Sebagai pemilik mobil, kita perlu mengetahui besarnya biaya service dinamo starter mobil dan bengkel dinamo mobil terdekat. Sebab saat dinamo starter bermasalah maka mobil akan sulit distarter. Untuk mengatasinya OtoFriends bisa membawa mobil ke bengkel dinamo starter mobil terdekat.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Fungsi dinamo starter mobil hampir mirip dengan fungsi aki, yakni menyalakan mesin mobil dengan mengonversi energi listrik baterai jadi energi gerak. Energi gerak tersebut yang akan menggerakkan poros mesin melalui flywheel. Oleh karena itu, bila dinamo starter mobil bermasalah maka mobil akan sulit menyala.

Otoklix merangkum estimasi biaya service dinamo starter mobil lengkap dengan harga dinamo starter hingga langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Fungsi Dinamo Starter Mobil

Dinamo starter mobil atau motor starter berperan sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan, secara spesifik memutar gigi flywheel. Gigi flywheel yang dapat berputar tersebut karena mendapatkan energi gerak yang berhasil dikonversi dari energi listrik.

Saat dinamo starter tidak berfungsi normal, maka mesin mobil akan sulit menyala sekalipun kita sudah menstarter mobil secara terus-menerus. Bahkan dampak terburuk lainnya selain mobil sulit menyala adalah kerusakan pada komponen di sekitarnya juga mungkin saja terjadi.

Sebagai contoh bila dinamo starter rusak, maka bantalan satu arah yang terletak pada gigi gear pinion akan rusak dan menciptakan suara berdesing saat mesin mobil menyala. Selain itu, mesin mobil jadi gampang panas hingga aki mobil ikut menurun performanya.

Biaya Service Dinamo Starter Mobil

Perawatan dinamo starter mobil bisa dilakukan khusus di bengkel service dinamo starter mobil. Biaya service dinamo starter mobil beragam, tergantung tingkat kesulitan dan kerusakannya.

Jenis Kerusakan Dinamo StarterKisaran Biaya
Kerusakan ringanRp500-800 ribuan
Komponen harus diganti (contoh: tembaga atau menggulung ulang)Rp400-500 ribuan
Kerusakan pada bendik atau anchor atau carbon brushRp1 jutaan
Penggantian baruMulai dari Rp1 jutaan, tergantung merek mobil

Kerusakan ringan pada dinamo starter mobil tidak mengharuskan kamu untuk mengganti komponen secara utuh, sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp500-800 ribuan. Ada pula bengkel yang memasang biaya service dinamo starter mobil Rp100 ribuan hanya untuk jasa.

Jika ada komponen yang harus diganti seperti tembaga atau menggulung ulang, biayanya bisa Rp400–500 ribuan tergantung ketebalan tembaganya. Namun, jika terjadi kerusakan pada bendik atau anchor atau carbon brush yang rusak, biayanya bisa mencapai Rp1 jutaan.

Baca juga: Biaya Service Dinamo Ampere Mobil dan Cara Perbaikan

Harga Dinamo Starter Mobil

Tak jarang juga solusi memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak adalah dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Harga dinamo starter mobil bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung merk, kualitas dan gradenya. Berikut ini tabel estimasi harga dinamo starter mobil dari berbagai merk mobil.

Merk Mobil

Harga Dinamo Starter Mobil

Daihatsu Grand Max

Mulai dari Rp8 jutaan

Toyota Camry

Mulai dari Rp3,5 jutaan

Toyota 2F Diesel

Mulai dari Rp2,5 jutaan

Isuzu D-Max New 2008 – 2017

Mulai dari Rp2,2 jutaan

D-Max Double Cabin 2005

Mulai dari Rp2,2 jutaan

Honda Brio

Mulai dari Rp1,4 jutaan

Daihatsu Xenia

Mulai dari Rp1,4 jutaan

Toyota Avanza

Mulai dari Rp1,4 jutaan

Honda Jazz

Mulai dari Rp1,3 jutaan

Toyota Corolla 1.8

Mulai dari Rp1 jutaan

Toyota 4K

Mulai dari Rp1 jutaan

Daihatsu Taruna

Mulai dari Rp621 ribuan

Suzuki Futura 1.3 dan 1.5

Mulai dari Rp472 ribuan

APV

Mulai dari Rp472 ribuan

Futura Injection

Mulai dari Rp472 ribuan

Selain harga yang tertera di atas, beberapa bengkel dinamo starter mobil menjual dinamo starter bekas atau dinamo copotan dengan harga yang lebih murah mulai dari Rp1,5 jutaan dengan jasa pasang dinamo sebesar Rp200 ribuan.

Beberapa bengkel dinamo starter mobil menjual dinamo bekas mobil lain (dinamo copotan). Harganya mulai Rp1,5 jutaan dengan biaya pasang Rp200 ribuan.

