Pandemi sudah berjalan sampai saat ini, statusnya sudah mulai masuk dalam fase endemi. 

Pemerintah menerapkan kebijakan tentang protokol kesehatan bagi seluruh masyarakat. Gerai makanan menerapkan kebijakan ini dengan inovasi makan di mobil atau ‘dine in car’. 

Makan di mobil menjadi pilihan baru di era sekarang. Beberapa restoran besar sudah menerapkan konsep tersebut. Contohnya restoran Ikkudo Ichi, Holycow!, Lokananta resto, Dragon cafe dan masih banyak lagi.

Para pelanggan tinggal melakukan pemesanan makanan, kemudian makanan akan diantarkan langsung ke mobil pelanggan. Walaupun suasana makan di mobil berbeda, namun banyak pelanggan puas dengan konsep MABIL atau makan di mobil.

Bagi OtoFriends yang ingin mencoba konsep ini sah-sah saja. Akan tetapi sebisa mungkin lakukan tips makan di mobil berikut agar mobil tetap nyaman dan bersih.

Tips makan di mobil

1. Pastikan posisi parkir aman

Aspek keselamatan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pastikan posisi parkir mobil sudah aman tidak menghalangi jalan.

Jangan sampai saat sudah menerima makanan, namun posisi mobil membahayakan orang lain. Pastikan parkir di area yang sudah disediakan oleh pihak restoran, bukan di pinggir jalan umum yang bisa membuat kemacetan.

2. Pasang rem tangan

Sudah mendapatkan posisi parkir yang aman dan nyaman, pastikan kamu menarik rem tangan. Tujuannya agar mobil tetap diam saat parkir. Khususnya untuk lokasi parkir yang memiliki jalan tidak rata.

3. Nyalakan lampu dan AC

Makan di mobil tentunya akan terasa pengap dan panas saat AC tidak dinyalakan. Menyalakan AC bisa membuat aktivitas makan menjadi lebih nyaman dan terhindar dari gerah.

Selain itu nyalakan lampu saat malam hari agar makanan terlihat. Pastikan juga untuk selalu menutup jendela setelah menerima makanan agar makanan tidak terpapar kotoran dari luar kabin.

Baca juga: Cara Membersihkan AC Mobil dengan Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

4. Siapkan nampan atau meja

Kendala utama saat makan di mobil adalah tidak tersedianya nampan atau meja. Usahakan sudah menyiapkan nampan dari rumah, jaga-jaga kalau pihak resto tidak menyediakan nampan.

Hindari meletakan makanan pada kursi mobil, karena tersenggol sedikit saja makanan bisa tumpah dan mengotori mobil. Selain itu kamu bisa menyiapkan meja makan mobil portable, bisa berupa meja lipat. Atau bisa menyiapkan meja panjang untuk makan di kursi belakang.

Beberapa restoran makan di Jakarta sudah menyiapkan meja kecil untuk menaruh makanan dan minuman. Tetapi alangkah baiknya tetap persiapan dari rumah.

5. Sedia alat pembersih dan hand sanitizer

Selalu sediakan alat pembersih seperti tisu kering, tisu basah atau lap microfiber untuk berjaga-jaga jika ada makanan atau minuman yang tumpah. Minuman dingin biasanya akan berembun di luar gelas, sehingga berpotensi membasahi kabin mobil.

Sediakan juga sapu, sikat kecil dan vacum cleaner untuk berjaga-jaga. Alat-alat ini berguna untuk membersihkan serpihan makanan yang terjatuh dari meja. Jangan lupa untuk selalu menyediakan hand sanitizer untuk cuci tangan, karena pasti akan kesulitan mencari wastafel untuk cuci tangan. Menggunakan hand sanitizer sebelum makan bisa mengurangi adanya kuman dan bakteri di tangan.

Baca juga: Checklist Kebersihan Mobil Agar Nyaman di Tengah Pandemi Covid-19

6. Bawa alat makan sendiri

Pihak restoran pasti sudah menyediakan alat makanan yang bersih dan higienis, tetapi tidak ada salahnya kamu membawa alat makan sendiri. OtoFriends juga bisa menyiapkan kotak makan, tujuannya saat makanan tidak habis bisa dibungkus bawa pulang ke rumah. 

7. Batasi jumlah penumpang

Agar bisa lebih leluasa bergerak saat makan di mobil, kamu bisa membatasi jumlah penumpang dalam mobil. Tujuannya agar gerak bisa lebih leluasa dan suasana di mobil tidak pengap.

