Apakah OtoFriends pernah mendengar istilah caster atau sudut caster? Sudut caster adalah sebuah istilah yang menunjukkan sudut yang mengatur kesejajaran roda mobil. Hal ini menjadi penting karena sudut yang tidak sesuai dapat membuat ban mobil menjadi lebih cepat aus dan tidak nyaman.

Penasaran bagaimana sebuah sudut bisa memiliki efek yang besar bagi mobil? Berikut ini penjelasan singkat mengenai caster, fungsinya, serta penjelasan dari berbagai jenis nilai sudut caster mobil. Simak sampai akhir artikel ya!

Apa Itu Caster

Caster adalah sudut yang dibentuk dari garis vertikal pada roda mobil dengan sumbu kemudi (steering axis) jika dilihat dari samping mobil. Sudut caster merupakan salah satu faktor geometri roda atau Front Wheel Alignment (FWA). Sudut ini memiliki fungsi dan pengaruhnya masing-masing bergantung jenis atau nilai yang terdapat pada setiap mobil apakah positif, negatif atau netral.

Fungsi Caster pada Mobil

Caster memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga kestabilan roda mobil saat berada di jalan lurus. Fungsi sudut caster adalah sebagai menstabilkan roda agar mobil tetap bisa berjalan lurus meskipun kemudi mobil dilepaskan.

Selain itu, sudut caster juga berfungsi untuk membantu roda kembali ke posisi lurus setelah dibelokkan. Dengan roda yang stabil dan dapat kembali lurus tanpa ada usaha yang besar bisa mengurangi keausan dari ban. Sudut caster juga dapat membantu mobil untuk mengimbangi efek dari road crown (bentuk jalan yang meninggi di bagian tengah) sesuai dengan arah mobil.

Saat mobil berjalan, caster bekerja secara beriringan dengan camber caster. Camber caster adalah sudut yang menunjukkan kemiringan bagian atas dan bawah roda ketika dilihat dari bagian depan maupun belakang mobil.

Roda yang melebar di bagian bawah terhadap permukaan aspal disebut sudut camber negatif. Sudut camber negatif seringkali dijumpai pada mobil-mobil yang digunakan untuk balapan, karena bermanfaat saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi.

Sedangkan sudut camber positif adalah ketika bagian bawah ban lebih masuk ke dalam dari bagian atasnya. Hal ini dapat mempercepat aus pada ban bagian luar dan mobil cenderung tidak stabil. Ini yang jadi masalah dan sering kita temui.

Baca juga: Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil, Jangan Keliru!

Jenis Caster

Terdapat 3 jenis sudut caster yang memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kestabilan roda dan juga setir mobil. Tiga jenis sudut tersebut adalah caster positif, caster negatif, dan caster netral/caster nol. Langsung saja Otoklix bahas di bawah ini:

  1. Caster Positif

Caster positif terbentuk saat bagian atas dari sumbu kemudi (steering axis) miring ke arah belakang sumbu vertikal roda mobil.

  1. Caster Negatif

Caster negatif terbentuk saat bagian atas dari sumbu kemudi (steering axis) miring ke arah depan sumbu vertikal roda mobil.

  1. Caster Netral

Caster netral atau yang biasa disebut caster nol (caster zero) terbentuk saat bagian sumbu kemudi (steering axis) sejajar dengan garis vertikal yang ditarik dari bagian tengah roda mobil.

Baca juga: Segini Biaya Balancing Ban Mobil dan Spooring

Nilai Sudut Caster dan Penjelasannya

Setelah mengetahui apa saja jenis-jenis atau nilai dari sudut caster, mari bahas lebih mendalam arti dan efek dari setiap nilai sudut caster tersebut.

  1. Nilai Sudut Caster Positif

Pertama adalah nilai sudut caster positif atau ketika bagian atas sumbu kemudi mengarah ke belakang. Sudut caster yang bernilai positif membuat roda mobil menjadi lebih stabil saat berada di jalanan yang lurus. Selain itu, keausan ban akan lebih merata sehingga ban menjadi lebih awet.

Namun, nilai sudut caster terlalu positif bisa menimbulkan masalah-masalah lain yang harus diperhatikan. Masalah pertama adalah ketika mobil menabrak gundukan maka akan menyebabkan steering keras dan guncangan yang kuat. Getaran pada kemudi juga akan terasa besar saat mobil melewati jalanan yang tidak rata. Masalah berikutnya adalah kemudi yang akan terasa berat saat hendak melakukan belokan.

  1. Nilai Sudut Caster Negatif

Nilai sudut yang berikutnya adalah caster negatif atau ketika bagian atas sumbu kemudi mengarah ke arah depan roda. Sudut caster negatif dapat memberikan steering yang lebih mudah pada saat mobil berada dalam kecepatan yang rendah.

Namun efek yang ditimbulkan adalah pengemudi akan lebih sulit untuk mengembalikan arah menjadi lurus kembali sehabis berbelok. Selain itu, sudut caster negatif bisa menyebabkan ketidakstabilan kendaraan pada kecepatan tinggi terutama di permukaan jalan yang tidak rata. Nilai sudut caster yang terlalu negatif juga bisa membuat mobil menjadi sulit untuk tetap berjalan lurus.

  1. Nilai Sudut Caster Netral atau Nol

Sudut caster netral atau ketika posisi dari sumbu kemudi berada dalam kondisi yang vertikal sejajar dengan sumbu vertikal roda akan menyebabkan roda cenderung tidak lurus meskipun kendaraan sedang berjalan di jalanan yang lurus.

Jika sudut caster tidak benar-benar seimbang, mobil akan tertarik ke sisi dengan caster yang nilai  positifnya lebih kecil. Variasi maksimum antara satu sisi dengan yang lainnya adalah kurang lebih 0.5 derajat. Dan perbedaan yang dibolehkan antara roda kanan dan kiri tidak boleh lebih dari 30’ (30 menit).

Baca juga: Tips Memilih Bengkel Ban Mobil dan Rekomendasi Terbaik

Sudut caster merupakan hal penting terutama dalam menentukan stabilitas dari roda mobil dalam keadaan lurus maupun setelah kembali dari belokan. Namun tidak hanya sudut caster saja, melainkan terdapat sudut lainnya yang berhubungan dengan caster semisal camber maupun toe. 

Mengetahui tentang hitungan sudut caster beserta efek-efek yang ditimbulkan sangatlah penting untuk diketahui oleh pemilik mobil. Jika kamu merasakan ketidaknyamanan pada roda maupun kemudi pada saat di jalanan lurus, kamu bisa langsung cek di bengkel terdekat yang melayani spooring balancing roda. Cek juga kondisi ban, jika sudah tipis segera ganti ban dengan yang baru.

Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa menemukan rekomendasi bengkel terdekat rekomendasi dari Otoklix. Kamu juga bisa melakukan booking online untuk keperluan service rutin, ganti oli dan keperluan lainnya. Tentunya dengan harga yang transparan bisa diketahui dari awal. Yuk download dan coba sekarang!

Pertanyaan Seputar Caster

Fungsi caster adalah menstabilkan roda agar mobil tetap bisa berjalan lurus meskipun kemudi mobil dilepaskan.

Caster adalah sudut yang dibentuk dari garis vertikal pada roda mobil dengan sumbu kemudi (steering axis) jika dilihat dari samping mobil.

Caster positif terbentuk saat bagian atas dari sumbu kemudi (steering axis) miring ke arah belakang sumbu vertikal roda mobil, sedangkan caster negatif Caster negatif terbentuk saat bagian atas dari sumbu kemudi (steering axis) miring ke arah depan sumbu vertikal roda mobil.