Sebagai pemilik kendaraan, kita perlu mengetahui cara menghemat energi yang berupa BBM agar konsumsi bahan bakar kendaraan semakin irit. Sebab bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu energi tak terbarukan sehingga sewaktu-waktu pasokannya bisa saja habis.

BBM berasal dari minyak bumi, salah satu komoditas sumber daya alam minyak dan gas bumi yang dapat habis bila dikonsumsi secara terus-menerus. Energi ini bersifat tak terbarukan sehingga kita perlu menghemat dan mengefisiensikan penggunaan kendaraan agar konsumsi BBM irit.

Belum lagi kenaikan harga BBM secara berkala yang sedang dilakukan pemerintah semakin menambah beban pemilik dan pengguna kendaraan. Karenanya saat ini banyak energi alternatif yang bisa digunakan untuk menggerakkan motor pada kendaraan dan langkah-langkah untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak tersebut.

Baca juga: Update Harga BBM September 2023, Banyak Yang Naik!

Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Tips untuk menghemat konsumsi BBM yang paling sering kita dengar adalah bepergian menggunakan transportasi umum yang telah disediakan pemerintah. Selain bisa menghemat BBM, kita juga bisa mengurangi polusi di ibukota.

Namun, bila ternyata OtoFriends tetap harus melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi sendiri. Berikut ini 10 cara menghemat energi yang berupa BBM.

1. Menggunakan BBM yang Tepat

Kendaraan bermotor yang menggunakan jenis bahan bakar dengan nilai oktan sesuai rekomendasi produsen mobil dapat membersihkan komponen mesin khususnya saat terjadi pembakaran serta dapat menghemat konsumsi bahan bakar itu sendiri.

Hal ini lantaran kerja mesin jauh lebih ringan, proses pembakaran lebih baik sehingga bahan bakar yang dibutuhkan dalam jumlah yang wajar.

2. Memindahkan Gigi Persneling secara Perlahan dan Tepat

Perpindahan gigi persneling yang terlalu cepat juga menjadi penyebab membengkaknya konsumsi bahan bakar kendaraan. Saat Mesin mobil baru dinyalakan, lakukan oper gigi secara perlahan pada angka RPM yang tepat.

Kekeliruan lainnya yang sering kita lakukan adalah saat melintasi medan jalan menanjak di mana kita menggunakan gigi persneling tinggi. Padahal lebih baik menggunakan gigi rendah saat melintasi permukaan jalan menanjak untuk menjaga kestabilan mesin.

3. Mengontrol Kecepatan Kendaraan

Kecepatan mobil dapat mempengaruhi efisiensi konsumsi bahan bakar kendaraan. Walaupun tersedia pilihan kecepatan di atas 100 km/jam, akan tetapi sebaiknya ikuti maksimal kecepatan yang disarankan produsen mobil.

Saat mobil melaju dengan kecepatan maksimal, maka konsumsi BBM semakin banyak. Belum lagi bila kita melakukan rem mendadak.

Beberapa kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi penggunaan BBM adalah saat berkendara di tengah kemacetan ibu kota, di mana kita harus mengontrol kecepatan mobil dan lebih sering menekan pedal gas dan pedal rem secara bersamaan. Di saat itulah penggunaan konsumsi BBM semakin membengkak.

4. Menggunakan AC Sewajarnya

Cara menghemat energi yang berupa BBM selanjutnya adalah dengan menggunakan AC mobil sewajarnya. Pasalnya saat kerja AC mobil begitu besar, maka energi dari mesin pembakaran harus berbagi untuk menggerakkan kompresor AC.

Namun bila kita harus menggunakan AC mobil, maka nyalakan AC saat suhu ruang di dalam kabin mobil gak terlalu panas. Dengan begitu kompresor AC akan bekerja dengan normal.

Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

5. Memeriksa Tekanan Angin Ban Mobil

Selain memiliki peran sebagai fungsi keselamatan dan keamanan kendaraan, ban mobil juga memiliki peran cukup vital terhadap konsumsi BBM kendaraan bermotor.

Lakukan pemeriksaan tekanan angin ban mobil secara berkala apakah besaran tekanan tersebut sudah sesuai dengan angka yang direkomendasikan produsen mobil. Saat kendaraan memiliki tekanan angin yang sesuai maka tingkat ketahanan gulir ban tersebut semakin baik sehingga dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Hal ini terjadi lantaran material pembuat ban mobil adalah karet berpori-pori sehingga dapat mengurangi tekanan angin ban mobil secara natural.

6. Memangkas Beban Mobil, Khususnya Bagasi

Memperhatikan bobot atau beban yang dibawa mobil sebelum bepergian juga bisa menghemat penggunaan BBM pada kendaraan. 

