Demi mendapatkan performa mobil yang lebih baik, sebaiknya OtoFriends pahami jalur kabel dinamo starter mobil. Otoklix bakal membahas tentang pengertian, fungsi, komponen, sampai cara kerja dinamo starter. Selain itu, ada juga informasi tentang pemasangan relay starter mobil. Simak selengkapnya!

Mengenal Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil

Jalur kabel dinamo starter mobil memang dikenal cukup sulit untuk diingat. Padahal bagian ini terbilang cukup vital pada mobil kalian semua.

    Oleh sebab itu, bagi para pengguna roda empat sebenarnya wajib memahami jalur kabel dinamo starter mobil. Hal itu bertujuan agar ketika ada masalah pada kelistrikan saat mobil dihidupkan, maka kalian akan paham masalahnya.

    Akan tetapi, sebelum mengenal jalur kabel dinamo starter pada mobil, kalian wajib mengetahui beberapa bagian dinamo starter. Selain itu juga memahami definisi dari dinamo starter tersebut.

    Pengertian dinamo starter

    Dinamo starter juga biasa disebut dengan nama motor starter. Rangkaian dinamo stater memiliki fungsi untuk memutar mesin kendaraan untuk pertama kali.

    Dengan begitu, dinamo starter merupakan komponen yang berguna untuk pemutar gigi flywheel dan untuk menggerakan atau menyalakan mesin mobil.

    Penggerakan mesin tersebut berasal dari perubahan energi listrik ke energi gerak.

    Fungsi dinamo starter

    Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa fungsi dinamo starter adalah sebagai pemutar mesin untuk pertama kali. Jadi, saat menghidupkan kendaraan atau starter mobil, OtoFriends akan menginjak pedal kopling. 

    Jadi, pemakaian dinamo starter juga bertujuan supaya kita tidak lupa bahwa sebelum starter mesin, persneling harus dalam kondisi netral. Sebab, mobil bisa langsung jalan dan melaju tiba-tiba saat starter mobil. Oleh sebab itu, kita juga perlu tahu jalur kabel dinamo starter mobil melalui komponen-komponennya.

    Baca juga: 8 Komponen Starter Mobil, Cara Kerja, dan Jenis Starter

    Komponen dinamo starter

    Untuk mengetahui jalur kabel dinamo stater mobil maka kamu perlu mengetahui juga komponen yang ada pada dinamo starter. Hal ini berguna agar kamu mampu mengetahui fungsi sekaligus permasalahan yang mungkin ditimbulkan dari bagian tersebut.

    Sebab pada bagian ini ada banyak komponen yang dapat bekerja untuk menyalakan mobil sebagai jalur kabel dinamo starter mobil. Salah satunya adalah solenoid starter atau solenoid plunge, berikut komponen pada dinamo starter.

    Solenoid Starter: Untuk menggerakkan drive pinion dan memberikan tegangan pada bagian motor utama.

    Solenoid plunger: Digunakan sebagai batang yang menghubungkan daya tarik pull in coil dengan kuat.

    Field coil: Komponen satu ini merupakan rangkaian coil magnet yang dipakai untuk meningkatkan kemagnetan yang ada di sekitar rotor coil.

    Solenoid caps: Merupakan serangkaian penutup solenoid starter yang ditempatkan pada bagian depan starter.

    Armature coil: Dikenal juga sebagai rotor coil atau kumparan yang ditempatkan pada poros motor.

    Commutators: Berguna sebagai penghubung arus listrik dari brush ke kumparan armature.

    Drive Lever: Komponen ini terdapat pada solenoid dengan bentuk garpu yang dapat digunakan 

    untuk penggerak gear dan bekerja dengan sistem tuas.

    Brushes: Brush mengirimkan sinyal pada arus listrik dari terminal 50 menuju armature coil.

    Drive Pinion Brush: Berfungsi memutuskan maupun menghubungkan putaran starter ke flywheel.

    Drive Pinion Gear: Berguna sebagai penghubung putaran yang diperoleh dari motor listrik ke bagian poros engkol melalui flywheel.

    Motor Housing: Berfungsi sebagai pelindung dan tempat peletakan beragam jenis komponen starter.

    Cara kerja dinamo starter

    Starter dinamo sendiri memiliki cara kerja yang unik. Dimana ketika starter switch atau kunci kontak dengan kondisi start dan arah aliran arus pull in coil. Maka selanjutnya dinamo melakukan penarikan hubungan pada bagian terminal 30 dengan terminal C.

    Saat itu, tidak ada jalur yang diputus antara Pull in Coil hingga ke ground. Namun, ketahuilah bahwa arus listrik mengalami pemutusan karena disebabkan oleh karbon brush habis.

    Carbon brush ini ditempatkan sebelum dan sesudah armature, lalu pull in coil tidak akan hidup atau bekerja dan motor starter juga akan terjadi hal yang sama. Jika ingin tahu tanda relay starter mobil, kamu bisa mendengar saat relay starter terhubung.

    Namun, jika dinamo starter tidak bekerja bisa jadi karena carbon brush habis. Pada keadaan normal, pull in coil akan menarik kontak pada plunger dan shift lever dengan mendorong pinion.

    Tujuanya adalah agar dapat terhubung pada putaran motor starter dengan flywheel secara elektrik dengan arah aliran arus listrik.

