Saat membeli mobil, setiap orang pasti mengecek horsepower yang dihasilkan oleh mesin. Horsepower berasal dari kata “Horse” yang berarti kuda dan “Power” yang berarti tenaga, mudahnya horsepower bisa disebut tenaga kuda. Apakah seperti itu arti dari horsepower? Agar tidak salah mengartikan, yuk simak pembahasan mengenai apa itu horsepower secara lengkap.

Apa Itu Horsepower

Horsepower merupakan satuan yang digunakan untuk menggambarkan tenaga mesin mobil, biasanya disingkat dalam tulisan HP. Menurut Wikipedia, 1 horsepower setara dengan 735-745 watt. Di era modern saat ini, horsepower/daya kuda diseragamkan 1 hp = 746 watt.

Awalnya, satuan horsepower digunakan untuk perbandingan performa antara mesin uap dengan tarikan kuda. Akhirnya sampai saat ini satuan HP digunakan untuk mengukur daya dari berbagai jenis mesin. Termasuk pada mesin mobil, biasanya pada setiap mobil akan ditampilkan tenaga yang dihasilkan dalam satuan hp/dk. Semakin tinggi horse powernya, maka semakin besar tenaga mobil yang dihasilkan.

Kira-kira mobil OtoFriends saat ini memiliki tenaga berapa horsepower?

Fungsi Horsepower

Horsepower berfungsi untuk bisa membuat mobil bisa melaju dengan membawa beban. Tenaga dihasilkan dari putaran mesin pada saat pembakaran terjadi. Horsepower akan muncul saat mobil sudah mulai bergerak. Tenaga tersebut akan keluar sesuai dengan injakan pedal gas yang dilakukan oleh pengemudi.

Selain itu, fungsi dari horsepower bisa menjadi patokan tenaga mesin yang dihasilkan pada mobil. Biasanya, untuk mobil jenis sport dan mobil mahal memiliki horsepower yang tinggi. Tidak heran bila mobil sport mahal bisa mencapai kecepatan tinggi dalam hitungan detik saja.

Tetapi sampai saat ini masih ada beberapa orang yang masih bingung perbedaan antara horsepower dan torsi mobil. Biasanya memang pada pembahasan spesifikasi mobil selalu dimunculkan. Contohnya untuk mobil Avanza 1.5L menghasilkan tenaga 105 HP dengan torsi 141 Nm.

Perbedaan Horsepower dan Torsi

Satuan untuk horsepower menggunakan HP sedangkan untuk torsi menggunakan Nm. Torsi merupakan energi yang dihasilkan oleh mesin dari kendaraan diam sampai bergerak. Saat kendaraan dalam posisi diam, mesin akan memberikan dorongan agar mobil bisa bergerak akselerasi. Nah inilah yang dinamakan torsi. Satuan torsi yang digunakan saat ini adalah Newton Meter (Nm).

Sedangkan untuk horsepower lebih kepada tenaga yang dihasilkan untuk membawa beban saat mesin berjalan. Dapat kita simpulkan bahwa torsi berhubungan dengan akselerasi dan horsepower berhubungan dengan kecepatan. Lalu apakah kita bisa meningkatkan daya kuda pada mesin mobil standar kita saat ini?

Baca juga: 14 Mobil Sport Terbaru yang Bakal Rilis di Masa Mendatang

Cara Meningkatkan Horsepower

Jika tenaga mesin mobil yang kamu miliki saat ini belum sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Ada cara meningkatkan horsepower pada mobil yang bisa kamu coba. Berikut Otoklix sudah merangkum beberapa caranya:

  1. Kurangi beban mobil

Cara meningkatkan horsepower mobil paling mudah adalah dengan mengurangi beban mobil. Beban yang semakin berat akan memperlambat laju mobil. Jadi, semakin ringan mobil maka tenaganya akan meningkat. Indikatornya bisa dilihat dari top speed meningkat.

