Ban merupakan komponen vital pada mobil yang memiliki masa pakai. Maka itu, pemilik kendaraan wajib mengetahui kapan komponen tersebut harus diganti salah satunya mengerti arti kode produksi ban mobil.

Mengetahui arti kode produksi ban mobil sangat penting. Pasalnya, jika ban mobil dibiarkan dalam waktu lama tanpa pernah diganti, potensi kecelakaan semakin besar.

Khusus untuk masa pakai ban bisa diketahui dengan mudah yakni melihat kode produksi ban yang tertera pada dinding ban. Kode-kode tersebut berbentuk gabungan angka dan huruf yang disusun berdampingan satu sama lain.

Lantas, bagaimana cara membaca kode produksi ban mobil? Berikut ulasan lengkapnnya.

Posisi kode produksi ban mobil

Kode produksi ban mobil terletak di bagian samping, tepatnya di dalam deretan angka DOT atau yang dikenal sebagai Nomor Identifikasi Ban (TIN). Dalam deretan kode DOT ada 12 sampai 13 karakter yang memberikan informasi terkait identifikasi ban dan tanggal pembuatannya.

Contoh pada gambar memperlihatkan kode DOT M64B IC1R 3317. Sementara kode produksi ban adalah 4 angka terakhir yakni 3317.

Source: Goodyear.com

Cara Baca Kode Produksi Ban

Deretan kode produksi ban mobil berupa DOT terbagi kepada 2 kategori berdasarkan jumlah karakternya yakni ada yang terdiri dari 7-12 karakter dan ada pula yang sampai 13 karakter. Begini cara membacanya:

  1. 7-12 Karakter

Berikut cara membaca deretan kode DOT yang terdiri dari 7-12 karakter:

  • 2 karakter pertama mewakili kode pabrik.
  • 1 atau 2 karakter berikutnya mewakili kode ukuran ban.
  • 4 Karakter selanjutnya menunjukkan kode internal pabrikan untuk konstruksi khusus ban.
  • 4 karakter terakhir merupakan kode produksi ban (kalau ada 4 karakter artinya ban tersebut dibuat sesudah tahun 2000). Untuk 2 digit pertama menunjukkan minggu dari tahun pembuatan ban, sedangkan 2 digit terakhir berupa tahun pembuatan. Misalnya kode DOT M64B IC1R 3317, maka artinya ban tersebut dibuat di minggu ke-33 tahun 2017.
  1. 13 Karakter

Tak hanya itu, ada beberapa kode produksi ban mobil yang terdiri dari 13 karakter. Berikut arti masing-masing karakter di kode tersebut: 

  • 3 karakter pertama mengidentifikasikan plant code atau kode pabrik
  • 6 karakter selanjutnya mengidentifikasikan ukuran, jenis, atau karakteristik penting lainnya dari ban.
  • 4 angka terakhir menunjukkan kode produksi ban 

Cara merawat ban supaya tahan lama

Sama seperti komponen mobil lainnya, ban juga memiliki usia yang bakal habis masanya. Namun, banyak cara supaya ban mobil awet dan tahan lama meski kendaraan jarang digunakan.

Berikut cara merawatnya:

  1. Bersihkan semua kotoran dan debu yang menempel di ban secara rutin dengan sikat dan sair sabun. Setelah itu biarkan hingga mengering.
  2. Tutupi setiap ban (yang tidak terpasang di mobil atau ban serep) dengan cover ban dan pastikan kedap udara. 
  3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering seperti garasi atau ruang bawah tanah yang suhunya tidak berfluktuasi dan tidak terlalu lembab.
  4. Jangan letakkan ban tepat di atas lantai. Upayakan letakkan ban di atas sepotong kayu bersih, dan posisikan secara vertikal berdampingan dengan ban lainnya alih-alih menumpuknya secara horizontal di atas satu sama lain. Hal ini akan membantu mengurangi stres dan potensi distorsi pada ban.
  5. Periksa rutin tekanan ban kepada ahlinya. Unduh aplikasi Otoklix untuk mencari bengkel terdekat. Selain bisa dimanfaatkan untuk mencari bengkel terdekat. Kamu juga bisa melakukan booking service ban, memesan ban baru, dan beragam service otomotif lainnya. Kamu bahkan bisa melihat harga seluruh layanan tersebut langsung di smartphone masing-masing.
  6. Terakhir, sekalipun tidak ada kebutuhan untuk membawa kendaraan keluar rumah, sempatkan sesekali untuk membawa jalan mobilmu. Tujuannya untuk menjaga kelenturan ban dan dispersi oli di dalam kompon karet.

Pilih bengkel sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Otoklix. Otoklix yang merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek ini, akan mencarikan bengkel terdekat di sekitar kamu.