    Kemudian, usai melakukan kontak pada solenoid dan terminal C saling terhubung, maka pull in coil tidak bekerja lagi. Ini terjadi lantaran tegangan antara terminal 50 dan terminal C nyaris seimbang.

    Ketika dinamo starter memutar roda gila, maka hold in coil mengambil peran untuk melakukan penahanan kontak agar dapat menghubungkan terminal 30 dan terminal C. Komponen ini juga yang nantinya menahan gigi pinion untuk perputaran flywheel sehingga mesin dapat menyala.

    Cara kerja dinamo starter ini juga memberi gambaran tentang jalur kabel dinamo starter mobil.

    Baca juga: 15 Tempat Perbaikan Dinamo Starter Mobil di Jakarta

    Mengenal Relay Starter Mobil

    Dinamo starter erat kaitannya dengan pemasangan relay starter. Secara umum, fungsinya adalah menghasilkan output tegangan listrik yang jauh lebih besar. Selain itu, output-nya juga bisa jauh lebih stabil daripada hanya menggunakan aki.

    Selain membuat output yang lebih besar, rangkaian ini juga punya tugas lain. Yaitu mengalirkan, mengontrol, menyaring arus setrum, sampai dengan mengendalikan arus setrum pada aki. Mari kita simak lebih jauh tentang fungsi relay starter, cara pasang, sampai dengan ciri relay starter rusak.

    Fungsi memasang relay starter

    Fungsi pemasangan relay starter adalah untuk mengalirkan, mengontrol, sampai dengan menyaring arus setrum. Selain itu, relay starter juga bisa mengendalikan setrum pada aki. Oleh sebab itu, output tegangannya juga jadi jauh lebih besar dan jauh lebih stabil.

    Meskipun begitu, sebenarnya memasang relay starter tidak wajib dilakukan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba memasang. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah lampu jadi lebih terang dan suara klakson lebih kencang.

    Cara pasang relay starter

    Selanjutnya, kita bakal bahas tentang cara pasang relay starter mobil.

    1. Pertama, pasang angka 30 untuk relay yang bakal disambungkan ke bagian aku dengan sekring pengaman 15 sampai 25 ampere.
    2. Selanjutnya, relay angka 85 disambung pada masa.
    3. Kemudian, angka 87 bisa disambungkan pada output sasaran.
    4. Sedangkan angka 86 digunakan khusus untuk input-nya.

    Sebaiknya berhati-hati saat memasang relay starter. Kalau ragu, OtoFriends bisa mendatangi bengkel terdekat untuk dipasang oleh mekanik bengkel saja. Selain itu, pihak bengkel sudah pasti paham tentang jalur kabel dinamo starter mobil.

    Baca juga: Biaya Service Dinamo Starter Mobil di Bengkel Jika Bermasalah

    Ciri relay starter rusak

    Nah setelah mengetahui apa itu rangkaian relay starter mobil. Kini saatnya untuk mempelajari ciri-ciri dari relat starter mobil yang rusak.

    Umumnya adalah lampu jalan yang mulai redup, kemudian hilangnya bunyi bising pada mesin ketika dihidupkan juga jadi beberapa tandanya. Selain itu bisa juga diketahui dari suara klakson tidak terdengar dan saat hal-hal tersebut terjadi maka segera periksa relay starter mobil kalian.

    Jika enggan membawanya ke bengkel, kamu bisa menggantinya sendiri dengan menerapkan cara pasang rangkaian relay starter mobil. Namun jika mobil dalam kondisi normal dan masih baik baik saja dan terasa nyaman, maka sebaiknya tidak perlu melakukan pemasangan relay tambahan.

    Karena jika tetap dilakukan, bisa beresiko buruk bagi komponen lainnya, karena ada satu saja kesalahan, bakal berdampak munculnya kerusakan komponen lainnya.

    Tips seputar relay starter mobil

    Untuk hasil yang maksimal maka disarankan untuk menggunakan relay original saja karena kumparan elektroniknya diklaim memiliki masa penggunaan yang cukup awet. Setelah semuanya dipasang, maka selanjutnya kamu tinggal melakukan perawatan sederhana pada relay starter mobil.

    Caranya mudah, salah satunya dengan menghindari dari rendaman air, tersiram genangan air, atau terkena semprotan air. Hal ini karena lembab atau air menjadi salah satu faktor yang membuat relay mengalami penurunan kualitas.

    Untuk kalian yang mengalami kerusakan pada bagian jalur kabel dinamo starter mobil kalian, OtoFriends bisa langsung pergi ke bengkel rekanan dari Otoklix yang sudah tersebar di berbagai tempat.

    Pertanyaan Seputar Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil

    Dinamo starter pada mobil berfungsi untuk memutar mesin untuk pertama kali. Jadi, sebelum starter, OtoFriends bakal ingat untuk injak pedal gas dan memosisikan tuas transmisi di posisi netral. Tujuannya supaya mobil tidak langsung melaju.

    Secara umum, cara kerja dinamo starter mobil adalah dimulai saat melakukan starter switch. Saat starter switch atau kunci kontak sudah dalam kondisi start dan arah aliran arus pull in coil, dinamo bakal menarik hubungan pada terminal “30” dengan terminal C. Kemudian, tidak ada jalur yang diputus antara pull in coil sampai ke ground.

    Relay starter mobil adalah komponen yang erat kaitannya dengan dinamo starter. Fungsinya untuk menghasilkan output tegangan listrik yang jauh lebih besar dan lebih stabil daripada hanya menggunakan aki.