Helical gear merupakan roda gigi berbentuk heliks yang berfungsi untuk memindahkan energi ketika ruang bakar sedang bekerja. Bagi OtoFriends yang belum mengetahui, helical gear tergabung dalam komponen gear box. Gear box secara menyeluruh berfungsi untuk menyalurkan energi atau tenaga dari satu bagian mesin ke bagian lainnya. 

Gearbox berperan penting untuk menggerakkan mobil dan komponen helical gear berperan membantu kelancaran kinerja gearbox. Oleh sebab itu penting bagi OtoFriends untuk mengetahui fungsi, cara kerja, lengkap dengan harga komponen helical gear, sehingga bisa mengetahui dan memperbaiki helical gear mobil yang rusak dengan tepat.

Baca juga: Gearset: Fungsi, Cara Kerja, dan Ciri Kerusakannya

Fungsi Helical Gear

Roda gigi mobil sudah mengalami perkembangan pesat. Awalnya roda gigi berfungsi untuk meminimalisir slip pada roda, namun seiring perkembangan teknologi, tercipta berbagai jenis roda gigi disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Helical gear sendiri berfungsi untuk menyempurnakan roda gigi lurus atau yang biasa disebut dengan spur gear. 

Helical gear ini berfungsi untuk memindahkan gaya dari dua poros yang berbentuk sudut. Poros tersebut adalah drive pinion dan ring gear. Drive pinion dan drive gear disusun sejajar dan bersinggungan satu sama lain tanpa ada celah. Penting bagi OtoFriends untuk memastikan persinggungan helical ini selalu terlumasi dengan baik agar dapat terhindar dari masalah aus atau kerusakan helical gear.

Cara Kerja Helical Gear

Helical gear memiliki bentuk menyerupai heliks berukuran kecil dan ringan. Sudut yang terbentuk dari roda gigi helical gear ini adalah 15-30 derajat. Helical gear ini mampu menghasilkan torsi transmisi yang besar dan mengklasifikasikan rasio transmisi halus. Helical gear ini banyak digunakan pada mobil penggerak roda depan. 

OtoFriends bisa menjumpai nya pada kendaraan dengan kecepatan >3500 rpm seperti turbine drives, locomotive gear box, machine tool drives, dan power transmissions. Helical gear disusun sejajar dengan komponen roda gigi lainnya sehingga timbul bunyi dan getaran akibat persinggungan. Alhasil, gaya bisa dipindahkan secara lembut ke sistem gear box mesin mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Helical Gear

Helical gear memiliki kelebihan dari segi getaran yang lebih tenang ketika bekerja. Alhasil tingkat kebisingannya rendah meski sedang bekerja dalam kecepatan yang tinggi. Helical gear juga mampu menahan beban lebih besar dari spur gear dan usia pemakaian yang cukup panjang.

Dari segi kekurangannya, helical gear cenderung memiliki daya dorong samping, sehingga perlu bearing untuk bisa menahan beban. Kekurangannya ini disebabkan oleh bentuknya yang kecil. Adapun bearing merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk membatasi gerak dua komponen dalam sistem kerja. 

Harga Helical Gear

Helical gear memiliki harga lebih mahal ketimbang spur gear. Jika ada masalah pada komponen helical gear ada baiknya untuk segera melakukan perbaikan, sehingga OtoFriends tidak perlu melakukan penggantian helical gear. Melakukan penggantian helical gear butuh ketelitian dan kesabaran ekstra karena OtoFriends harus memastikan helical gear yang OtoFriends beli telah sesuai dan terjamin kualitasnya. Sekedar informasi, helical gear cukup sulit ditemukan produsennya. Adapun harga Helical gear dibanderol mulai dari Rp1,2 jutaan. Belilah helical gear di distributor tepercaya sehingga OtoFriends bisa merasa lebih tenang saat melakukan penggantian helical gear mobil OtoFriends.

Jenis Roda Gigi Lainnya

Selain helical gear, terdapat beberapa jenis roda gigi lainnya, ada roda gigi lurus atau biasa disebut spur gear, roda gigi luar dan dalam, serta roda gigi bevel.

Baca juga: Bevel Gears: karakteristik, Perawatan, dan Peranannya

Roda gigi lurus atau spur gear ini berbentuk seperti silinder dengan gigi-gigi yang terhubung secara paralel dalam satu poros. Roda gigi luar dan dalam berfungsi untuk mengubah arah putaran. Sedangkan roda gigi bevel berbentuk seperti kerucut dan berfungsi untuk mentransmisikan daya atau putaran antar dua poros.

Cara Merawat Helical Gear

Mengingat helical gear adalah roda gigi yang membentuk sudut dan saling bersinggungan antar komponen, penting bagi OtoFriends untuk melumasi titik pertemuan sudut tersebut. Gunakan oli transmisi yang tepat dan sesuai untuk perawatan maksimal. OtoFriends bisa melakukan konsultasi saat perawatan rutin di bengkel rekanan Otoklix. Kondisi helical gear harus dicek secara rutin. Umumnya masalah kerusakan helical gear disebabkan oleh faktor aus dan usia. 

Jika OtoFriends menemukan tanda-tanda kerusakan pada helical gear, jangan membongkar gearbox secara langsung. 

Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil Ini Rentan Rusak

Melakukan pengecekan pada setiap komponen dan proses kerja helical gear tidak bisa dilakukan secara mandiri. Terdapat alat-alat khusus yang hanya terdapat di bengkel. OtoFriends harus membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan rutin. 

OtoFriends dapat menghubungi kami untuk melakukan konsultasi dan pemilihan bengkel rekanan secara langsung apabila terjadi kerusakan atau keausan pada komponen roda gigi mobil milik OtoFriends.  Download app nya sekarang dan dapatkan perawatan mobil istimewa!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Helical Gear

Helical gear merupakan roda gigi berbentuk heliks yang berfungsi untuk memindahkan energi ketika ruang bakar sedang bekerja.

Helical gear sendiri berfungsi untuk menyempurnakan roda gigi lurus atau yang biasa disebut dengan spur gear. Helical gear ini berfungsi untuk memindahkan gaya dari dua poros yang berbentuk sudut. Poros tersebut adalah drive pinion dan ring gear. Drive pinion dan drive gear disusun sejajar dan bersinggungan satu sama lain tanpa ada celah.

Adapun harga Helical gear dibanderol mulai dari Rp1,2 jutaan.