Jika dinamo mobil harus dilakukan penggantian yang baru maka harga dinamo starter mobil yang baru sangat bervariasi, tergantung tipe mobil dan juga merek komponen dinamo starternya. Untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dibanderol Rp1,4 juta, Toyota Camry Rp3,5 juta, Honda Jazz Rp1,3 juta, Honda Brio Rp1,4 juta.

Nah, tadi kita sudah membahas terlebih dahulu biaya service apabila dinamo starter mobil bermasalah. Namun, kamu sudah tahu belum bagaimana sih ciri-ciri dinamo starter mobil yang bermasalah?

Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Bermasalah

Gejala yang paling mudah kita temukan untuk mengetahui apakan dinamo starter mobil rusak yakni saat mesin mobil sulit menyala atau sulit distarter. Namun, selain gejala tersebut ternyata ada 4 gejala lainnya yang menandakan bahwa dinamo starter mobil kita rusak. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Terdengar suara aneh saat mesin mobil menyala

Ciri-ciri dinamo rusak yang pertama memang sulit untuk diidentifikasi. Seringnya kita tidak menyadari bahwa ada suara aneh dan kurang nyaman saat mesin mobil dinyalakan, misalnya seperti bunyi “klek” yang keras atau suara mendengung yang berasal dari dinamo starter rusak. Suara-suara tersebut umumnya akan terdengar sampai ke dalam kabin mobil.

2. Lampu depan mobil mati

Pernahkah OtoFriends menemukan lampu depan mobil mati secara mendadak di tengah mobil sedang melaju? Matinya lampu depan mobil secara mendadak tersebut bisa menjadi gejala awal rusaknya dinamo starter mobil.

Pada fase ini kerusakan dinamo starter masih terbilang ringan sehingga kita bisa membawanya ke tempat service dinamo terdekat untuk segera memeriksa dan memperbaiki dinamo starter. Pada fase kerusakan ringan ini biaya service dinamo masih murah dan terjangkau.

Baca juga: 15 Tempat Perbaikan Dinamo Starter Mobil di Jakarta

3. Lampu kabin mati saat mobil distarter

Selain lampu depan mobil yang mati, lampu kabin mobil juga akan mati saat dinamo starter rusak. Hal ini terjadi karena aliran listrik yang dibutuhkan lampu kabin mobil terhambat saat mobil distarter. Sebaliknya, bila mobil tidak distarter maka kondisi lampu kabin akan menyala normal.

4. Aki mobil bekerja tidak normal

Apabila seluruh ciri-ciri sebelumnya telah terasa tetapi kita tidak segera membawa mobil ke bengkel dinamo mobil terdekat, maka potensi kerusakan dan biaya service dinamo starter mobil bisa semakin membengkak.

DInamo starter yang memiliki cara kerja dan fungsi hampir sama dengan aki mobil, jadi saat dinamo starter rusak secara tidak langsung aki mobil akan mengalami penurunan performa hingga benar-benar rusak. Sejalan dengan itu, beberapa komponen seperti radio dan klakson mobil yang membutuhkan aliran listrik jadi ikut bermasalah dan tidak dapat berfungsi normal.

Kalau sudah begitu, kita perlu mempersiapkan biaya ekstra karena harus melakukan servis terhadap aki mobil. Biaya service aki mobil dan harga aki mobil cukup mahal tergantung merk dan kualitasnya.

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri dinamo starter mobil rusak, lengkapi juga informasi otomotif kita mengenai penyebab dinamo starter mobil rusak. Berikut ini 3 penyebabnya.

1. Memaksa dinamo bekerja

Mobil tidak mau menyala memang sangat menjengkelkan sehingga terkadang kita memaksa menstarter mobil berkali-kali saat mobil mati. Ini yang dinamakan memaksa dinamo bekerja. Dinamo starter yang dipaksa bekerja bisa menjadi panas bahkan berpotensi membakar komponen-komponen mesin lain di dalamnya.

Memaksa dinamo starter mobil bekerja artinya kamu perlu menyiapkan biaya service dinamo starter mobil, karena sangat rawan kerusakan.

Maka dari itu, jika mobil kamu sulit dinyalakan maka tunggulah beberapa menit sampai dinamo dingin kemudian coba kembali menstarter mobil. Apabila masih tidak bisa menyala, sebaiknya kamu mengecek atau memanggil montir untuk mengecek dinamo mobil kamu.

2. Carbon brush dinamo starter habis

Pada dinamo starter terdapat komponen yang disebut carbon brush. Apabila carbon brush habis maka dinamo juga bisa rusak. Kerusakan ini ditandai dengan melemahnya putaran dinamo serta keluarnya suara-suara aneh saat di starter.

Jadi, ketika kamu merasa adalah masalah dengan dinamo starter, maka hal yang pertama kamu cek adalah carbon brush-nya. Gantilah carbon brush dengan yang baru di bengkel service dinamo starter mobil jika memang sudah tipis atau sudah tidak memungkinkan.

