Bagi para pengguna mobil, dinamo starter memiliki peran yang vital, sebab dapat membantu efisiensi saat menghidupkan mobil. Oleh sebab itu, OtoFriends bisa mengetahui ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak.

Jika dinamo mobil semakin lemah, tentunya akan membuat mobil sulit untuk distarter. Karena jika tidak segera diperbaiki, kerusakan bisa menyebar ke sejumlah komponen mesin lainnya.

Tentunya hal ini tidak membuat kalian tenang ketika berkendara. Kerusakan dinamo starter mobil berpotensi menyebabkan mobil mogok mendadak. 

Kondisi ini tentunya dapat menghambat kegiatan kalian. Tentunya OtoFriends tidak ingin mengalami hal tersebut ketika mengendarai mobil kesayangan kalian bukan ?

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Jika Dinamo Starter Mobil Bermasalah

Ciri-ciri Dinamo Starter Mobil Rusak

Bagian dinamo starter mobil yang rusak sebetulnya sangat mudah untuk dideteksi, karena ada berbagai tanda atau ciri ciri yang menjadi indikasi yang akurat. Oleh sebab itu, berikut ciri-ciri dinamo starter mobil rusak.

Mesin Sulit untuk Distarter Dalam Keadaan Panas

Ciri pertama pada dinamo starter yang rusak adalah mesin sulit distarter dalam keadaan panas, atau baru dipakai. Ketika mobil dibiarkan terparkir dalam waktu yang cukup lama atau mesin dingin, maka mesin akan lebih mudah untuk dinyalakan dan mesin tidak akan menunjukkan gejala apapun.

Jika anda kesulitan menstarter mobil saat mesin mobil dalam keadaan panas, tentunya hal ini dikarenakan tahanan koil yang semakin banyak.

Ketika panas mesin mengenai badan solenoida, nilai resistansi pada kumparan akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan tidak akan dapat mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan.

Ketika arus listrik tersumbat atau tersendat, otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

Terdengar Bunyi Mendengung

Mesin mengeluarkan suara dengung, juga bisa menjadi ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh arus listrik tidak mampu menuju solenoid untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel.

Kegagalan itu biasanya disebabkan oleh arus listrik rendah yang dihasilkan oleh baterai yang kehabisan daya atau karena sambungan listrik di sepanjang rangkaian starter yang buruk. Hal ini juga meliputi sambungan baterai (terminal baterai) yang mengalami korosi.

Selain itu, Adanya sebuah bunyi yang gemeretak biasanya juga menjadi ciri dinamo starter yang rusak.  Hal ini karena adanya kaitan antara gigi pada gear pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. 

Ketika Anda menemukan dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang gemeretak. Pada saat suaranya semakin keras, itu tandanya kerusakan yang terjadi sudah sangat parah.

Faktor lain yang sering terjadi yaitu munculnya suara yang sangat mendesing ketika mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi yang mendesing akan terjadi saat bearing one way yang ada di bagian pinion gear mengalami kerusakan.

Lampu Depan Mobil Mati Mendadak

Gejala dinamo starter mobil yang rusak selanjutnya adalah lampu depan mobil mati mendadak. Kemungkinan hal ini bisa disebabkan oleh baterai atau aki yang sudah mulai melemah, bahkan mati. 

Kemungkinan lain juga bisa disebabkan rangkaian terbuka (open circuit) pada starter mobil kalian. Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan sambungan (terminal) yang mengalami korosi (biasanya sambungan aki) yang menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter atau sistem lainnya.

Aki Lemah Atau Soak 

Masalah lain yang timbul yang menunjukkan ciri-ciri dinamo starter mobil rusak bisa dikarenakan aki atau baterai lemah, bahkan benar-benar mati. Dampaknya menyebabkan starter jadi lambat dan tidak mengangkat sistem pengapian.

Dalam hal ini kalian mungkin akan mendengar suara seperti menggeram “RRR-RRR-RRR”. Jika voltasenya jauh menurun, bunyinya akan menjadi putus-putus “K-K-K” atau “cetek cetek”.

Apabila voltasenya lebih menurun lagi, bisa jadi tidak ada suara lagi yang keluar. Untuk itu kalian wajib mengecek kondisi aki mobil kalian secara rutin ya.

Mobik Tak Bereaksi Ketika Distarter

Ketika adanya reaksi dari sebuah dinamo starter, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda kalau dinamo starter sudah mengalami kerusakan karena tidak kuat memutar mesin. Kemungkinan terbesar penyebab kerusakan adalah putusnya sekring di bagian dinamo.

