Mengendarai mobil yang memiliki transmisi manual memang tidak mudah. Sebab, tidak semua orang mampu mengendalikan mobil satu ini, termasuk wanita.

Kaum wanita biasanya identik dengan mobil matic. Namun, tidak jarang ada juga kaum hawa yang ingin menyetir mobil manual.

    Terlebih tidak semua orang memiliki mobil matic. Oleh sebab itu, kebutuhan akan transportasi wanita kian meningkat.

    Lantas, apa saja tips untuk wanita untuk belajar mobil manual ? Berikut Otoklix sudah merangkumnya untuk Otofriends semua.

    Belajar dengan yang Ahli

    Tips pertama untuk wanita yang ingin belajar mobil manual adalah menemukan orang ahli atau mahir. Belajar dengan orang yang sudah mahir dapat membantu Anda belajar mobil dengan cepat. 

    Karena belajar dengan orang mahir mobil pengalaman mereka lebih banyak dan jam terbang mereka sudah lebih biasa. Sebisa mungkin hindari belajar dengan orang terdekat. Orang terdekat bisa orangtua, saudara atau pasangan.

    Karena bila belajar mobil dengan orang terdekat bisa membuat anda tidak nyaman untuk belajar, kerap kali karena dirasa sudah dekat anda jadi dimarahi karena kesalahan dan kerap kali memarahi jika terlihat lambat saat belajar mobil.

    Baca Juga: Apa Itu Transmisi Mobil Manual dan Otomatis? Kenali Perbedaannya Berikut Ini

    Tenang Saat Belajar

    Mayoritas wanita merasa takut saat pertama kali mencoba belajar mengemudikan mobil. Namun apabila terus merasa takut. Disarankan, untuk tenang, termasuk saat tidak sengaja melakukan kesalahan seperti menabrak kendaraan lain.

    Bukan hal yang fatal apabila orang yang baru belajar sesuatu, masih merasa gugup dan melakukan suatu kesalahan.

    Baiknya dari kesalahan tersebut, dapat belajar menjadi lebih baik. Kamu dapat mencobanya dengan mengambil nafas dalam-dalam sebelum mulai berkendara.

    Terus Tingkatkan Tantangan

    Apabila sudah dirasa lancar mengemudi mobil di lapangan atau kompleks rumah yang tidak terlalu ramai, disarankan untuk berpindah ke tempat lain.

    Jika sedikit berani dan nekat, bisa belajar di jalan raya dengan catatan tetap didampingi dengan yang mahir.

    Tidak hanya kaum wanita, semua orang sebaiknya melalui proses belajar dari tahap yang mudah sampai sulit untuk menguasai sesuatu, termasuk mengendarai mobil.

    Cari Tempat Aman untuk Berlatih

    Tempat yang nyaman disini maksudnya adalah tempat yang sepi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti menabrak orang dan lain sebagainya.

    Lapangan luas dapat menjadi pilihan tepat yang dipilih untuk belajar mengemudikan mobil. Di tempat tersebut, kemungkinannya sangat kecil bisa menabrak apapun, serta tidak akan menemui kemacetan maupun jalanan berliku yang membuat pusing.

    Pahami Setiap Tombol pada Kendaraan

    Sebelum mulai berlatih, pengendara pemula wajib mengenali komponen yang digunakan saat mengemudi. Tentunya dari cara menyalakan mobil, kemudian pedal gas, kopling, hingga rem. 

    Kemudian, lanjutkan pada tuas persneling yang digunakan untuk memindahkan gigi. Pastikan pengendara tahu setiap fungsi dan cara mengoperasikan komponen-komponen tersebut. 

    Jika memungkinkan, pengemudi bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga yang sudah mahir, atau bisa juga belajar langsung kepada ahlinya.

    Baca Juga: Cara Pakai Alat Buka Ban Mobil Manual, Praktis dan Efisien

    Cara Belajar Mobil Manual

    Setelah mengetahui tips belajar manual, ada baiknya para wanita memahami cara belajar mobil manual. Ini dia rangkumannya.

    Kenali Semua Fungsi Pedal

    Tahap pertama saat ingin belajar mobil manual adalah dengan mengenal setiap fungsi pedal yang ada. Sebab, ada tiga pedal pada mobil manual.

    Pedal paling kiri yang diinjak dengan kaki kiri adalah pedal kopling. Pedal di tengah adalah pedal rem yang diinjak dengan kaki kanan. Sedangkan pedal gas berada di paling kanan, yang juga diinjak dengan kaki kanan.

    Kenali Kopling

    Setiap pedal kopling memiliki settingan atau pengaturan yang berbeda. Oleh sebab itu lebih baik mengenal karakteristik pedal kopling pada setiap mobil.

    Pedal kopling sendiri  berfungsi mengakomodasi perubahan gigi, baik itu menurunkan atau menaikkan. Sebelum pindah gigi persneling, pengendara harus menginjak pedal kopling. 

    Coba Operasikan Masing – Masing Pedal

    Dalam pengoperasian pedal, pengendara mobil perlu konsentrasi. Pengendara harus membiasakan melepas pedal kopling secara pelan – pelan dan secara teratur setelah memindahkan gigi persneling.

    Hal itu agar kita terbiasa saat akan berkendara mobil manual. Ingat, kuasai kopling dan gas, tidak ketinggalan rem mobil.

    Hidupkan Mesin

    Menghidupkan mesin mobil dengan cara distarter menggunakan kunci kontak. Apabila mesin sudah menyala barulah pengendara mobil melepas pedal kopling dan tuas transmisi masih berada di posisi netral (N).

    Injak Kopling Hingga Dalam

    Pelajari cara menekan pedal kopling. Injaklah kopling sepenuhnya dan tahanlah. Coba terus dan secara teratur sampai pengendara mendengar suara mesin mulai turun. 

    Injak pedal kopling mobil berkali-kali agar pengendara mobil bisa mengenali suara mesin mobil.

    Jalankan Mobil

    Jika ingin menjalankan mobil, pengendara masukkan gigi persneling lalu mengangkat atau melepaskan kaki pada pedal kopling hingga putaran mesin menurun. Kemudian injak pedal gas mobil dengan perlahan.

    Baca Juga: Cara Memanaskan Mobil untuk Mobil Manual dan Matic

    Otofriends dapat menyeimbangkan gas dan kopling dengan seirama. Caranya, coba berulang kali agar tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling bisa dikombinasikan.

    Pengendara mobil manual dengan kopling juga harus waspada dan konsentrasi pada rem tangan mobil jika harus berhenti dalam keadaan darurat.

    Nah untuk para pengendara mobil manual dan kaum hawa yang ingin memberikan perawatan terbaik untuk mobilnya bisa langsung datang ke bengkel terpercaya rekanan dari Otoklix. Selain itu kalian bisa menikmati berbagai promo yang telah tersedia.

    Pertanyaan Seputar Belajar Mobil Manual 

    Yang paling penting saat ingin belajar mobil manual adalah dengan mengenal masing-masing fungsi pedal.

    Ada baiknya belajar manua di tempat yang aman dan nyaman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 36 tahun 1994 tentang Pendidikan Mengemudi Kendaraan Bermotor, Pasal 13 ayat 1, jumlah jam pelajaran seseorang mengemudi kendaraan bermotor paling sedikit adalah 80 jam.