Cara isi freon AC mobil tidak boleh dilakukan sembarangan ya, OtoFriends. Sebab, kesalahan pengisian freon AC mobil akan menyebabkan kerusakan pada AC dan membuat suhu mobil tidak sedingin biasanya. Akibatnya, kenyamanan berkendara kita menjadi terganggu.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Mengisi freon AC mobil sendiri di rumah bisa dilakukan asalkan mengikuti seluruh panduannya dengan tepat. Proses yang kurang tepat membuat kondisi freon menjadi cepat rusak. Maka dari itu, simak bagaimana cara isi freon AC mobil yang benar berikut ini ya.

Apa Itu Freon AC Mobil

Freon adalah salah satu komponen yang mendukung sistem kerja AC dalam mendinginkan kabin. Komponen berbentuk gas ini mudah menguap di udara, sehingga kondisinya perlu diperhatikan dengan baik. Freon yang habis akan menyebabkan AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin.

Mengingat sifatnya yang mudah sekali menguap, kita harus mengeceknya secara rutin. Takaran freon AC mobil yang berkurang atau habis akan membuat hembusan angin pada ruang kabin turut berkurang.

Apabila OtoFriends merasa AC mobil kurang dingin dan justru mengeluarkan udara panas, itu bisa dijadikan acuan untuk segera melakukan pengisian freon AC mobil. OtoFriends bisa memilih untuk mengisinya di bengkel atau mengisinya sendiri di rumah.

Baca juga: Service AC Mobil: Waktu, Manfaat, dan Biaya Service

Persiapan Isi Freon AC Mobil

Jika ingin mengisi freon AC mobil sendiri di rumah, ada beberapa langkah yang perlu OtoFriends persiapkan sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah persiapan isi freon AC mobil.

1. Mengosongkan sisa freon

Langkah pertama sebelum mengisi kembali freon AC mobil yaitu dengan mengosongkan freon lama yang tersisa. Hal ini dilakukan agar kedua freon nantinya tidak tercampur karena bisa memengaruhi kinerja dari AC. 

Cara untuk mengosongkan freon lama adalah dengan memasang alat manifold gauge atau manometer gauge. Manifold gauge merupakan alat untuk membaca tinggi rendahnya tekanan pada AC.

Jika manifold gauge menunjukkan angka 160-250 psi, itu menandakan tekanan freon tergolong tinggi. Jika angka yang muncul pada manifold gauge berkisar antara 15-20 psi, maka tekanan freon tergolong rendah. 

2. Membersihkan AC dan freon yang tersisa

Meski sudah mengosongkan freon lama, kita tetap harus membersihkan AC sekali lagi untuk memastikan tidak ada sisa uap dari freon lama yang menempel. OtoFriends bisa menggunakan mesin vakum untuk membersihkannya,

Mesin vakum dibutuhkan untuk membantu menghilangkan sisa-sisa uap air yang mungkin masih tersisa dalam sistem AC mobil. Sisa-sisa uap air yang tidak dibersihkan akan bercampur dengan udara dan dapat mempercepat proses pembekuan freon pada sistem AC. Inilah yang menyebabkan gumpalan es dan merusak sistem pendingin mobil.

Baca juga: Cara Membersihkan AC Mobil dengan Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

3. Memberikan pelumas pada kompresor AC

Setelah dipastikan bersih, kita bisa mulai memberikan pelumas pada kompresor AC. Pelumasan penting dilakukan sebelum mengisi freon AC untuk mengurangi risiko kerusakan pada kompresor AC. 

OtoFriends bisa menuang oli pelumas sebanyak 5-10 cc ke dalam kompresor AC mobil menggunakan bantuan gelas ukur. Caranya dengan memasukkan selang manifold gauge yang masih terhubung dengan vakum pada gelas ukur. 

Buka katup kran dengan tekanan rendah sedikit demi sedikit hingga oli pelumas masuk perlahan ke dalam sistem kompresor AC mobil dengan sempurna. Jangan lupa untuk menutup kembali katup kran saat oli pelumas berhasil masuk ke dalam kompresor AC mobil.

4. Melakukan pengisian freon baru

Setelah semua persiapan di atas telah selesai dilakukan, maka OtoFriends sudah berada pada tahap cara isi freon AC mobil yang baru. Perlu diingat bahwa kondisi AC mobil harus dalam keadaan mati saat pengisian freon dilakukan.

Proses pengisian freon AC mobil dapat dilakukan dengan dua cara, yakni cara isi freon AC mobil pada saluran tekanan rendah dan cara isi freon AC mobil pada saluran tekanan tinggi.

