Mengusir tikus di mesin mobil cukup sulit. Pasalnya, hama satu ini ditakutkan dapat membuat sarang di kolong atau kap mobil. Kehadirannya memang bisa membuat beberapa bagian mobil rusak.

Sebab tikus kerap kali menggigit kabel dan beberapa part penting yang ada di dalam mobil. Hal itu dapat mempengaruhi kinerja atau membuat mobil kita mogok.

Selain itu, tikus juga sering meninggalkan kotoran yang menimbulkan bau menyengat di dalam mobil. Tentu hal tersebut tidak ingin kita alami bukan. Oleh karenanya kita bisa melakukan beberapa langkah di bawah untuk mengusir atau mencegah tikus masuk ke dalam mobil kita.

Rutin Menjaga Kebersihan Mesin

Cara mengusir tikus di mesin mobil yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan mesin mobil. Untuk menjaga  kebersihan mesin, setiap pengguna mobil harus selalu mengeceknya secara rutin. Pastikan tidak ada kotoran menempel atau sisa makanan yang dapat mengundang tikus datang.

Jika terdapat bagian mesin yang kotor ada baiknya segera dibersihkan agar tidak mengundang tikus bersarang di mesin mobil kita. Sebab tikus sangat suka untuk berada di lingkungan yang kotor. Jadi jangan lupa menjaga kebersihan dan rutin mencuci mobil ya OtoFriends.

Baca Juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil yang Aman dan Benar

Sering Memanaskan Mesin Mobil

Memanaskan mobil merupakan salah satu cara ampuh untuk mengusir hewan pengerat satu ini. Jika kita memiliki mobil yang jarang digunakan, jangan lupa untuk selalu memanaskan mesinnya setiap hari.

Hal itu agar menjaga suhu di dalam mesin tidak lembab dan mengundang tikus untuk masuk dan bersarang. Tak perlu lama-lama, cukup selama 3-5 menit.

Memasang Jebakan Tikus

Memang jebakan tikus dinilai cukup ampuh untuk mengusir tikus di mesin mobil agar tikus tidak lagi datang. OtoFriends dapat memasang perangkap tikus di bagian bawah mesin dengan umpan makanan yang disukainya seperti keju.

Setelah perangkap dipasang, tinggalkan beberapa hari untuk mengetahui hasilnya. Perlu diketahui, jika memilih cara mengusir tikus dengan perangkap, disarankan untuk tidak memberikan racun tikus pada umpan yang diberikan.

Sebab kita tidak akan tahu di mana tikus tersebut akan mati dan membusuk. Selain itu bangkainya juga akan sulit ditemukan sehingga tercium bau tidak enak yang menyelimuti mobil secara keseluruhan.

Memasang Lampu LED low voltage

Selain memasang jebakan di sekitar mobil, kita juga bisa menaruh lampu LED low voltage di sekitar mesin. Hal ini dapat dilakukan karena tikus juga tidak suka dengan cahaya yang terang.

Dengan daya yang dikeluarkan tidak sampai 1 watt, lampu ini cukup efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil. 

Baca juga: 7 Lampu Led Mobil Paling Terang, Bisa Maksimalkan Pencahayaan

Menggunakan Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Dalam kondisi yang sangat genting saat tikus sudah menyerang bagian mesin mobil kita. Maka kita dapat menggunakan alat ultrasonik untuk mengusir tikus di mesin mobil.

Saat ini, sudah banyak dijual alat ultrasonik yang dinilai dapat mengusir tikus secara cepat dan mudah. Cara mengusir tikus di mesin mobil yang satu ini perlu berhati-hati dan teliti supaya tidak merusak interior dan mesin mobil. 

Alat ini bekerja dengan mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang cukup mengganggu tikus apabila terdengar. Nah, secara alamiah tikus akan menjauhi sumber suara seperti ini.

kita bisa meletakan alat ini didalam ruang mesin dengan posisi yang aman (jauh dari sumber panas). Di alam hari, atau ketika mobil akan diparkirkan di bagasi hidupkan alat ini dengan menekan saklarnya.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Mesin Cuci Mobil untuk yang Hobi Cuci Sendiri

Menggunakan Cairan Pengusir Tikus

Untuk kita yang tidak mau ribet mengusir tikus dari mobil kita, OtoFriends bisa menggunakan cairan spray anti tikus yang bisa kita beli di toko-toko perlengkapan otomotif.

Cairan ini diformulasikan secara khusus untuk mengusir tikus di mesin mobil. Sehingga tikus tidak akan datang kembali dan mencari tempat persembunyian yang lain.