Sekring yang terputus biasanya akan menandakan bahwa jalur kelistrikannya akan mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut biasanya akan memicu munculnya carbon brush dan gulungan tembaga yang biasanya akan ikut terbakar.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dan Penyebabnya

Cara Perbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak

OtoFriends setelah mempelajari ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak, selanjutnya ada baiknya juga mengenal cara memperbaikinya.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Soket Dinamo Starter

Ketika Anda mendapati bahwa starter mobil tidak berfungsi dengan baik, namun bagian lampu indikator pada dashboard menyala dan berkedip, maka ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.

Selanjutnya pastikan kalian melakukan pemeriksaan di bagian soket yang otomatis terdapat pada dinamo starter. Biasanya kalian akan menemukan suatu kabel berukuran kecil yang biasanya terhubung ke bagian dinamo starter.

Selanjutnya, kalian juga bisa memeriksa di bagian sekring yang terdapat di bagian relaynya. Ketika OtoFriends melakukan starter relay terdapat bunyi seperti klek, maka kemungkinan besar kerusakan bukan berasal dari bagian relay atau sekering.

Jika menemukan permasalahannya terlalu parah, maka harus segera membawa mobil ke bengkel dan pastikan kalian datang ke bengkel yang resmi, agar pelayanan lebih terjamin.

Kabel Aki wajib Selalu Diperiksa

Jika Anda menyalakan mobil dan semua kontrol pada mobil juga mati, maka mobil tersebut memiliki permasalahan di bagian kabel aki. Untuk itu, pastikan kalian melakukan pemeriksaan setrum mobil, apakah kabel aki bekerja dengan baik dan perbaiki apabila ada beberapa bagian yang longgar. Ketika sudah mencoba untuk memperbaikinya dan kondisinya tetap saja, maka kalian harus segera membawa mobil ke bengkel yang terdekat.

Masalah juga bisa terjadi pada berbagai komponen lain di mobil dan masalah tersebut memerlukan perbaikan yang intensif. Pastikan pengerjaan dilakukan oleh teknisi yang sudah profesional, agar hasilnya bisa maksimal.

Baca juga: Mari Mengenal Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil

Penyebab Dinamo Starter Mobil Berat dan Rusak

Sementara itu, penyebab dinamo starter mobil berat dan rusak bisa dikarenakan carbon brush dinamo starter yang sudah habis, aki mobil atau dinamo yang dipaksa untuk bekerja lebih keras. Berikut ini penjelasan masing-masing penyebabnya.

Carbon Brush Dinamo Starter Habis

Carbon brush merupakan komponen mobil di bagian dinamo starter. Saat komponen ini habis atau rusak, maka putaran dinamo jadi lebih lemah dan menimbulkan suara yang kurang nyaman sewaktu mobil distarter. Saat menemukan gejala tersebut, OtoFriends bisa segera memeriksa carbon brush apakah sudah waktunya diganti atau belum.

Aki Mobil Kurang Berfungsi

Aki mobil memiliki peran vital dalam mendukung sistem kelistrikan pada mobil supaya bisa beroperasi dengan benar. Namun, bila aki mobil kurang berfungsi dengan baik maka suplai listrik di dalam mobil dari aki menuju dinamo mobil jadi kurang maksimal. Sejalan dengan itu, maka dinamo starter jadi kurang berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, pentingnya memperhatikan kesehatan aki mobil. Saat terjadi kerusakan atau menurunnya fungsi aki mobil kita bisa segera memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Dinamo Dipaksa untuk Bekerja Maksimal

Penyebab yang terakhir adalah saat kita memaksakan dinamo starter untuk bekerja maksimal padahal sudah jelas bahwa berkali-kali dinyalakan tetap saja mobil tidak menyala. Saat berada pada situasi di mana dinamo sudah distarter tetapi mesin belum mau menyala maka diamkan dulu beberapa saat sampai dinamo starter dingin kembali lalu coba kembali untuk menyalakan.

Pasalnya, bila kita terus memaksakan dinamo starter yang tidak mau menyala tersebut mana kondisi komponen ini akan panas dan berpotensi membakar komponen lain yang berada di sekitarnya. Kalau sudah begitu, maka bukan dinamo starter saja yang rusak melainkan komponen mobil lainnya ikut rusak.

Oleh karena itu, tunggu suhu dinamo turun lalu coba nyalakan kembali. Namun, bila ternyata masih belum mau menyala maka OtoFriends bisa membawanya ke bengkel.

Ciri-ciri Relay Starter Mobil Rusak

Relay starter mobil merupakan komponen pada sistem kelistrikan mobil yang berfungsi sebagai pendukung kerja dinamo starter dengan cara mengamankan dan sebagai saklar elektromagnetik untuk mengaktifkan dinamo starter sehingga dinamo bisa menyalakan mesin mobil.

Dua komponen ini saling terkait satu sama lain sehingga, saat dinamo starter mobil rusak maka relay starter berpotensi rusak juga. Berikut ini ciri-ciri relay starter mobil yang rusak.

