Indikator bensin memiliki peran yang cukup krusial untuk memberikan informasi kepada pengemudi mengenai volume bahan bakar yang ada di tangki. Saat indikator bensin tidak turun, komponen ini tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Apa penyebab indikator bensin tidak akurat?

Ada dua model indikator bensin yang dibekali pabrik pada kendaraannya, yakni model analog dan model digital. Untuk mengenali indikator bensin yang tidak akurat, kita bisa mengenalinya setelah mengisi bensin penuh namun lampu indikator masih berkedip atau jarum indikator masih berada di bawah.

Supaya kita tidak kehabisan bahan bakar saat bepergian menggunakan mobil, lebih baik ketahui penyebab indikator bensin tidak naik dan cara mengatasi indikator bensin error.

Baca juga: 5 Penyebab Indikator Bensin Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Indikator Bensin Tidak Akurat

Selain mengisi tangki bensin untuk mencari tahu apakan indikator bensin bermasalah, kita juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan mengenali kondisi dimana jarum indikator selalu berada di atas atau berada pada simbol F (Full) padahal volume bensin sudah berkurang dan habis.

Gejala lain untuk mengindikasikan indikator naik turun adalah saat volume bensin baru berkurang sedikit atau berkurang setengah tetapi jarum indikator sudah turun. Untuk mengantisipasinya, berikut ini penyebab indikator bensin naik turun.

1. Aki mobil rusak

Penyebab indikator bensin tidak akurat yang pertama adalah aki mobil rusak. Mengingat komponen ini cukup penting pada sistem kelistrikan kendaraan, maka rusaknya aki mobil memiliki dampak buruk terhadap sistem kelistrikan kendaraan, misalnya saja klakson mobil yang tidak mau menyala atau lampu indikator bensin tidak akurat.

Untuk mengetahui penyebab indikator bensin tidak akurat adalah aki mobil dengan menyalakan mesin mobil, menyalakan klakson mobil, atau menghidupkan sistem kelistrikan mobil lainnya. Bila komponen tersebut masih dapat beroperasi dengan normal maka penyebabnya bukan aki.

Akan tetapi, bila ternyata komponen elektronik lainnya juga tidak dapat beroperasi dengan maksimal berarti aki mobil kita sudah aus atau harus diganti.

2. Komponen fuel sensor rusak

Setelah memastikan bahwa kondisi aki mobil dalam keadaan bagus, maka faktor yang menyebabkan indikator bensin naik turun adalah fuel sensor pada tangki bensin rusak. Fuel sensor yang rusak tersebut harus segera diganti dengan yang baru di bengkel mobil terpercaya.

3. Pelampung bahan bakar bermasalah

Pelampung bahan bakar yang rusak juga bisa menjadi penyebab indikator bensin tidak naik. Pasalnya pelampung bahan bakar memiliki tugas untuk mengontrol dan mengetahui volume bahan bakar pada tangki bensin. Data volume bensin tersebut akan dikirimkan kepada jarum indikator bensin yang ada di bagian panel instrumen mobil.

Cara untuk memastikan apakah pelampung tersebut rusak atau tidak dengan melepas soket kabel pada mobil dan menghubungkannya pada kabel yang ada di pelampung tangki bensin. Apabila setelah tersambung indikator mobil dapat berfungsi maka pelampung dalam kondisi bagus.

Sebaliknya yang terjadi bila jarum tidak bergerak sama sekali, maka kita bisa memeriksa lampung bensin dengan AVO meter. Pisahkan pelampung dari tangki dan cek kedua kabel tersebut menggunakan AVO meter. Apakah terlihat ada pergerakan naik turun pada indikator bensin. Bila indikatornya bergerak maka kondisi pelampung masih bagus.

4. Kabel terputus

Selain kondisi aki mobil dan fuel sensor yang kita periksa, sistem kelistrikan lainnya juga perlu diperiksa seperti kabel di bagian mesin mobil. 

Kabel di dalam mesin mobil memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik yang dibutuhkan sistem kelistrikan mobil. Saat kabel terputus maka arus listrik sulit dihantar dan berdampak pada tidak berfungsinya komponen mobil seperti indikator bensin yang tidak akurat.

Baca juga: 6 Penyebab Indikator Mesin Menyala dan Cara Mengatasinya

5. Tangki bensin penyok

Siapa sangka tangki bensin yang penyok bisa jadi penyebab indikator bensin naik turun. Dibandingkan kerusakan komponen mobil yang lain, penyoknya tangki bensin memang terlihat remeh. 

