.0 M MT, 1.2 X MT, 1.2 R MT, 1.2 X AT, dan 1.2 R AT. Mesin yang digunakan juga berbeda-beda, yakni 1.0 liter dan 1.2 liter

Berbagai tipe tersebut terbagi atas kategori mesin yang diusung, yaitu 1.0 liter yang mengusung transmisi manual 5-percepatan dan 1.2 liter mengusung transmisi manual dan otomatis.

Baca juga: Daftar 13 Pilihan Mobil SUV Terbaik dari Berbagai Merek

5. Daihatsu Gran Max Pick-up

Pickup Trucks terbaru dari Daihatsu, yakni Gran Max PU, tersedia dalam delapan tipe. Tipe paling tinggi dilengkapi mesin Petrol 1495 cc yang dapat menghasilkan tenaga sampai 96 hp serta torsi puncak 134 Nm.

Dilengkapi tangki bahan bakar 43 liter, konsumsi BBM mobil ini mencapai mencapai 12,5 km / liter untuk tipe pikap, 13,3 km / liter untuk tipe van dengan transmisi manual, dan 13,5 km / liter untuk van bertransmisi otomatis. Grand Max Pick-up terjual 23.081 unit

6. Mitsubishi Xpander

Terjual 44.110 unit, Mitsubishi Xpander tersedia dalam berbagai tipe, mulai GLX, GLS, Exceed matic dan manual, Sport, dan Ultimate. Dapur pacu Xpander juga tidak perlu diragukan.

Mobil ini memiliki mesin dengan kapasitas 1.499 cc, 4 silinder, MIVEC, serta DOHC yang menghasilkan tenaga sebesar 103 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

7. Toyota Kijang Innova

Terjual 40.926 unit, Toyota Kijang Innova hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Varian mesin diesel paling disukai masyarakat karena konsumsi bahan bakar lebih irit. Toyota Kijang terbaru dilengkapi mesin diesel 2GD-FTV yang memiliki kapasitas 2.393 cc 4-silinder DOHC. Mesin berteknologi VNT Intercooler itu juga memiliki tenaga puncak 146,9 hp serta torsi puncak 359,9 Nm.

8. Toyota Rush

Terjual 41.470 unit, Toyota Rush hadir dengan dimensi besar dan kokoh, yakni panjang panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Selain itu, mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda sekitar 2.685 mm dan ground clearance 220 mm.

Hadir dalam tampilan baru yang lebih sporty, Toyota Rush dilengkapi Advanced Tech LED di lampu utama bagian depan, serta lampu bagian belakang menggunakan Integrated LED Rear Combination Lamp yang minimalis dan elegan.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik 2022 Harga Rp100 Jutaan Irit BBM

9. Toyota Calya

Terjual 39.713 unit, Toyota Calya memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Selain itu, jarak sumbu roda tercatat 2.525 mm. Dengan ground clearance 180 mm, mobil ini bisa melewati medan jalan terjal. Terdapat tujuh warna Toyota Calya yang tersedia, yakni putih, hitam, silver, abu-abu, merah, jingga, dan bronze.

Selain itu, Toyota Calya terbaru memiliki desain front grille yang lebih besar dengan tiga garis, serta aksen dark chrome pada tipe G. Tampilan lampu utama dengan LED ini juga mengesankan dinamis dan atraktif.

10. Toyota Veloz

Terjual 31.461 unit, Toyota Veloz berukuran panjang 4.200 mm, lebar 1.650 mm, dan tinggi 1.695 mm dengan ground clearance setinggi 200 mm dan bobot 1.085 kg. Mobil dengan dimensi tersebut sangat cocok dijadikan mobil keluarga.

Dilengkapi New Alloy Wheel Design berukuran 15 inci, Toyota Veloz memiliki tampilan maskulin dan sporty. Di bagian depan, terdapat desain radiator grille dengan pemanis dark chrome. Sementara, di bagian belakang terdapat desain ornamen yang mewah.

Baca juga: Daftar Merek Mobil dan Asal Negaranya yang Paling Laris

Itulah daftar mobil terlaris 2022 di Indonesia yang dapat dijadikan pilihan oleh OtoFriends. Dengan beragam spesifikasi di atas, OtoFriends dapat memilih mobil sesuai kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Terpenting, jangan lupa untuk selalu merawat mobil secara rutin di bengkel terdekat. OtoFriends dapat memanfaatkan aplikasi Otoklix untuk booking online.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar mobil terlaris 2022 di Indonesia

Mobil terlaris di Indonesia diduduki oleh Toyota Avanza, Honda Brio, Suzuki Carry, Daihatsu Sigra, Daihatsu Gran Max Pick-up, Mitsubishi Xpander, Toyota Kijang Innova, Toyota Rush, Toyota Calya, dan Toyota Veloz.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Focus2Move, peringkat merek mobil terlaris dunia diraih oleh Toyota. Merek mobil tersebut berhasil memimpin pasar otomotif global. Merek mobil terkenal setelah Toyota adalah Volkswagen dan Honda.

Pemilik mobil pertama di Indonesia adalah Pakubuwono X, Raja Keraton Kasunanan Surakarta. Dia adalah raja yang paling berpengaruh sepanjang masa. Pakubuwono naik tahta pada 30 Maret 1893.