1. Dinamo Starter Tidak Bereaksi

Setelah  menemukan ciri dinamo starter motor rusak dan memperbaikinya namun mobil masih belum mau menyala. Maka mungkin saja kerusakan sudah menyambar hingga relay starter mobil. Saat dinamo starter tidak memberikan reaksi setelah kunci kontak dinyalakan, maka itu merupakan gejala bahwa relay rusak.

Biasanya gejala ini akan diikuti dengan panel tanda mesin menyala pada dashboard yang tidak menyala dan timbul suara cetek-cetek.

2. Tak Ada Sambungan Arus Listrik

Ciri-ciri selanjutnya adalah tidak ditemukannya arus listrik atau sambungan arus listrik pada mobil. Karena relay starter termasuk ke dalam sistem kelistrikan mobil, maka saat sistem ini tak bisa beroperasi maka bisa jadi relay starter yang menjadi penyebabnya.

3. Body Relay Menggelembung

Ciri relay starter rusak yang terakhir adalah body relay yang sudah menggelembung. Untuk mengeceknya, kita perlu membuka langsung kotak relay yang bentuknya mirip saklar. Apabila kotak tersebut menggelembung dan berwarna hitam serta terlihat seperti habis terbakar, maka relay starter mobil rusak. Kondisi ini terjadi karena relay overheating.

Harga Dinamo Starter Mobil

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata dinamo starter mobil perlu diganti, maka segera ganti dan beli dinamo starter baru. Untuk perbandingan harga, berikut ini harga dinamo starter mobil dari berbagai merek.

Merek Dinamo Starter MobilHarga Dinamo Starter Mobil
OEM Dinamo Starter Suzuki Futura 1.3 1.5 – APV – Futura InjectionMulai dari Rp470 ribuan
Sport Shot Dinamo Starter for Daihatsu TarunaMulai dari Rp620 ribuan
GP Dinamo Starter Mobil for Mitsubishi T-120SS Injection or Mazda Cronos “G Type”Mulai dari Rp900 ribuan
GP Dinamo Starter Mobil for Toyota Innova Bensin or Kijang 7K Capsul 2.0Mulai dari Rp900 ribuan
GP Dinamo Starter Mobil for Toyota 4KMulai dari Rp1 jutaan
GP GO Dinamo Starter Mobil for Toyota Corolla 1.8Mulai dari Rp1 jutaan
Dinamo starter mitsubishi ps120 4d34Mulai dari Rp1,2 jutaan
GP Dinamo Starter Mobil for Isuzu D-Max New 2008-2017 or D-Max Double Cabin 2005Mulai dari Rp2,2 jutaan
GP Dinamo Starter Mobil for Toyota 2F DieselMulai dari Rp2,5 jutaan
GP Dinamo Starter Mobil for Daihatsu Grand MaxMulai dari Rp8 jutaan

Sedangkan ongkos jasa pemasangan dinamo starter mobil berkisar Rp200 ribuan tergantung dari masing-masing bengkel di daerahnya.

Baca juga: Biaya Service Dinamo Starter Mobil di Bengkel Jika Bermasalah

Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil

Akan tetapi, bila ternyata kita tak perlu mengganti dinamo starter mobil dengan yang baru karena performanya masih cukup bagus, maka OtoFriends bisa memperbaikinya di bengkel mobil terdekat atau bengkel spesialis dinamo mobil.

Biaya perbaikan dinamo starter mobil pun beragam mulai dari Rp400 ribu untuk tingkat kerusakan dinamo yang ringan. Sedangkan untuk dinamo starter yang memiliki tingkat kerusakan terparah maka biayanya bisa mencapai Rp1 juta.

Selain berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga bisa memeriksa kabel aki dengan rutin. Kabel yang ada di mobil memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap permasalahan suatu mobil. Pastinya dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk bisa melakukan pemeriksaan kabel dengan baik dan tepat.

Nah untuk kalian yang ingin melakukan pengecekan rutin terhadap aki dan dinamo starter mobil, kalian bisa mendatangi ribuan bengkel rekanan Otoklix yang bisa dicek di website dan aplikasi resmi kami.

Pertanyaan Seputar Dinamo Starter Mobil 

Tanda-tanda dinamo starter mobil rusak di antaranya mesin mobil sulit dinyalakan, terdengar bunyi dengung, lampu depan mati mendadak, aki lemah dan mobil tidak bereaksi saat distarter.

Saat mobil distarter timbul bunyi tek tek karena arus listrik tidak mampu menuju solenoid untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel.

Penyebab dinamo starter mobil berat dan rusak karena carbon brush aus, aki mobil yang kurang berfungsi dan dinamo starter yang dipaksa bekerja lebih maksimal.