Mobil Suzuki New Ertiga hadir di industri otomotif dengan tujuh varian. Di antaranya tipe GA, GL, GX dan terbaru Suzuki Ertiga Sport. Harga mobil Ertiga juga bersaing di pasar MPV tanah air. Berikut informasi lengkap terkait harga mobil Ertiga beserta fitur yang ditawarkan.

Harga Suzuki Ertiga

Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut estimasi harga mobil Ertiga:

  • ALL NEW ERTIGA GA – MT: Rp244,1 juta
  • ALL NEW ERTIGA GL – MT: Rp244,5 juta
  • ALL NEW ERTIGA GL – AT: Rp255,1 juta
  • ALL NEW ERTIGA GX – MT: Rp258,8 juta
  • ALL NEW ERTIGA GX – AT: Rp269,8 juta
  • SUZUKI ERTIGA SPORT MT: Rp242,8 juta
  • SUZUKI ERTIGA SPORT AT: Rp252,6 juta

Harga di atas merupakan harga on the road Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Suzuki Ertiga

1.       Interior

Kabin Suzuki Ertiga tampak mewah begitu kita masuk ke dalam. Untuk tipe GX, terdapat dashboard triple-tone, yakni hitam pada bagian atas, finishing kayu pada bagian tengah, dan beige di bagian bawah. Dashboard triple-tone ini menjadi pembeda dari LMPV lain yang terkesan biasa saja.

Dashboard tersebut juga memiliki head unit layar sentuh ukuran 8 inci beserta remote. Selain itu, di bawahnya ada pengontrol AC digital disertai fitur Auto-Climate dan heater untuk varian GX, serta pengontrol AC digital untuk varian GL. Kemewahan tersebut juga dilengkapi dengan USB & AUX socket untuk koneksi smartphone. Kemudian, ada juga ventilated cup holder yang bisa mendinginkan minuman.

Untuk pengemudi, Suzuki Ertiga memberikan kenyamanan berupa fitur pengaturan audio dan bluetooth telephony. Posisi setir juga dapat diatur walaupun sekadar tilt. Model setir pada mobil Ertiga adalah D-Shaped dengan aksen kayu di bawahnya. Sementara itu, di balik setir juga terdapat speedometer yang didesain dengan MID. Ada berbagai informasi yang ditampilkan, mulai konsumsi BBM, jam digital, trip meter, odometer, dan indikator bensin.

Suzuki Ertiga merupakan LMPV tiga baris. Pada akses baris ketiga dapat dilakukan pelipatan format 60:40. Kemudian, pada facelift mobil terdapat arm rest di baris kedua. Apabila ketiga kursi dibuat tegak, kapasitas bagasi mencapai 153 liter.  Apabila kursi baris ketiga dilipat, kapasitas bagasi mencapai 550 liter dan maksimal 880 liter.

Baca Juga: Biaya Service Mobil Suzuki Ertiga, Termurah di Kelasnya

2.       Eksterior

Pada sisi depan, tampak front grille dengan pattern gerigi yang dibalut aksen krom. Selain itu, desain lampu juga tampak modern dengan reflektor yang bentuknya tajam di ujung. Pada Ertiga jenis GX dan GL, lampu yang dipakai bukan lagi halogen, melainkan foglamp.

Pada bagian samping, pelek dual-tone tampak lebih sporty dengan ukuran 15 inci. Pada Ertiga jenis GX, lampu belakang tampak futuristik dengan kehadiran LED Rear Combination Lamps. Fitur lainnya adalah rear defogger (GX), LED High Mount Stop lamp, dan Rear Camera Harness (GX).

3.       Fitur keselamatan

Soal keamanan, Suzuki Ertiga memiliki Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) sebagai standar. Pada Suzuki Ertiga Sport, terdapat fitur Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Hold Control (HHC).

Selain fitur ABS dan EBD, Suzuki Ertiga juga memiliki fitur keamanan pasif seperti Dual-SRS Airbag sebagai standar. Kondisi kabin juga lebih aman dengan penggunaan platform HEARTECT yang kokoh namun ringan.

Mesin dan performa Suzuki Ertiga

  1. Mesin Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga memiliki mesin inline-4 DOHC VVT dengan kapasitas 1.462cc berkode K15B. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 102 HP pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Ada dua pilihan transmisi yang dihadirkan mesin ini, yakni Manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan.

Baca Juga: Spesifikasi untuk Oli Mobil Suzuki Ertiga dan Rekomendasinya

  1. Performa dan handling Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Ertiga bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,4 detik. Karena didukung transmisi otomatis 4-percepatan, tenaga mesin yang disalurkan ke roda depan terasa halus dan efisien. Terkait handling, setirnya memang minim feedback, namun Electronic Power Steering (EPS) dapat memudahkan penggunaan sehari-hari.

  1. Konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga

Konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga sekitar 30km/liter dengan teknik eco driving. Secara umum, konsumsi bensin dalam kota mencapai 12,3 km/liter untuk pemakaian dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Di jalan tol, konsumsi bensin mencapai 17 km/liter dengan penggunaan konstan di 100 km/jam.

Itulah informasi terkait harga mobil Ertiga beserta spesifikasinya yang dapat dipertimbangkan. Apabila OtoFriends berminat membeli mobil Ertiga, pastikan pilih tipe mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial, ya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan service secara berkala.

Agar terbebas dari antrian service mobil, OtoFriends bisa melakukan reservasi bengkel umum melalui aplikasi booking service Otoklix. Aplikasi tersebut akan membantu OtoFriends menemukan bengkel terdekat atau layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil.

Saat ini Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek. Jangan khawatir soal harga karena akan diberi tahu di awal booking. Apabila harga di lokasi berbeda dengan harga booking, OtoFriends dapat melakukan refund 100%.