Mobil Ford masih menjadi salah satu mobil dambaan masyarakat Indonesia. Salah satu mobil terbaiknya adalah mobil Ford Focus. 

Sayangnya sejak semester kedua penjualan tahun 2016 kemarin Agen Pemegang Merek (APM) Ford Motor Indonesia telah mengundurkan diri dari pasar otomotif Indonesia. Dengan kata lain, seluruh penjualan unit dan dealer Ford di Indonesia sudah tutup.

Ford kembali memasarkan unit mobilnya melalui RMA Group Indonesia selaku distributor Ford di Indonesia pada tahun 2022. Secara resmi RMA Group Indonesia mengambil alih seluruh layanan after sales dan spare part Ford.

Sayangnya, mobil yang ditawarkan RMA Group hanya mobil pick up Ford Ranger dan mobil SUV-nya Ford Everest. Apabila OtoFriends ingin membeli mobil Ford Focus 2023 maka bisa mencari ke luar negeri atau membeli Ford Focus sedan atau hatchback bekas dari situs otomotif jual beli mobil online.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Ford Terbaru 2023 dan Spesifikasinya

Harga Mobil Ford Focus Bekas

Portal otomotif Otoklix mengutip dari berbagai laman dan situs penjualan mobil online, berikut ini harga mobil Ford Focus bekas.

Tipe Ford FocusTahunHarga Ford Focus Bekas
Ford Focus 2.0 L Sporty AT2005Mulai dari Rp50 juta
Ford Focus 2.0 L Sporty AT2006Mulai dari Rp57 juta
Ford Focus 2.0 L Sporty AT2007Mulai dari Rp60 juta
Ford Focus 2.0 L TDCi2007Mulai dari Rp100 juta
Ford Focus 1.8 L Comfort2008Mulai dari Rp70 juta
Ford Focus 2.0 L Sporty AT2008Mulai dari Rp70 juta
Ford Focus 2.0 L Sporty MT2008Mulai dari Rp75 juta
Ford Focus 2.0 L TDCi2008Mulai dari Rp110 juta
Ford Focus 1.8 L Comfort2009Mulai dari Rp75 juta
Ford Focus 2.0 L TDCi2009Mulai dari Rp120 juta
Ford Focus 1.8 L Comfort2010Mulai dari Rp80 juta
Ford Focus Trend 5-Door2010Mulai dari Rp88 juta
Ford Focus 2.0 L TDCi2010Mulai dari Rp130 juta
Ford Focus 2.0 L TDCi2011Mulai dari Rp140 juta
Ford Focus 1.8 L AT2011Mulai dari Rp75 juta
Ford Focus 1.8 S Hatchback2011Mulai dari Rp99 juta
Ford Focus 1.6 Trend Sedan2012Mulai dari Rp89 juta – Rp120 juta
Ford Focus 1.6 L AT2012Mulai dari Rp95 juta
Ford Focus 2.0 Titanium Sedan2012Mulai dari Rp115 juta – Rp150 juta
Ford Focus Titanium Sedan AT2013Mulai dari Rp139 juta
Ford Focus 2.0 Sport Hatchback2014Mulai dari Rp132 juta
Ford Focus 2.0 Sporty AT2014Mulai dari Rp145 juta
Ford Focus 2.0 L Titanium Sedan AT2014Mulai dari Rp145 juta – Rp185 juta
Ford Focus EcoSport Titanium AT2015Mulai dari Rp125 juta
Ford Focus 1.5 Sport Hatchback2016Mulai dari Rp132 juta

Deretan Fitur Unggulan Ford Focus

Mengapa Ford Focus masih menjadi pilihan kendaraan masyarakat Indonesia padahal begitu sulit mendapatkan mobil Ford Focus 2023 terbaru. Meskipun harus membeli Ford Focus 1.5 Ecoboost bekas, kita tetap akan membeli mobil bekas tersebut.

Terdapat 6 varian mobil Ford Focus antara lain Sport+/Titanium+, Sport/Titanium, Trend, dan Ambiente. Namun, varian terakhir yang baru dirilis di tahun 2015 adalah Ford All New Focus. Apa saja keunggulan mobil Ford Focus tersebut sehingga bisa menjadi mobil favorit sepanjang masa.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan serta Biaya Service Mobil Ford

1. Active Park Assist

Ford sudah membekali mobil Focus teknologi Active Park Assist dari dulu sebelum fitur tersebut banyak digunakan mobil-mobil konvensional. Fitur Active Park Assist ini memudahkan kita saat melakukan parkir paralel.

Cara penggunaannya cukup mudah, hanya menekan tombol yang tersematkan pada bagian panel instrumen guna mengaktifkan sensor ultrasonik. Saat sensor tersebut telah aktif maka mobil dapat memindai jarak mobil dan objek di sekitarnya.

2. Smart Keyless Entry

Gak ketinggalan teknologi keyless sudah ada sejak zaman All New Focus tahun 2012-2015. Fitur Smart Keyless Entry ini memudahkan kita saat membuka dan menutup pintu mobil. Saat kita berada di dekat mobil, maka secara otomatis pintu akan terbuka sekalipun kita belum mengeluarkan kunci mobil.

3. Ford SYNC Microsoft

Ford membekali teknologi voice command pada mobil Ford Focus namun dengan teknologi yang lebih canggih yakni menggunakan SYNC Microsoft. 

Teknologi SYNC tersebut memungkinkan pengendara untuk menerima pesan teks dan membacanya, termasuk bentuk pesan singkat populer yang menggunakan emoticon bila terkoneksi dengan smartphone yang kompatibel.