3. Aki bermasalah

Seperti telah disinggung sebelumnya, dinamo berkaitan erat dengan aki. Dinamo starter yang tidak berfungsi dengan baik bisa jadi karena ada masalah pula pada aki atau baterai mobil. Hal ini bisa terjadi karena suplai tenaga listrik dari aki melemah sehingga dinamo starter tidak bisa bekerja secara maksimal.

Kamu bisa melakukan pengecekan rutin pada aki mobil, apalagi jika memang sudah mendekati masa pakai. Pastikan aki dalam keadaan baik dan tidak lemah. Jadi kamu tidak akan memaksakan dinamo bekerja untuk menyalakan mobil. Kamu tidak ingin ada kerusakan tiba-tiba saat tengah perjalanan, kan?

Langkah-langkah Memperbaiki Dinamo Starter Mobil

Berikut ini cara memperbaiki dinamo starter mobil untuk mobil konvensional berdasarkan komponennya.

Bagian socket

Langkah pertama adalah dengan memperhatikan lampu indikator pada dasbor mobil. Apabila ada lampu yang berkedip atau menyala, lakukan pemeriksaan terhadap kabel soket. Bentuk kabel soket kecil dan tersambung langsung ke bagian dinamo starter. Perhatikan apakah kabel tersebut putus atau tidak.

Kemudian periksa juga sekring relay. Penyebab mobil mengeluarkan suara “klek” saat mesin dihidupkan adalah sekring mobil rusak.

Bagian kleman kabel aki

Suara yang kurang nyaman saat mesin mobil dihidupkan bisa juga bersumber dari kleman kabel aki yang bermasalah. Untuk mengatasinya, OtoFriends bisa memeriksa baut yang terpasang pada bagian kabel kleman kabel aki pada terminal positif dan negatif. 

Bila baut tersebut kendor atau kotor, kita bisa membawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa kondisi aki mobil.

Bagian kabel aki

Alternatif terakhir untuk memperbaiki dinamo starter mobil adalah dengan melakukan setrum mobil supaya kabel aki terpasang dengan kencang. Kemudian periksa kembali komponen lainnya untuk memastikan bahwa tidak ada komponen mobil lain yang bermasalah.

Tips Perawatan Dinamo Starter Mobil

Daripada sering rusak dan berkali-kali mengganti dinamo yang akhirnya membuat dompetmu jebol, lebih baik kamu juga tahu bagaimana cara merawat komponen tersebut agar masa pakai dinamo starter menjadi lebih panjang.

Berikut tipsnya:

  • Jangan sering memaksakan dinamo bekerja keras jika mobilmu kerap kesulitan distarter. Lakukanlah pengecekan di bengkel agar biaya service dinamo starter mobil kamu tidak terlalu besar jika sudah ditemukan penyebabnya. Sehingga kamu tidak perlu mengganti dinamo dengan yang baru.
  • Aki adalah sumber kelistrikan mobil dan juga sangat erat kaitannya dengan dinamo mobil. Jadi kamu juga perlu melakukan perawatan rutin untuk aki mobil kamu.
  • Fungsi bendik adalah menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jadi, pastikan juga kondisi bendik di mobil, apakah masih bekerja atau tidak. 
  • Gunakanlah suku cadang yang asli sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Karena banyak kasus penggunaan dinamo starter abal-abal bisa menimbulkan kerusakan pada mobil kamu. Memang harganya sedikit lebih mahal, tetapi performanya pasti lebih baik. 

Temukan Bengkel Dinamo Starter Mobil Di Sini!

Otoklix memiliki rekomendasi bengkel dinamo starter mobil yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah terjamin kemampuan teknisinya. OtoFriends dapat menemukan jasa service dinamo mobil panggilan atau bengkel dinamo mobil terdekat dengan mudah melalui smartphone.

Nah itu tadi biaya service dinamo starter mobil, ciri-ciri kerusakan, dan tips perawatannya. Jika kamu mencari bengkel service dinamo starter mobil, kamu bisa menginstal aplikasi Otoklix untuk mendapatkan bengkel terbaik dengan harga transparan. Harga yang kamu bayar sesuai dengan yang tertera di aplikasi, lho.

Otoklix adalah aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, atur jadwal servis mobil melalui Otoklix!

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Jika Dinamo Starter Mobil Bermasalah

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat :


Biaya service dinamo starter mobil beragam, tergantung tingkat kesulitan dan kerusakannya. Kerusakan ringan pada dinamo starter mobil tidak mengharuskan kamu untuk mengganti komponen secara utuh, sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp500-800 ribuan.


Ciri-ciri dinamo starter mobil rusak antara lain terdengar suara aneh saat mesin mobil menyala, lampu depan mobil dan kabin mobil mati, radio dan klakson mobil mati, serta aki mobil tidak bekerja dengan optimal.


Dinamo mobil starter bisa rusak karena kebiasaan buruk pemilik mobil yang sering memaksakan dinamo tetap bekerja saat terindikasi ada kerusakan ringan, carbon brush dinamo starter sudah habis hingga aki mobil bermasalah.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.