Cara Isi Freon AC Mobil Tekanan Rendah

Cara isi freon AC mobil juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan saluran tekanan rendah. Namun, cara ini lebih baik dilakukan oleh tenaga profesional karena harus dilakukan dengan teliti dan penuh kehati-hatian. Berikut langkah-langkah pengisian freon AC mobil tekanan rendah:

  1. Hidupkan mesin pada putaran 2000-3000 rpm
  2. Jika sudah, hidupkan juga AC mobil dengan temperatur maksimal
  3. Lakukan pengisian freon pada saluran hisap atau suction (S/L) yang ada pada kompresor AC menggunakan manifold gauge, lalu buka kran tabung freon dan tutup rapat kran saluran tinggi
  4. Setelah itu, buka kran tekanan rendah secara perlahan agar freon yang masuk ke dalam saluran kompresor AC berupa gas bukan cairan
  5. Perhatikan besar tekanan freon AC mobil, pastikan jarum penunjuk pada manifold gauge tekanan rendah menunjukkan angka kisaran 21-29 psi dan indikator pada tekanan tinggi menunjukkan angka 200-213 psi dengan tujuan memastikan apakah freon sudah penuh atau belum
  6. Setelah semua proses pengisian freon menggunakan metode tekanan rendah sudah selesai, pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi pada saluran AC dengan menggunakan alat berupa AC leak detector

Cara Isi Freon AC Mobil Tekanan Tinggi

Jika ini menjadi kali pertama OtoFriends mencoba cara isi freon AC mobil sendiri, metode tekanan tinggi dinilai sangat cocok. Ini karena kompresor AC mobil tidak akan bekerja menekan komponen lain terutama zat pendingin yang masih dalam bentuk cair saat proses pengisian freon

Berikut cara isi freon AC mobil sendiri dengan menggunakan saluran tekanan tinggi yang bisa diikuti:

  1. Pertama-tama, naikkan terlebih dahulu tekanan freon dengan cara memanaskan freon dalam alat pengisian khusus bernama charging station
  2. Setelah tekanannya meningkat, pastikan kondisi mesin mobil dan AC dalam keadaan mati
  3. Pastikan alat manifold gauge sudah terpasang dengan kran tekanan rendah ditutup dan kran tekanan tinggi dibuka
  4. Jika sudah, tuangkan freon cair ke dalam sistem AC mobil dengan cara membalik tabung freon
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses pengisian freon tekanan rendah selesai.

Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa freon AC mobil mudah menguap sehingga akan cepat habis. Ada beberapa hal yang membuat freon AC mobil cepat habis, yaitu:

Usia pemakaian

Usia pemakaian menjadi faktor yang paling memungkinkan mengapa freon AC mobil cepat habis. Sebenarnya belum ada yang bisa memastikan berapa lama freon AC mobil akan bertahan. 

Meski begitu, OtoFriends bisa mengganti freon AC mobil saat terjadi penurunan kualitas kerja freon AC mobil dalam menciptakan suhu dingin di dalam kabin mobil.

Kompresor terlalu panas

Penggunaan AC yang berlebih dan kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan kompresor mengalami overheat atau terlalu panas. Suhu kompresor yang terlalu tinggi akan menghambat kondensasi dan mempengaruhi kerja kompresor dan kondensor AC mobil. Alhasil, freon AC mobil jadi mudah sekali mengalami penguapan dan membuatnya cepat habis.

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Terjadi kebocoran pada pipa AC

Kebocoran di bagian pipa penghubung komponen sistem AC mobil dapat memicu habisnya freon AC mobil. Kondisi ini akan bisa dirasakan apabila kehabisan freon terjadi pada kurun waktu yang tidak sewajarnya.

Sebagai salah satu faktor pendukung kenyamanan, AC mobil tentu harus dirawat dan dijaga kondisinya. OtoFriends perlu melakukan servis berkala secara rutin agar tidak sampai telat melakukan pengisian freon AC mobil.

Jika tak punya waktu untuk melakukan cara isi freon AC mobil di atas, OtoFriends bisa melakukan pengisian freon AC mobil di bengkel. Cukup lakukan booking servis AC melalui aplikasi Otoklix untuk menikmati layanan servis maksimal di bengkel mobil terdekat.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Cara Isi Freon AC Mobil

Pengisian freon AC mobil bisa dilakukan dengan metode pada saluran tekanan rendah dan metode saluran tekanan tinggi.

Beberapa hal yang membuat freon AC mobil cepat habis yaitu usia pemakaian, kompresor terlalu panas, atau terjadi kebocoran pada pipa AC.

Freon yang habis akan menyebabkan AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin sehingga harus dilakukan pengisian dengan freon baru.