Pada mobil balap, komponen-komponen yang tidak digunakan biasanya akan dilepas atau diganti dengan part lain. Cara paling mudah dengan melepas kursi belakang atau bagasi jika memang tidak dibutuhkan. 

  1. Gunakan knalpot free flow

Ada anggapan bahwa mengganti knalpot model free flow/racing bisa membuat tenaga mobil meningkat. Memang benar tenaga bisa meningkat, tetapi konsekuensinya suara yang dihasilkan akan lebih keras dan nyaring. Tenaga yang dihasilkan dengan mengganti knalpot standar ini berkisar 10 persen.

  1. Ganti air filter

Ganti saringan udara standar dengan aftermarket, cara ini mudah sekali dilakukan tinggal copot dan pasang saja. Harga air filter aftermarket berkisar antara 600 ribu sampai 4 jutaan. Tenaga mobil yang dihasilkan bisa meningkat 3-6 HP. Menarik bukan?

  1. Digital tuning

Salah satu teknik digital tuning adalah melakukan remapping ECU. Remap ECU adalah tindakan memodifikasi ulang ECU mobil sehingga mampu meningkatkan tenaga mesin. Prosesnya juga singkat tidak perlu bongkar-bongkar mesin. Tinggal menyambungkan laptop ke socket OBD pada mobil. Biasanya setelah melakukan remap tenaga bisa meningkat 10 persen. Biaya remap ECU umumnya mulai dari sekitar 2 jutaan untuk saat ini.

  1. Memasang turbo

Turbo atau turbocharger akhir-akhir ini semakin marak, alasannya karena bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar. Banyak mobil keluaran baru menggunakan mesin berkubikasi kecil dengan tambahan turbo. Tenaga yang dihasilkan bisa menyamai mobil dengan kubikasi mesin yang lebih besar. Tetapi sebelum memasang turbo pada mobil, konsultasikan dulu ke ahlinya agar tidak merusak mesin. 

  1. Ganti busi dan bahan bakar

Menggunakan busi iridium akan membuat pembakaran mobil menjadi sempurna. Apalagi dikombinasikan dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, daya kuda yang dihasilkan akan meningkat. 

  1. Tune up mobil

Tune up mobil adalah upaya yang dilakukan untuk mengembalikan performa mobil seperti saat baru. Setelah melakukan tune up biasanya mobil akan terasa lebih responsif dan tenaga yang dihasilkan lebih besar. Hal ini karena semua komponen mesin dilakukan pembersihan dan penggantian sehingga kinerjanya kembali normal.

Bagaimana OtoFriends sudah mempraktekkan semuanya dan hasilnya bagaimana?

Baca juga: 17 Mobil Tercepat di Dunia, Top Speed 531 km/jam!

Mobil dengan Horsepower Tertinggi

Jika mobil kamu saat ini memiliki tenaga sekitar 100an HP, diluar sana ada mobil yang memiliki horsepower yang tinggi. Bahkan berkali lipat dari mobil yang kamu miliki. Berikut Otoklix berikan daftar mobil dengan horsepower tertinggi di dunia saat ini.

  1. Bugatti Chiron Super Sport 300+ dengan tenaga 1.578 HP.
  2. Koenigsegg Regera dengan tenaga 1.521 HP.
  3. Bugatti Divo dengan tenaga 1.500 HP.
  4. Koenigsegg Agera RS dengan tenaga 1.360 HP.
  5. NIO EP9 dengan tenaga 1.360 HP.

Agar performa mobil tetap terjaga, selalu lakukan service rutin dan penggantian oli secara berkala di bengkel terdekat dari tempat tinggal. Lewat aplikasi Otoklix kamu bisa mendapatkan rekomendasi bengkel terbaik di sekitar tempat tinggal tanpa harus keluar rumah.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

1 horsepower sama dengan 746 watt.

Horsepower merupakan satuan ukuran tenaga yang dihasilkan mesin untuk membawa beban.

Torsi berhubungan dengan akselerasi dan horsepower berhubungan dengan kecepatan.