Radiator adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting karena berfungsi sebagai sistem pendingin. Radiator akan mendinginkan air panas dari mesin yang masuk ke upper tank dan pipa-pipa radiator kemudian disalurkan kembali melalui lower tank.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Sistem pendingin ini didukung oleh tiga komponen lainnya seperti cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Ini merupakan elemen penentu baik atau tidaknya performa mesin mobil.

Oleh karena itu wajib bagi pengguna mobil untuk selalu merawat radiator. Penasaran dengan harga service radiator mobil? Simak biaya service radiator berdasarkan kerusakannya, yuk.

Estimasi Harga Service Radiator Mobil

1. Biaya melepas radiator mobil

Melepas radiator saja membutuhkan keahlian dan alat-alat yang sesuai. Jika asal dilepas, bisa-bisa radiator mobil malah rusak. Jadi, jika kamu tidak bisa melepasnya sendiri, sebaiknya serahkan kepada bengkel terdekat saja, ya.

Biasanya radiator dilepas jika mengeluarkan bunyi “ngorok”. Proses melepas radiator mobil dikenakan biaya sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 250 ribu. Biaya ini berlaku untuk semua jenis mobil, baik yang transmisi manual maupun matik.

Setelah radiator mobil dilepas, selanjutnya radiator akan dibersihkan lalu dilakukan pengecekan menyeluruh. Jadi harga service radiator di atas bukan hanya jasa melepas saja, ya. Jika tidak ada kerusakan, maka radiator akan dipasang kembali pada mobil.

2. Estimasi ongkos pengecekan radiator

Radiator bisa saja hanya dilakukan pengecekan, tanpa melepas dan pembersihan. Pengecekan radiator ini juga meliputi selang radiator, dan pengisian ulang air radiator (menggunakan air mineral atau air keran). 

Jika kamu ingin menggunakan cairan khusus radiator, tentu saja ada biaya tambahan. Pastinya mengisi radiator dengan cairan khusus radiator akan membuat performa yang lebih baik pada mobil kamu.

Harga service radiator mobil untuk pengecekan saja tidak mahal, hanya sekiar Rp100 ribuan.

3. Tarif service radiator

Setiap bengkel memberikan tarif perbaikan yang berbeda-beda. Namun biaya service radiator mobil tentunya tak akan jauh berbeda antara bengkel spesialis dengan bengkel umum.

Biasanya, biaya service radiator mobil di bengkel resmi akan lebih mahal dibandingkan dengan bengkel umum. Rata-rata, biaya service untuk radiator mobil di bengkel resmi berkisar antara Rp250-400 ribu. Tergantung seberapa parah kerusakan radiator mobil kalian.

Berbeda dengan bengkel mobil resmi, untuk harga service radiator di bengkel umum biasa hanya sekitar Rp175-350 ribuan saja. Namun tergantung tingkat kerusakan yang terjadi pada radiator mobil kalian.

Baca Juga: Waspasa 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis atau Berkurang

Semakin parah kerusakan radiator mobil. Maka, semakin mahal pula biaya service yang harus Anda keluarkan pastinya.

Ongkos service radiator ini memang berbeda-beda di setiap bengkel mobil. Hal ini disebabkan oleh jenis layanan serta kecekatan montir di bengkel tersebut. Apabila Anda men-service radiator di bengkel ternama.

Bisa jadi, biaya service radiator mobil ini lebih mahal ketimbang service radiator di bengkel mobil biasa. Rata-rata, biaya service untuk radiator mobil di bengkel ternama ini berkisar antara Rp250-400 ribu. Tergantung seberapa parah kerusakan radiator mobil Anda. Berbeda dengan bengkel mobil biasa.

Di bengkel tersebut, harga service radiator ini dipatok dengan harga Rp175-350 ribu. Tergantung pula dengan tingkat kerusakan radiator mobil. Semakin parah kerusakan radiator mobil. Maka, semakin mahal pula biaya service yang harus Anda keluarkan pastinya.

4. Harga kuras radiator

Meskipun tidak terlalu penting, radiator mobil kamu perlu sesekali dikuras setiap jangka waktu tertentu untuk menghindari korosi pada radiator. Kamu bisa menggantinya setiap 5.000 km atau 2 bulan sekali.

Air radiator juga sebaiknya menggunakan cairan khusus radiator seperti air coolant radiator, radiator super coolant, ataupun antifreeze coolant protector.

Harga service radiator untuk pengurasan masih cenderung terjangkau. Sekitar Rp20-30 ribuan saja. Namun, untuk penggantian cairan radiator khusus harganya sedikit lebih mahal, yaitu Rp50-85 ribuan untuk kemasan satu liter.

Cara Merawat Radiator agar Tetap Prima

Nah, untuk menghindari penggunaan biaya yang terlalu banyak karena service radiator mobil, kamu bisa melakukan perawatan agar radiator mobil kamu tidak cepat rusak. Cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi radiator mobil kamu.

1. Selalu perhatikan volume air pada radiator

Volume air yang cukup pada radiator akan menjaga stabilitas temperatur pada mesin mobil. Jika volumenya berkurang maka bisa mengakibatkan overheat, mesin mobil menjadi cepat panas sehingga performanya pun akan terganggu.

Jadi, pastikan kamu selalu mengecek volume air radiator secara berkala.

Baca Juga: Cara Mengganti Air Radiator Mobil, Perawatan untuk Cegah Overheat

2.  Bersihkan tangki radiator secara berkala

Menguras radiator adalah salah satu perawatan mendasar untuk radiator mobil. Kamu bisa menguras air radiator 2 minggu sekali. Menguras radiator bisa menghindarkan komponen radiator yang terbuat dari logam dari korosi.

3. Gunakan air yang sesuai untuk radiator

Untuk mengisi air radiator, kamu bisa menggunakan air PAM atau air mineral. Jangan gunakan sembarang air seperti air tanah karena mengandung kadar besi yang tinggi yang bisa mengakibatkan karat.

Sebaiknya memang menggunakan cairan khusus radiator seperti radiator coolant, radiator super coolant, ataupun antifreeze coolant protector. Air khusus radiator ini lebih baik untuk menjaga suhu mobil dan juga bisa mengangkat kotoran-kotoran dan karat yang menumpuk pada tangki radiator.

4. Pastikan radiator tertutup rapat

Pastikan juga radiator tertutup rapat agar tidak terjadi kebocoran cairan radiator saat mendinginkan temperatur mesin yang panas.

Nah, itu tadi harga service radiator mobil dan juga cara merawatnya. Jika kamu mencari bengkel untuk service radiator mobil, kamu bisa instal aplikasi Otoklix.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.