Akan tetapi cairan ini tidak dapat bertahan lama karena akan menguap saat mesin dinyalakan. Tetapi satu cara yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi hal tersebut.

kita dapat memanfaatkan kain kering. Semprotkan cairan pengusir tikus ke kain tersebut hingga basah. Kemudian, tempatkan kainnya di sekitar mesin mobil dengan cara diikat.

Menggunakan Buah Mengkudu

Cara mengusir tikus dari kap mesin mobil kita yang selanjutnya adalah dengan cara menggunakan buah mengkudu. Cara ini juga terbilang mudah dilakukan.

Sebab kita hanya perlu memotong  buah mengkudu lalu taruh beberapa potongan di mangkok. Kemudian mangkok yang sudah berisi buah mengkudu dapat diletakan di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus, atau di kolong mesin mobil kita.

Jangan Memarkir Mobil di Dekat Selokan

Hal terakhir yang dapat OtoFriends lakukan untuk mencegah tikus membuat sarang di mobil kita adalah dengan tidak memarkirkan mobil kita di dekat selokan atau semak-semak.

Selokan dan semak-semak adalah tempat-tempat yang biasa jadi habitat tikus. Karena itulah kita harus menghindari dua area ini saat akan memarkirkan mobil.

Jika mobil diparkirkan di dekat lokasi tersebut maka tikus dengan mudah berpindah tempat di kolong dan kap mesin mobil, sehingga mereka dapat dengan mudah merusak kabel-kabel kelistrikan di mobil kita.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Parkir Mobil yang Benar

Taburkan kapur barus atau kamper di ruang mesin mobil

Kita bisa memanfaatkan kapur barus atau kamper untuk mengusir tikus di mesin mobil. Pasalnya, tikus tidak menyukai aroma kapur barus atau kamper, karenanya kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus di mesin mobil.

Caranya cukup sederhana yakni tumbuk atau hancurkan kapur barus atau kamper ke dalam serpihan kecil lalu sebarkan ke beberapa sudut selain mesin mobil. Mengapa tidak langsung menyebarkannya di mesin mobil?

Sebab, cukup bahaya kapur barus di mesin mobil, terlebih untuk manusia. Khawatirnya di saat kita lupa ada kapur barus di mesin mobil dan kita menyalakan mesin mobil maka kapur barus yang terbuat dari gas tersebut akan menyublim karena terkena panas dari mesin mobil.

Amannya, letakkan kapur barus atau kamper yang telah dihancurkan di celah bumper, rangka mobil, atau tempat yang kira-kira dilalui tikus untuk masuk ke dalam mesin mobil. 

Bisa juga kita meletakkan kapur barus di area yang memungkinkan bau kamper akan tercium kuat oleh tikus yang akan masuk ke dalam mesin mobil.

Taburkan aroma kurang sedap

Selain kamper atau kapur barus, OtoFriends juga bisa memberikan wewangian yang kurang sedap dicium oleh tikus di sekitar mesin mobil. Beberapa aroma yang kurang disukai tikus di antaranya rambut anjing, rambut kucing atau aroma peppermint. Kita bisa mencari parfum mobil anti tikus di toko pembasmi hama. 

Pelihara jangkrik

Cara alami mengusir tikus di mobil yang terakhir adalah dengan memelihara jangkrik. Kok bisa? Tikus kurang menyukai suara jangkrik. Jadikan jangkrik sebagai satpam mobil kita dengan memelihara jangkrik di garasi atau di sekitar mobil yang terparkir.

Jika seluruh cara di atas sudah dilakukan dan tikus tetap bersarang bahkan merusak mobil kita. OtoFriends bisa membawa mobil kita ke bengkel rekanan Otoklix atau ke tempat mencuci mobil untuk membersihkan ruang mesin mobil kita yang bisa dicari di website resmi kami.

Pertanyaan Seputar Mengusir Tikus di Mesin Mobil 

Tikus bisa masuk ke mobil, khususnya mesin mobil karena di kap mesin mobil merupakan tempat yang tertutup dan lembab. Namun, bila dibiarkan begitu saja maka bisa menimbulkan bahaya, oleh karena itu sebaiknya ketahui cara mengusir tikus di mesin mobil.

Ada banyak cara alami mengusir tikus di mesin mobil, mulai dari rutin menjaga kebersihan mobil, sering memanaskan mesin mobil, sampai menggunakan buah mengkudu atau cairan pengusir tikus.

Umumnya, tikus kurang menyukai aroma yang tidak sedap seperti kapur baru, kamper, peppermint, rambut kucing atau rambut anjing. Untuk mempermudah, kita bisa mencari cairan atau spray khusus anti tikus di toko pembasmi hama.