Menjaga performa ban mobil adalah sebuah kewajiban. Pasalnya, ban mobil menjadi salah satu komponen yang paling utama untuk menjaga keselamatan berkendara. Cara merawat ban mobil adalah dengan melakukan spooring dan balancing. Biaya balancing ban mobil tidak mahal, harganya tidak sebanding dengan keselamatan yang diberikan.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Lantas, berapa biayanya? Apa itu spooring dan balancing? Apa manfaatnya? Yuk, simak!

Biaya Spooring dan Balancing

Harga spooring dan balancing memang bervariatif, tergantung bengkel mana yang kita datangi. Namun, harganya masih relatif terjangkau. Biaya balancing ban mobil mulai dari Rp30 ribuan per roda. 

Sementara itu, biaya spooring biasanya lebih mahal daripada balancing. Mobil kecil seperti Honda Jazz, Suzuki Karimun, Toyota Yaris, dan Toyota Agya, biaya spooring berkisar antara Rp150-175 ribuan per roda. Sedangkan untuk mobil-mobil besar, misalnya Pajero Sport, Outlander, dan Alphard, bisa dikenakan Rp200 ribuan per roda.

Biasanya di bengkel ban mobil tersedia paket spooring balancing. Misalnya untuk harga paket spooring balancing mobil besar adalah Rp220 ribu, jadi biaya balancing ban mobil yang tadinya Rp30 ribuan menjadi hanya Rp20 ribuan saja per roda. Kemudian ada pula biaya finish balance berkisar Rp40 ribuan per roda.

Setelah mengetahui berapa biaya balancing ban mobil dan juga spooring, mari kita simak apa perbedaan keduanya.

Apa Itu Spooring Ban Mobil?

Spooring ban mobil

Berdasarkan urutan cara kerjanya, balancing akan dilakukan setelah dilakukan spooring pada ban mobil. Spooring adalah proses penyeimbangan atau penyelarasan roda-roda mobil. Mobil yang digunakan untuk waktu yang lama, apalagi jika sering dibawa bepergian jauh, biasanya akan mengalami perubahan kedudukan pada keempat roda.

Maka dari itu dilakukan spooring agar keempat roda terebut kembali lurus seperti pengaturan pabrik. Biasanya, kedua roda depan yang pertama akan diluruskan karena roda depan menjadi bagian yang lebih mudah mengalami perubahan sudut akibat pemakaian.

Proses spooring

Proses spooring ini meliputi bagian camber, caster, toe angle, dan turning radius. Mobil yang bannya sudah dilakukan spooring biasanya akan terasa lebih ringan dan juga lebih mudah dibelokkan. Spooring juga mencegah kendaraan belok sendiri ketika setir dilepas. Selain itu berfungsi pula untuk mengurangi keausan pada ball joint roda.

Kapan harus melakukan spooring?

  1. Benjolan pada ban
    Ban mobil perlu dilakukan spooring secara rutin. Selain melakukan dengan rutin, ban mobil yang terlihat ada benjolan juga wajib melakukan spooring. Tandanya suspensi mengalami masalah yang terjadi pada salah satu ban atau seluruhnya.
  2. Roda tidak sejajar
    Spooring juga perlu dilakukan ketika ban mobil terlihat tidak sejajar ketika mobil dalam posisi diam. Kamu bisa memperhatikannya saat mobil diparkir, apakah roda miring atau roda depan terlihat tidak lurus dengan roda belakang.
  3. Setir terasa sulit dikendalikan
    Ciri ini biasanya terasa ketika setir terasa bergetar, padahal sedang melewati jalanan yang mulus dan lurus. Ini bisa menjadi tanda ban harus dilakukan spooring.
  4. Ban aus
    Ban aus atau botak juga menjadi salah satu ciri roda perlu dilakukan spooring. Ban yang botak ini tidak akan bekerja maksimal meskipun pada jalanan yang lurus.
  5. Komponen kaki-kaki bagian depan rusak.

Apa Itu Balancing Ban Mobil?

Balancing ban mobil

Sementara itu, balancing adalah menyeimbangkan massa atau beban berat ban dan velg agar putaran roda menjadi lurus. Perlu kamu ketahui, ketika roda berputar dan mengenai permukaan jalan, roda akan menyalurkan gaya dan torsi pada sumbunya. Jadi, balancing memastikan agar beban yang diterima oleh setiap ban dan velg terdistribusi dengan baik dan merata.

Beban yang terdistribusi dengan rata akan membuat ban menggelinding sempurna dan juga keausan pada ban akan merata. Berkendara menjadi nyaman dan ban juga lebih awet. Apalagi biaya balancing ban mobil juga tergolong murah, jadi bukan harga yang tinggi dibandingkan dengan hasil yang didapatkan.

Cara balancing

Proses balancing adalah dengan dengan meletakkan tambahan beban berupa besi atau timah kecil pada bagian velg mobil. Besi atau timah ini dipasang pafa bagian luar atau bagian dalam velg. Tujuannya agar beban setiap ban menjadi seimbang.

Manfaat balancing mobil

Tidak hanya agar ban mobil menjadi seimbang, ternyata balancing juga memiliki manfaat lainnya seperti berikut ini:

  1. BBM tidak boros
    Ban mobil yang bisa bekerja seharusnya akan meningkatkan performa mobil. Kerja mobil juga menjadi lebih ringan. Dampak ini akan terasa tidak hanya dari segi kenyamanan, tetapi juga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.
  2. Mengurangi biaya perbaikan mobil
    Ban yang bermasalah juga bisa berdampak pada komponen lainnya. Misalnya, ketika melewati jalanan berlubang, akibat ban yang bermasalah maka setir dan suspensi juga akan cepat rusak. Oleh sebab itu, ban berfungsi mengurangi dampak kerusakan tersebut. Sistem suspensi juga tidak kana mengalami benturan yang keras. Kalau setir dan sistem suspensi rusak, tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan mobil akan semakin banyak.
  3. Lebih nyaman ketika berkendara
    Hal yang bisa dirasakan ketika ban mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, mobil bisa saja bergeser sendiri ke kanan atau ke kiri. Padahal, kemudi dalam posisi lurus. Berkendara pun menjadi lebih melelahkan dan tentunya berbahaya bagi keselamatan.
  4. Meningkatkan keselamatan dalam berkendara
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, merawat ban mobil tentu saja meningkatkan keselamatan berkendara. Kamu tidak mau kan, mobil bermasalah ketika sedang berkendara? Jadi, lakukan balancing secara rutin ya.
  5. Memperpanjang umur ban kendaraan
    Ban yang sering dirawat, baik dilakukan spooring maupun balancing secara rutin, akan membuat ban lebih awet. Usia pakai ban yang lebih lama ini tentu saja bisa menekan pengeluaran untuk mengganti ban sebelum waktunya.

Nah, itu dia informasi tentang biaya balancing ban mobil dan spooring serta informasi lain seputar perawatan ban. Melakukan spooring dan balancing bukan merupakan servis besar, tetapi perlu dilakukan secara rutin. Biayanya tidak mahal, tetapi manfaatnya sangat terasa. 

Cari bengkel ban mobil terdekat lokasimu di Jabodetabek. Tidak perlu repot berkeliling, cukup cari melalui aplikasi Otoklix dan bisa langsung booking. Harga yang harus dibayar juga sesuai dengan yang tertera di aplikasi lho!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.