Hal tersebut terjadi karena bila mobil membawa beban yang terlalu berat maka kerja mesin akan semakin berat, proses akselerasi juga semakin sulit hingga membutuhkan bahan bakar dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, pertimbangkan kembali barang bawaan kita saat bepergian. BIla ada barang yang kurang berguna maka tinggal saja untuk mengurangi beban mobil.

7. Mematikan Mesin Mobil Saat Berhenti Lama

Kebiasaan cukup buruk yang sering terjadi adalah membiarkan mesin mobil menyala dalam waktu lebih dari 1 menit. Bahkan bila kita sedang menunggu seseorang selama 1 menit, lebih baik matikan mesin mobil untuk menghemat konsumsi BBM.

Jika ingin menunggu di dalam mobil namun terhindar dari kondisi panas, maka sebaiknya parkirkan kendaraan di bawah pohon atau area teduh lainnya.

8. Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Tips lainnya agar bisa menghemat penggunaan BBM adalah dengan rutin memelihara dan merawat kondisi kesehatan mobil melalui servis berkala dan tune up. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan mesin mobil. Saat kondisi mesin mobil dalam keadaan normal maka proses pembakaran pun berlangsung normal.

9. Melakukan Servis Berkala dan Servis Tune Up

Umumnya teknisi akan menyarankan kita untuk rutin melakukan servis berkala setiap 3 bulan sekali atau setiap mobil menempuh jarak kelipatan 5.000 sampai 10.000 kilometer.

Adapun servis mobil berkala yang dimaksud meliputi pemeriksaan oli dan cairan pelumasan mobil, busi mobil, bearing, filter bensin hingga sensor udara. Tujuan servis berkala adalah untuk mendeteksi bila terjadi kerusakan dini pada komponen mobil sehingga kita bisa lebih dulu memperbaikinya sebelum keluar biaya terlalu banyak.

Selain servis berkala, tips untuk menghemat konsumsi BBM melalui pemeliharaan mesin mobil adalah rutin melakukan servis tune up setiap 6 bulan sekali atau tergantung rekomendasi produsen mobil yang bisa kita lihat pada buku manual.

Servis tune up bertujuan untuk membersihkan seluruh komponen mesin mobil, khususnya memperhatikan kondisi putaran mesin agar kembali bertenaga seperti semula.

Gak perlu khawatir dengan stigma biaya servis tune up yang mahal. OtoFriends bisa mencari tahu biaya servis mobil melalui aplikasi Otoklix.

Bengkel Otoklix menghadirkan layanan pemeliharaan dan perawatan mobil terlengkap dengan harga transparan dan terjangkau yang mudah kita akses melalui aplikasi Otoklix.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Baca juga: Mengenal Jenis Bahan Bakar untuk Mesin Kendaraan

10. Cara Menghemat BBM Lainnya

Inti utama dalam menghemat BBM adalah bagaimana cara kita memelihara dan merawat kendaraan bermotor. Cara memelihara kendaraan termasuk bagaimana cara kita menggunakan mobil selama berkendara.

Misalnya saja menggunakan oli mesin mobil yang tepat dan benar sesuai rekomendasi produsen mobil sehingga kerja mesin mobil semakin ringan. Mempertimbangkan lokasi parkir apalagi bila lokasi parkir outdoor, hindari parkir kendaraan yang langsung terpapar sinar matahari.

Penggunaan sistem pengereman sewajarnya dan dapat mengontrol mobil saat melakukan akselerasi serta rutin membersihkan filter udara untuk mengurangi beban kerja mesin mobil merupakan salah satu tips untuk menghemat konsumsi BBM.

Demikianlah informasi tentang cara menghemat energi yang berupa BBM. Semoga kita semakin bijak dalam menggunakan BBM agar semakin hemat.

Pertanyaan Seputar Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM :


Tips menghemat konsumsi BBM agar semakin irit antara lain menggunakan BBM dengan RON yang tepat, mengontrol kecepatan kendaraan, menggunakan AC mobil sewajarnya, memindahkan gigi persneling secara perlahan dan tepat, dan rutin memeriksa tekanan angin ban mobil.


BBM berasal dari minyak bumi, salah satu komoditas sumber daya alam minyak dan gas bumi yang dapat habis bila dikonsumsi secara terus-menerus. Energi ini bersifat tak terbarukan sehingga kita perlu menghemat dan mengefisiensikan penggunaan kendaraan agar konsumsi BBM irit.


Contoh cara menghemat BBM yakni dengan memangkas beban atau bobot mobil saat kita akan berkendara, mematikan mesin mobil saat berhenti lama minimal 1 menit, hingga rutin melakukan servis mobil secara berkala.