Kerusakan dinamo starter mobil sering menjadi masalah pemilik mobil. Bahkan, bila dinamo starter mobil rusak, apalagi saat mengemudi jarak jauh, bisa berpotensi menyebabkan mobil mogok mendadak. Kondisi ini tentunya dapat menghambat kegiatan sehari-hari. 

Apa itu Dinamo Starter Mobil?

Dinamo starter atau lebih dikenal sebagai motor starter pada mobil adalah komponen yang berfungsi memutar mesin kendaraan untuk pertama kali. Lebih tepatnya, fungsinya sebagai pemutar gigi flywheel untuk menggerakan atau menyalakan mesin mobil. 

Secara umum cara kerja dari dinamo starter saat dilakukan starter switch atau kunci kontak dengan kondisi start dan arah aliran arus pull in coil, dinamo melakukan penarikan hubungan pada bagian terminal “30” dengan terminal C.  Tidak ada jalur yang diputus diantara Pull in Coil hingga ke ground. Namun, arus listrik mengalami pemutusan karena disebabkan oleh karbon brush habis.

Tanda pada mobil dengan relay starter, biasanya akan terdengar hubungan relay starter terhubung saat starter. Namun, jika dinamo starter tidak bekerja, hal ini mungkin terjadi jika carbon brush habis. Pada keadaan normal, pull in coil akan menarik kontak pada plunger dan shift lever dengan mendorong pinion. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhubung pada putaran motor starter dengan flywheel secara elektrik dengan arah aliran arus listrik.

Saat motor starter memutar roda gila, maka hold in coil mengambil peran untuk melakukan penahanan kontak agar dapat menghubungkan terminal 30 dan terminal C. Komponen ini sekaligus menahan gigi pinion untuk perputaran flywheel sehingga mesin dapat menyala. Sampai disini, mengingat ini adalah komponen yang sangat penting, maka harus merawatnya dengan baik. Jika ada kerusakan, segera lakukan perbaikan.

Baca juga: Mesin Mobil Tiba-tiba Mati di Jalan? Ini Penyebab dan solusinya!

Ciri Dinamo Starter Bermasalah

Dinamo starter sebenarnya adalah komponen yang ketika bermasalah cukup mudah diketahui.  Berikut ciri kerusakan dinamo starter.

Lampu depan mati mendadak

Biasanya ketika dinamo starter bermasalah, gejala awalnya adalah selain suara yang aneh pada kendaraan juga disertai lampu depan mobil yang mati secara tiba-tiba. Kemungkinan hal ini bisa disebabkan oleh baterai atau aki yang sudah mulai melemah, atau mati. Kemungkinan lain juga bisa disebabkan rangkaian terbuka (open circuit) pada starter mobil kalian. 

Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan sambungan (terminal) yang mengalami korosi (biasanya sambungan aki) yang menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter atau sistem lainnya. Ketika ini terjadi lebih baik melakukan pengecekan komponen yang berhubungan dengan dinamo starter. Jika ada kerusakan segeralah lakukan perbaikan.

Lampu mati saat mobil distarter

Ciri selanjutnya, tidak mati saat distarter maka biasanya lampu mati tiba-tiba saat mesin sudah dinyalakan. Ada sejumlah penyebab yang mungkin mengakibatkan hal tersebut terjadi. Misalnya, aki mobil yang mungkin belum terisi dayanya. 

Jika daya baterai sudah diisi, kemungkinan ada arus pendek yang menyebabkan starter menarik banyak daya. Potensi masalah ini juga tidak semata-mata disebabkan oleh dinamo starter yang rusak. Bisa juga disebabkan ada komponen mesin yang mulai lemah.

Mesin bersuara dengung

Berikutnya, mesin mengeluarkan suara dengung. Hal ini disebabkan arus listrik tidak mampu menuju solenoid untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel. Kegagalan itu biasanya disebabkan oleh arus listrik rendah yang dihasilkan oleh baterai yang kehabisan daya atau karena sambungan listrik di sepanjang rangkaian starter yang buruk. Hal ini juga meliputi sambungan baterai (terminal baterai) yang mengalami korosi.