Kita juga bisa mengirim balasan melalui aktivasi suara berdasarkan 15 tanggapan yang telah ditentukan sambil terus menyetir. Teknologi SYNC Microsoft tersedia dalam 19 bahasa.

4. Pelindung Kisi-Kisi Bumper

Untuk membantu menyeimbangkan mobil dan meningkatkan aerodinamikanya pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, Ford memberi pelindung khusus di bagian kisi-kisi bumper. Pelindung tersebut akan menutup secara otomatis pada kecepatan tertentu.

Adanya pelindung kisi-kisi bumper ini juga berfungsi untuk menekan suhu di bawah kap mesin saat mobil melaju dengan kecepatan rendah.

5. Ford Power Start

Seperti mobil masa kini yang sudah menggunakan button khusus untuk menyalakan mobil tanpa memasukkan kuncinya. Ternyata Ford telah menerapkan teknologi tersebut sejak kurang lebih 5 tahun lalu.

Sebab, mobil Ford All New Focus telah menggunakan teknologi tersebut sehingga kita dapat menyalakan mesin mobil hanya dengan menekan button Ford Power Start sembari menginjak pedal rem.

6. Blind Spot Information System (BLIS) Ford

Fitur unggulan lainnya yang dibekali Ford pada mobil Ford Focus adalah fitur Blind Spot Information System (BLIS). Sesuai dengan namanya, fitur BLIS Ford ini merupakan teknologi khusus yang dapat mendeteksi adanya objek atau kendaraan lain di sekitar mobil yang masuk ke dalam zona blind spot.

Saat sistem mendeteksi objek tersebut, secara otomatis lampu indikator LED pada kaca spion di sisi yang sama akan menyala. Dengan begitu, kita dapat menghindari objek tersebut supaya gak saling berbenturan. Sistem ini baru bisa beroperasi saat mobil Ford Focus melaju pada kecepatan di atas 10 km/jam di jalur perkotaan.

7. Active City Stop

Fitur unggulan terakhir yang menjadi andalan Ford Focus adalah fitur Active City Stop. FItur ini merupakan fitur yang dapat mengurangi risiko benturan dan tabrakan pada kecepatan rendah (30 km/jam).

Secara sederhana, cara kerjanya mulai dari sensor Light Detection and Ranging (LIDAR) yang disematkan Ford di bagian atas kaca depan mobil ini akan mendeteksi objek sejauh 7,6 meter di depan mobil. 

Apabila ditemukan adanya kendaraan di depan mobil kita, maka secara otomatis mesin menerima sinyal untuk mengurangi kecepatan. Sayangnya Active City Stop hanya tersedia pada mobil Ford Focus varian Sport+ dan Titanium+.

Baca juga: Daftar Bengkel Mobil Ford se-Jabodetabek [Terlengkap!]

Tips Menemukan Bengkel Mobil Terbaik

Sebenarnya mobil tua bisa saja memiliki performa mesin yang masa kuatnya dengan mobil baru asalkan kita memperhatikan kesehatan mesin dan setiap komponen mobilnya.

Sebagai contoh rutin ganti oli mobil sesuai aturan, rutin memeriksa aki mobil hingga tekanan angin pada ban mobil. Sedangkan perawatan hariannya, kita bisa memperhatikan kebersihan eksterior dan interior mobil dengan membawa mobil ke salon mobil.

Namun, dalam memilih bengkel mobil dan salon mobil ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan agar perawatan dan perbaikan mobil lebih maksimal. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Memilih bengkel mobil yang telah terjamin jam terbang dan profesional tim mekanik
  • Memilih bengkel yang menjamin keaslian spare part
  • Memilih bengkel yang memiliki peralatan bengkel terlengkap
  • Memilih bengkel mobil yang mempunyai SOP jelas dan kredibilitas tinggi
  • Memilih bengkel yang memiliki layanan dan fasilitas nyaman

Semua hal-hal yang OtoFriends pertimbangkankan saat memilih bengkel mobil bisa kita temukan di Bengkel Otoklix. Otoklix menjamin kemampuan dan profesional tim mekaniknya, kelengkapan peralatan bengkel dan keaslian spare part setara dengan OEM.

Menariknya ada layanan khusus yang gak dimiliki bengkel lain, yakni layanan booking service online melalui aplikasi Otoklix. Bahkan, kita dapat mengetahui estimasi biaya servis sebelum datang ke bengkel dan dapat memilih metode pembayaran, mau membayar secara online atau secara langsung di bengkel.

Konsultasikan kerusakan dan servis mobil kita melalui aplikasi Otoklix atau menghubungi OtoBuddy. Hanya Otoklix yang memberikan harga paling transparan dan terjangkau.

Itulah daftar harga mobil Ford Focus bekas dan fitur-fitur unggulan yang tersedia pada mobil Ford Focus. Tertarik untuk membeli mobil Ford?

Pertanyaan Seputar Usia Pensiun Karyawan Swasta

Mobil Ford Focus pertama kali diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2005.

Harga mobil Ford Focus bekas mulai dari Rp50 jutaan sampai Rp185 jutaan tergantung varian dan tahunnya. Mobil Ford Focus 2.0 L Sporty AT tahun 2005 dijual mulai dari Rp50 jutaan, Ford Focus 1.8 L Comfort 2010 mulai dari Rp80 jutaan, dan Ford Focus 2.0 Titanium Sedan berkisar Rp115 juta sampai Rp150 jutaan.

Ford kembali memasarkan unit mobilnya melalui RMA Group Indonesia selaku distributor Ford di Indonesia pada tahun 2022. Secara resmi RMA Group Indonesia mengambil alih seluruh layanan after sales dan spare part Ford.