OtoFriends, sekarang lampu LED mobil memang sudah jadi tren. Namun sebelum tergoda buat upgrade lampu mobil, penting banget buat tahu cara memilih lampu LED yang tepat. Yuk, simak seluk-beluk soal lampu LED mobil terlebih dahulu! 

Apa itu Lampu LED Mobil 

LED sebenarnya kependekan dari Light Emiting Diode. Lampu jenis ini merupakan bagian dari konstruksi semikonduktor yang bisa menyala ketika ada arus listrik. 

Satu hal yang menarik dari lampu LED adalah karakteristiknya yang hemat energi dan awet. Dibandingkan dengan lampu halogen yang cuma bisa bertahan sekitar 1.000 jam saja, lampu LED bisa awet sampai lebih dari 15.000 jam, lho! 

Kelebihan Lampu LED 

Dibandingkan lampu halogen, lampu LED punya beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan lampu LED buat mobil: 

  1. Lebih terang

Kelebihan yang paling kentara dari lampu LED ini ada pada cahayanya yang lebih terang dibandingkan lampu halogen. Tentu saja, makin terang cahayanya, makin jauh pandangan dan visibilitas pengendara. 

  1. Hemat daya listrik

Lampu LED lebih hemat daya listrik dibanding lampu halogen. Dengan lampu LED, kamu bisa hemat hingga 50 persen daya listrik dibanding pakai lampu halogen. 

  1. Desain menarik

Lampu LED bisa jadi aksesoris untuk mempercantik mobil kamu. Dengan tampilan modern, mobil bakal jadi makin keren. 

  1. Harga Terjangkau

Harga lampu LED tidak bikin kantong bolong. Harganya bahkan lebih terjangkau dibanding lampu bohlam asli. 

Jenis-Jenis Lampu LED Mobil 

Ada banyak jenis lampu LED mobil yang biasa dijual di pasaran. Berikut beberapa jenis lampu LED yang biasa dipakai di mobil: 

  1. LED T10

Jenis lampu yang satu ini punya lebar soket 10 mm. Biasanya, LED T10 dipakai buat lampu senja, lampu sign, indikator panel dashboard, dan buat plat nomor. 

  1. LED T20

Lampu dengan ukuran 20 mm ini sering diapakai buat lampu sign, mundur, dan rem. Biasanya, LED T20 ini dipakai di mobil Eropa dan jarang ditemukan di mobil Asia. 

  1. LED Lumiled

Ini dia lampu LED yang paling populer. Lampu LED lumiled ini bisa jadi lampu utama mobil karena dayanya yang tinggi. Jadi pas banget buat lampu depan. 

  1. Floodlight

Lampu LED yang satu ini cocok buat eksterior mobil. Lampunya punya cahaya putih tajam dan fokus. Bukan cuma itu, lampu floodlight juga hemat energi dan bisa jadi headlamp yang kuat. 

  1. LED Dome Light

LED Dome Light biasa dipakai buat pencahayaan ringan di kabin mobil. Buat cari barang atau baca buku di mobil, lampu ini pas banget. 

  1. LED SMD

Lampu jenis ini bagus buat pengganti LED Dome Light. Teknologi LED-nya lebih baik, cahayanya juga lebih terang. 

  1. LED COB

Lampu yang satu ini punya banyak chip LED di satu papan. Biasanya, lampu ini dipakai buat ganti lampu kabin di plafon mobil. 

Cara Memilih Lampu LED untuk Mobil 

Memilih lampu LED buat mobil memang perlu ketelitian. Buat bantu kamu menemukan lampu led mobil paling terang, berikut tips yang bisa kamu coba: 

  1. Pilih lampu dengan lumen yang tinggi

Perhatikan tingkat kecerahan lampu. Ini penting banget! Lihat besarnya lumen yang dihasilkan lampu yang mau kamu beli. Semakin besar lumen-nya, semakin bagus tingkat kecerahan cahayanya. 

  1. Pilih lampu yang sudah dilengkapi sistem pendingin

Pastikan lampunya sudah punya sistem pendinginan, seperti pendingin udara, kipas, atau sistem pendinginan dengan air. Sistem pendingin ini nantinya bisa bantu meredam panas dari lampu LED. 

  1. Ganti batok lampu dengan model projector

Sebaiknya ganti batok lampu dengan model projector. Alasannya biar pancaran cahayanya lebih terarah dan optimal. Jadi, lampunya tidak cuma terang tetapi juga benar-benar fokus ke arah yang kamu mau. 

Rekomendasi Merek Lampu LED Mobil 

Bicara soal merek lampu LED mobil, pilihannya ada banyak banget. Namun, biar tidak makan banyak waktu, kamu bisa mulai dari daftar lampu led mobil terbaik berikut ini: 

  1. Hypersonic LED H11

Lampu ini termasuk dalam kategori lampu LED murah berkualitas. Dengan harga sekitar Rp 200.000-300.000, lampu ini hemat dan ramah terhadap AKI mobilmu. Sorot cahayanya sekitar 4.800 Kelvin, terang tapi tidak menyilaukan. 

  1. Autovision LED LX8

Lampu ini ramah daya dengan daya 25 watt dan hasil cahaya empat kali lebih terang hingga 4.000 lumen. Harganya mulai dari Rp 1 jutaan dengan daya tahan hingga 30.000 jam. 

  1. Philips LED Turbo H7

Philips LED Turbo H7 juga pilihan bagus dengan keterangan cahaya 200 persen lebih terang dari lampu LED lainnya. Meski harganya sekitar Rp 1.000.000-2.500.000, kualitasnya sudah tidak diragukan. Jika kamu cari lampu led mobil yang terang saat hujan, Philips LED Turbo H7 jelas bisa jadi opsi yang oke. 

  1. Philips X-treme Ultinon LED-HL (H4)

Philips X-treme Ultinon LED-HL (H4) menawarkan keterangan cahaya yang lebih terang, tajam, dan fokus dengan harga lebih terjangkau. Kamu bisa beli lampu ini di kisaran harga Rp 450.000-700.000. 

  1. Osram LED T10

Osram LED T10 punya keunggulan multifungsi dan cocok, baik untuk mobil atau kendaraan roda dua. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 50.000-100.000. 

Memilih lampu LED untuk mobil itu memang tidak sesederhana yang dibayangkan. Dari kecerahan, pendinginan, sampai jenis lampu yang sesuai dengan kebutuhan mobil, semuanya penting untuk dipertimbangkan. 

Tidak perlu khawatir soal pemasangan, OtoFriends! Kamu bisa kunjungi bengkel Otoklix untuk pasang lampu LED mobil. Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak servis yang ditawarkan dengan mengunjungi website Otoklix. Jika sudah tahu servis apa yang kamu butuhkan, segera jadwalkan kunjunganmu secara online! 

  

Pertanyaan Seputar Lampu LED Mobil  

  1. Apakah lampu LED mobil bisa tembus hujan?

Tidak semua lampu LED mobil bisa tembus hujan. Semua tergantung pada temperatur cahaya lampunya. 

  1. Berapa watt lampu LED untuk mobil?

Lampu LED mobil standarnya punya daya 35 watt. Tapi, ada juga lampu yang punya daya 100-130 watt. 

  1. LED H4 untuk mobil apa?

Lampu LED H4 bisa diapakai untuk semua jenis mobil, mulai dari city car, MPV, sampai SUV. 

  1. Lampu H11 untuk mobil apa saja?

Lampu H11 biasanya dipakai buat lampu low beam, fog lamp, atau lampu sein. Lampu jenis ini seringnya dipakai di mobil jenis SUV atau MPV.