Ada bunyi ‘klik’ yang keras

Berikutnya, ciri selanjutnya terdengar bunyi sekali “klik” yang padat. Jika kondisi ini terjadi, rangkaian listrik pada starter mungkin sudah mendapatkan arus listrik yang cukup. Tetapi solenoid, mesin starter atau bahkan mesin mobilnya yang bermasalah. Oleh karena itu, harus bisa melakukan pengecekan mesin secara menyeluruh.

Mengeluarkan suara berupa gilingan

Bunyi yang dikeluarkan memang jadi ciri-ciri yang mudah diidentifikasi jika ada masalah dinamo starter mobil. Ketika menyalakan mesin dan terdengar bunyi gilingan yang kasar, ini juga termasuk ciri-ciri dinamo starter mobil rusak. Biasanya penyebabnya mounting bolt starter kendaraan kamu kendur atau gerigi pinion wheel, flywheel yang mulai keropos dan rusak. Jika gerigi-gerigi pada flywheel maupun pinion gear tidak dapat saling bertautan dengan baik, suara yang akan kalian dengar adalah suara benturan logam.

Tidak bersuara saat mesin dinyalakan

Masih dari bunyi, kali ini ciri-ciri dinamo starter mobil rusak adalah saat mesin starter tidak mengeluarkan bunyi apapun. Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem kelistrikan mobil yang mengalami masalah, seperti aki yang lemah atau rusak, komponen-komponen sistem seperti relay atau safety switch yang gagal beroperasi atau bisa jadi kabel listrik yang korosi. Kelistrikan yang bermasalah meliputi baterai terminal yang menghambat arus listrik mencapai mesin starter.

Aki lemah

Terakhir, ciri dari dinamo starter bermasalah adalah aki yang lemah atau bahkan benar-benar mati. Dampaknya menyebabkan starter jadi lambat dan tidak mengangkat sistem pengapian. Dalam hal ini kalian mungkin akan mendengar suara seperti menggeram Jika voltasenya jauh menurun, bunyinya akan menjadi putus-putus atau bersuara ‘cetek-cetek’.

Baca juga: Biaya Service Dinamo Starter Mobil di Bengkel Jika Bermasalah

Rekomendasi Bengkel Dinamo Starter Mobil

Nah, bagi OtoFriends yang memiliki kendala dengan dinamo starter mobil maka sebaiknya kendaraan diperiksa. Berikut rekomendasi bengkel dinamo starter mobil:

Juara Dinamo 

Alamat: Jl. Hadiah No.7, RT.7/RW.3, Jelambar, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11460.

Telp: (021) 5637704

Bengkel Dinamo Acong

Alamat: Jl. K.H. Mas Mansyur No.91A, RW.5, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230.

Telp: 0818-854-890

Bengkel Mobil Angkasa Teknik

Alamat: Jl. Panjang No.70, RT.6/RW.11, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530.

Telp: (021) 53672332

Bengkel Dinamo Pasar Minggu Arief Karya Teknik

Alamat: Jl. Pejaten Raya No.39B, RT.10/RW.5, Pejaten Bar., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510.

Telp: 0878-8186-9192

Bengkel Dinamo Laksana

Alamat: Jl. Raya Casablanca No.1A, RT.17/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870.

Telp: 0818-0628-8266

Bengkel Dinamo Radiator Latif Jaya Mandiri

Alamat: Rawa Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15310

Telp: –

Bengkel Dinamo Radiator Putra Tasik

Alamat: Condet jakarta timur, Jl. Raya Condet No.06, RT.5/RW.1, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530.

Telp: 0878-8937-2208

Cahaya Service

Alamat: Jl. Pejaten Raya, Ps. Minggu, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530.

Telp: 0813-1843-2886

Bengkel Dinamo Damai

Alamat: Jl. Raya Daan Mogot No.20B, RT.4/RW.3, Jelambar, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460.

Telp: –

Maribaya Service  

Alamat: RT.1/RW.1, Duri Kosambi, Cengkareng, West Jakarta City, Jakarta 11750.

Telp: 0812-8657-7102

Baca juga: 8 Komponen Starter Mobil, Cara Kerja, dan Jenis Starter

Nah, untuk menghindari kerusakan mesin yang diawali dengan dinamo radiator bermasalah maka kendaraan harus rutin diperiksa. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti.  

OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.