Jika mobil diisi penumpang full, potensi makanan tumpah sangat besar karena saling bersenggolan. Selain itu bau makanan akan memenuhi seluruh kabin mobil saat selesai makan.

8. Reservasi sebelum datang

Usahakan untuk melakukan reservasi sebelum datang ke restoran. Apalagi jika restoran yang datangi ramai, tujuannya agar tidak lama menunggu dan kehabisan tempat parkir.

Setiap restoran tentunya memiliki kebijakan pemesanan makanan yang berbeda, tetapi alangkah baiknya bisa melakukan reservasi sebelum datang. 

9. Memilih jenis makanan yang tepat

Hindari makanan yang yang memiliki resiko merusak kabin mobil. Contohnya minuman mains, es krim, gorengan, makanan bersaus, makanan cepat saji. Wah hampir semua jenis makanan ya.

Makanan dan minuman tersebut berpotensi menimbulkan noda saat tumpah ke jok mobil. Hindari memesan makanan dan minuman yang panas, ditakutkan saat tumpah bisa melukai tubuh.

Jangan terlalu khawatir, asalkan makanan dan minuman tidak tumpah kabin mobil tetap aman dan bersih.

10. Hindari menu berkuah

Hal penting dalam memilih makanan adalah hindari menu-menu yang memiliki kuah.

Contohnya seperti menu Bakso dan Soto. Walaupun sudah menyiapkan meja makan sendiri, tetapi potensi kuah tumpah dan mengotori interior tetap besar.

Usahakan memilih menu makanan yang tidak memiliki kuah dan merepotkan saat makan.

11. Makan pelan-pelan

Tips “dine in car” selanjutnya adalah makan dengan pelan-pelan dan santai. Jangan terlalu tergesa-gesa, karena kamu berada di mobil sendiri bukan di meja makan restoran.

Jika OtoFriends makan dengan tergesa-gesa, potensi makanan dan minuman mengotori interior mobil semakin besar. Jika sudah seperti ini, mau tidak mau harus membawa mobil ke bengkel detailing interior.

12. Beri ruang menaruh makanan

Tips penting saat memesan makanan di mobil adalah selalu beri ruang untuk menaruh makanan. Hindari memesan makanan langsung banyak sehingga kamu kebingungan meletakan makanan dimana.

Hindari meletakan makanan dan minuman langsung di jok mobil, kecuali diberi alas berupa nampan atau meja. Beri ruang yang luas agar makanan dan minuman tidak tersenggol saat bergerak. Ini berkaitan juga dengan kapasitas penumpang yang sudah disinggung dari awal.

Baca juga: Variasi Interior Mobil yang Wajib Ada Agar Berkendara Nyaman

13. Mencuci mobil lebih sering

Kalau kamu sering melakukan makan di mobil, lebih baik mobil dicuci lebih sering dari biasanya. Bengkel cuci mobil banyak yang menawarkan fitur cuci mobil dan salon mobil dengan alat-alat yang canggih. OtoFriends tidak perlu khawatir ada sisa makanan dan minuman yang tertinggal sehingga dikerubungi semut.

Jika kamu sedang mencari bengkel cuci mobil terdekat untuk membersihkan mobil, kamu bisa cek lewat Aplikasi Otoklix.

Otoklix akan mencarikan bengkel cuci mobil terdekat dan direkomendasikan.

Kamu bisa memilih hari sesuai waktu longgar kamu, sehingga tidak takut ditolak karena bengkel cuci mobil penuh.

Pertanyaan Seputar Makan di Mobil

Makan di mobil sebenarnya adalah hal yang tidak dilarang. Namun kegiatan ini memang tidak pernah ada yang menganjurkannya. Sebab jika kita pikir seksama, hal positif dari kegiatan ini sedikit. Dari sisi keselamatan berkendara, pengemudi yang mengendalikan mobilnya sambil makan tentu jadi sangat berbahaya.

Dine in merupakan istilah memesan makanan dan menikmatinya di tempat tersebut. 3. Take away kebalikan dari dine in. Take away artinya pesanan makanan dan minuman dibawa pulang, tidak dimakan di tempat.

Prinsip penyajian makanan adalah wadah untuk setiap jenis makanan harus ditempatkan dalam wadah terpisah dan diusahakan tertutup. Tujuannya agar makanan tidak terkontaminasi silang.