Namun, memberikan dampak yang cukup signifikan yakni indikator bensin yang tidak dapat berfungsi dengan normal.

Pada tingkat penyok yang parah, tangki bensin dapat menyentuh sisi pelampung bensin sehingga menghambat kerja pelampung untuk memberikan data akurat tentang volume bensin pada indikator bensin di panel instrumen.

6. Speedometer error

Penyebab indikator bensin tidak akurat yang terakhir adalah komponen speedometer yang error. Speedometer error adalah faktor terakhir yang perlu diperiksa setelah memeriksa 5 komponen di atas.

Sekalipun jarang sekali speedometer rusak, tetapi saat komponen ini rusak maka sulit untuk memperbaikinya. Kita memerlukan jasa teknisi profesional untuk memeriksa dan memperbaiki speedometer mobil. 

Sebab pada speedometer tersematkan banyak komponen electric kendaraan. Karenanya dibutuhkan ahli yang profesional untuk memperbaikinya untuk menghindari arus listrik terputus atau korsleting.

Baca juga: Ketahui Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Menyala

Cara Mengatasi Indikator Bensin Error

Setelah mengetahui penyebab indikator bensin tidak akurat, maka kita bisa mulai melakukan perbaikan untuk mengatasi permasalahan mobil tersebut. 

Bila penyebabnya adalah aki mobil maka segera periksa tegangan aki mobil. Jika tegangan aki menurun hingga 10 volt, maka kondisi aki mobil sudah soak sehingga perlu diganti dengan yang baru. 

Akan tetapi, bila kondisi aki mobil masih bagus maka OtoFriends bisa menggunakan dua cara mengatasi indikator bensin error berikut ini.

Memperbaiki pelampung bensin

Untuk memperbaiki pelampung bensin yang telah rusak, kita bisa membeli pelampung tersebut di bengkel mobil resmi atau bengkel spesialis yang menjual komponen pelampung bensin original. Langkah-langkah untuk memperbaiki pelampung bensin di antaranya:

  • Buka pelampung bensin, lalu pisahkan pengunci saringan (spi) yang melekat pada kawat pelampung dan cabut kabel pelampungnya.
  • OtoFriends akan melihat tab kabel tembaga yang terkoneksi dengan pelampung. Bila kabel tersebut tidak menempel maka kabel tembaga telah aus.
  • Untuk memperbaiki kondisi kabel tembaga tersebut, kita bisa membengkokannya agar kembali menempel. Bila sulit dibengkokan dengan tangan kosong, OtoFriends bisa menggunakan timah yang disolder.
  • lalu, pasang lagi kabel tembaga pelampung tersebut pada soketnya.
  • Lakukan pemeriksaan dengan menggerakannya ke atas dan ke bawah. Bila kita melihat indikator ikut bergerak maka pelampung berhasil diperbaiki.
  • Simpan kembali pelampung tangki ke dalam tangki bensin dan pastikan bahwa pelampung tersebut telah terpasang dengan benar.

Memperbaiki kabel

Apabila permasalahannya terletak pada kabel, maka untuk memeriksa kondisi kabel kita bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

Memeriksa kondisi kabel di bagian indikator, apakah kabel tersebut masih dalam kondisi bagus dan masih menghubungkan pelampung bensin dan indikator.

Jika kondisi kabel tidak terhubung, maka kita perlu memperbaiki sambungan tersebut menggunakan tembaga untuk mengapit.

Namun bila OtoFriends mendapati ada kabel yang terbakar maka segera potong bagian tersebut dan sambung kembali menggunakan kabel yang baru.

Periksa juga bagian PCB, bila ada karat di bagian PCB maka segera ganti dengan PCB yang baru.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Indikator Bensin Tidak Akurat

Penyebab indikator bensin tidak akurat di antaranya aki mobil yang rusak, komponen fuel sensor rusak, pelampung bahan bakar, kabel terputus, tangki bensin penyok dan speedometer error. /accordion]

[accordion title="Apa fungsi indikator bensin?" schema="3"]Fungsi indikator bensin untuk mengontrol dan mengenali volume bahan bakar pada tangki bensin untuk kemudian informasi tersebut disalurkan kepada indikator bensin pada panel instrumen mobil.

Ada 3 cara untuk mengatasi indikator bensin tidak akurat, pertama dengan mengganti aki mobil, memperbaiki pelampung tangki bensin dan memperbaiki kabel mesin mobil.