Booster rem mobil bocor bisa jadi masalah fatal bagi penumpang dan pengendara. Masalah booster rem mobil bocor jika tidak segera diperbaiki akan menyebabkan injakan pedal rem menjadi berat. Alhasil kaki terasa pegal, bahaya seperti rasa capek dan kecelakaan pun rawan terjadi. Mengantisipasi hal tersebut, berikut Otoklix rangkum informasi penting terkait ciri, penyebab dan cara memperbaiki booster rem mobil bocor. Simak penjelasannya dibawah ini:

Baca juga: Bengkel Spesialis Rem Mobil di Jakarta dan Estimasi Harganya

Ciri Booster Rem Mobil Bocor

Mengatasi masalah booster rem mobil bocor, ada beberapa ciri yang nampak terlihat pada pedal rem OtoFriends, antara lain:

  1. Pedal Rem Keras Saat Diinjak

Pedal rem mobil yang terasa keras saat diinjak menjadi ciri utama booster rem mobil bocor. Rem mobil yang bocor akan kehilangan vakum sehingga tidak ada tenaga untuk mendorong pedal rem. Alhasil OtoFriends perlu usaha dan energi ekstra untuk dapat menginjak pedal rem mobil OtoFriends.

  1. Muncul Suara Aneh dari Pedal Rem

Ciri berikutnya adalah muncul suara aneh dari arah pedal rem mobil. Suara aneh tersebut seperti suara desisan udara. Sama halnya seperti ban yang bocor, booster rem mobil bocor saat diinjak akan menghisap udara dari luar sehingga ada aliran udara bebas yang masuk ke dalam komponen mobil. Hal inilah yang mengakibatkan bunyi desis pada booster rem mobil bocor. Mengatasi hal ini, OtoFriends harus segera melakukan perbaikan, sehingga kebocoran tidak lebih parah. 

  1. Mesin Mobil Bergetar

Ciri booster rem mobil bocor selanjutnya adalah mobil terasa bergetar ketika pedal rem diinjak. Ketika udara masuk ke komponen mesin mobil yang bocor, sensor ruang bakar akan kesulitan mendeteksi suhu. Alhasil, sensor tidak stabil karena udara ruang bakar telah tercampur dengan udara luar dan mengakibatkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Hal inilah yang mengakibatkan mobil terasa bergetar jika booster rem mobil bocor.

  1. Putaran Mesin RPM Idling Tidak Normal

Jika OtoFriends pernah merasakan mobil susah menyala atau berjalan loyo, bisa dipastikan hal tersebut terjadi karena putaran mesin RPM idling tidak berjalan normal. Ada banyak penyebab dari masalah ini, salah satunya adalah booster rem mobil bocor. Jika sampai hal ini terjadi, maka masalah booster rem mobil bocor sudah sampai ke tahap genting dan harus segera ditangani. 

Penyebab Booster Rem Mobil Bocor

Masalah booster rem mobil bocor bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Oli masuk ke ruang mesin sehingga mengganggu kinerja rem booster mobil
  2. Banyak kotoran menumpuk pada mesin mobil, khususnya di sekitar komponen valve vacuum booster dan selang
  3. Selang vakum bocor
  4. Adanya kerusakan pada salah satu atau beberapa komponen booster rem mobil, seperti membran karet rusak, seal yang kotor, dll
  5. Pada mobil mesin diesel masalah pompa vakum rusak juga sering terjadi. Pompa vakum yang rusak dapat memicu masalah pada booster rem mobil bocor.

Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil yang Bocor

Jangan biarkan masalah booster rem mobil bocor terjadi berlarut-larut pada mobil OtoFriends. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut di bengkel terdekat agar masalah booster rem mobil bocor bisa ditangani dengan tepat. Biasanya kerusakan disebabkan oleh faktor usia. Jika memang sudah usang, langkah tepat yang harus dilakukan adalah segera melakukan penggantian komponen booster rem mobil OtoFriends.

Baca juga: Cara Servis Rem Mobil Jika Booster Rem Rusak

Namun jika ada kerusakan lain, OtoFriends bisa memeriksanya terlebih dahulu secara mandiri sebelum membawanya ke bengkel dengan beberapa cara yaitu:

  1. Melepas master rem yang ada pada tabung booster rem dan cek kondisinya
  2. Cek kondisi karet membran, apakah sobek atau kotor. Bersihkan jika diperlukan
  3. Lepaskan juga booster dari bodi pedal rem
  4. Cek juga semua komponen booster rem lainnya untuk memastikan tidak ada yang terganggu, rusak, atau bocor.
  5. Jika sudah, pasang kembali semua komponen booster rem mobil OtoFriends dengan benar
  6. Lakukan tes dengan menyalakan mobil dan menginjak pedal rem mobil

Jika langkah tersebut sudah dilakukan namun masih saja ada masalah pada booster rem mobil OtoFriends, segera bawa ke bengkel rekanan Otoklix untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut, sehingga sistem pengereman mobil OtoFriends bisa kembali berjalan normal.

Harga Perbaikan Booster Rem Mobil Bocor

Pada umumnya, harga perbaikan booster rem mobil bocor bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan dan penyebabnya. Pasalnya, masalah booster rem mobil bocor juga bisa terjadi karena masalah lain seperti minyak rem yang habis. Jadi untuk berjaga-jaga, OtoFriends bisa menyiapkan rupiah berkisar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu sebagai harga perbaikan booster rem mobil bocor. 

Baca juga: Spesifikasi Minyak Rem Mobil, Manfaat, dan Risiko Jarang Ganti

Sebagai solusi OtoFriends juga bisa menggunakan aplikasi booking servis Otoklix. OtoFriends bisa mengetahui harga servis dan perbaikan di awal pemesanan. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. Harganya pun juga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Booster Rem Mobil Bocor

Masalah booster rem mobil bocor jika tidak segera diperbaiki akan menyebabkan injakan pedal rem menjadi berat. Alhasil kaki terasa pegal, bahaya seperti rasa capek dan kecelakaan pun rawan terjadi.

Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut di bengkel terdekat agar masalah booster rem mobil bocor bisa ditangani dengan tepat. Jika ingin melakukan pemeriksaan sendiri di rumah, coba lepas bagian master rem dan cek setiap komponen booster rem mobil untuk memastikan tidak ada komponen yang terganggu.

Jadi untuk berjaga-jaga, siapkan rupiah berkisar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu sebagai harga perbaikan booster rem mobil bocor.