Membersihkan jok mobil memang tidak bisa sembarangan. Apalagi jika jok mobil tersebut memiliki bahan dasar dari kain atau kulit. Tentu ada cara tersendiri untuk membuat jok kita tetap bersih. Sebab cara membersihkan bagian dari mobil yang satu ini akan berpengaruh terhadap hasil yang didapat. Untuk itu kita harus melihat material dari jok mobil kita.

Nah jika jok mobil kalian dilapisi dengan kain tentu akan sangat sulit untuk dibersihkannya. Akan tetapi kalian masih bisa membersihkannya di rumah sendiri. Berikut OtoKlix rangkum langkah-langkah untuk membersihkan jok mobil berbahan dasar atau yang dilapisi oleh kain, simak ya!

Cara Membersihkan Jok Mobil

– Siapkan Alat yang Akan Digunakan

Nah sebelum kita membersihkan jok mobil ada baiknya kita mempersiapkan alat yang akan dipakai terlebih dahulu. Kalian hanya membutuhkan vacuum cleaner, cairan pembersih, dan sikat.

Banner

Otoklix juga ingin memberi saran bagi kalian untuk memilih sikat gigi bayi yang memiliki bulu-bulu lebih halus, Hal itu agar tidak merusak kulit jok yang kotor.

– Bersihkan Jok dengan Vacum Cleaner

Setelah menyiapkan seluruh alatnya, OtoFriends bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu yang menempel di jok mobil kalian. Hal ini dilakukan agar debu-debu dan partikel-partikel kotoran lainnya dapat terangkat terlebih dahulu. Selain itu, tahap ini harus pertama kali dilakukan agar debu ataupun partikel kotorannya tidak semakin menempel saat jok mobil sudah diberikan cairan pembersih.

– Bersihkan Noda di Jok dengan Cairan Pembersih

Setelah yakin seluruh debu, kotoran, partikel halus, maupun remahan sisa makanan tersedot ke dalam vacuum cleaner, lanjutkan pembersihan jok kain dengan cairan pembersih yang berbahan dasar sabun. Hal itu agar tidak merusak serat dari kulit jok tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur

Jika tidak punya pembersih khusus jok mobil, Kalian dapat menggantinya dengan alternatif deterjen yang dicampurkan air bersih. Setelah itu, masukkan cairan sabun ke botol. Semprotkan cairan sabun ini ke bagian jok mobil yang kotor.

Setelah itu gosok perlahan dengan menggunakan sikat berbulu lembut. Usahakan menggosoknya dengan satu arah yang sama agar tidak merusak serat kain. Lakukan secara berulang menggosok jok dengan sikat dan sabun sampai nodanya hilang.

– Keringkan Jok Mobil

Jika seluruh bagian jok sudah digosok dengan menggunakan sabun, maka cara membersihkan jok mobil kain yang berikutnya adalah pembilasan dan pengeringan dengan kain lap microfiber bersih.

OtoFriends dapat mengusap kain tersebut pada seluruh permukaan jok. Tujuannya agar kotoran dan sabun yang tadi disemprotkan berpindah ke lap. Usap-usapkan lap ke permukaan jok sampai bersih dan tidak ada yang tertinggal.

Apabila sudah bersih, keringkan permukaan jok dengan pengering rambut atau hair dryer. Tujuan agar proses pengeriangan dapat berjalan cepat dan maksimal.

Cara Merawat Jok Mobil

Setelah membersihkan seluruh bagian jok mobil kalian, OtoFriends juga kudu bisa menjaga dan merawat kondisi jok mobil kesayangannya agar tidak cepat kotor.

– Gunakan Pelapis Anti Noda

Pasca pembersihan, gunakan lapisan anti noda pada bangku pengemudi dan penumpang mobil untuk mencegah noda dan kotoran menempel. Memang Pelapis anti noda dapat menyulitkan kotoran seperti noda untuk bertahan dan dapat memperpanjang umur jok.

Pelapis anti noda yang bagus seperti Scotchgard Fabric dan Upholstery Protector tersedia di toko-toko peralatan rumah tangga. Dengan begitu umur pemakaian jok pun bisa lebih panjang.

Baca Juga: Cara Cuci Jok Mobil, Harus Sesuai Bahannya Ya!

– Jangan Makan dan Minum di Mobil

Makan dan minum di dalam mobil memang boleh, tapi ada baiknya dibatasi agar tidak meninggalkan noda di bangku mobil.Dengan tidak makan dan minum di dalam mobil, dapat mengurangi potensi terkena noda atau kotoran pada jok mobil. 

Oleh karena itu, kalau tidak terlalu darurat, lebih baik menghindari makan di dalam kendaraan. Hal itu agar tidak sering membersih jok mobil terus menerus.
Selain membersihkan jok mobil secara mandiri di rumah, kalian juga bisa pergi ke bengkel detailing terdekat. Jika ingin mencari bengkel yang tepat OtoFriends bisa menggunakan website OtoKlix untuk mencari bengkel guna perawatan mobil kesayangan kalian.