Noda membandel pada body mobil, seperti bekas aspal, cat kusam karena sinar matahari atau jamur bisa bikin mobil kelihatan kurang kinclong. Cara mengatasinya tidak cukup dengan hanya mencuci mobil saja. OtoFriends perlu melakukan poles mobil.

Poles body mobil merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan kendaraan. Fungsi poles mobil adalah menghilangkan noda atau kotoran yang terdapat pada cat luar, serta memberikan perlindungan pada permukaan mobil.

Manfaat poles mobil bagi kendaraanmu

  • Cat Mobil Terlihat Mengkilap

Poles mobil mampu mengembalikan warna cat mobil seperti semula alias membuat mobil terlihat seperti baru. Setelah melakukan poles mobil, cat mobil tampak elegan dan mengkilap.

  • Cat Mobil Lebih Awet

Cat mobil adalah bagian yang sering terkena kotoran secara langsung. Beberapa jenis kotoran tidak bisa dibersihkan dengan cairan pembersih saja. Solusinya adalah poles mobil karena bisa membersihkan kotoran membandel sekaligus memperpanjang umur cat mobil. Cat akan lebih awet, tidak mudah terkelupas ataupun retak.

  • Hilangkan Baret

Baret pada mobil bisa timbul karena gesekan dengan benda lain, akibat kelalaian sendiri maupun orang lain yang berkendara kurang berhati-hati. Dengan melakukan poles mobil, baret pada mobil akan hilang dan cat kembali seperti semula.

  • Menutup Bintik pada Mobil

Kadang pada cat mobil bisa muncul bintik-bintik. Cara menghilangkannya adalah dengan melakukan pengecatan ulang. Namun, jika ingin berhemat, OtoFriends cukup lakukan poles mobil untuk menghilangkan bintik pada body mobil dan membuat cat kembali mulus dan mengkilap.

  • Meningkatkan Nilai Jual

Mobil yang terlihat kusam tentu terlihat tidak menarik. Hal ini tentu merugikan bagi OtoFriends yang berencana menjual mobil tersebut. Nah, dengan melakukan poles mobil terlebih dahulu, nilai jual mobil akan meningkat karena mobil terlihat seperti baru dan tidak kusam.

 

Berapa Biaya Poles Mobil?

Biaya poles mobil di bengkel bervariasi, tergantung jenis layanan dan bahan yang digunakan. Biaya poles mobil di Jakarta mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp5 jutaan. Semua itu biasanya dalam satu paket, mulai dari cuci mobil, service kaki-kaki, membersihkan interior, detailing hingga poles mobil. Mobil berkapasitas mesin di atas 1500 cc tentu harganya lebih mahal dari kapasitas mesin di bawahnya.

Jika budget tidak terlalu besar, OtoFriends bisa melakukan poles mobil sendiri. Kamu hanya perlu menyediakan alat dan bahannya sendiri, seperti kain microfiber, soft buff, dan clay bar. Meski lebih murah, melakukan poles mobil sendiri membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama.

 

Jenis-jenis Poles Mobil

Jenis-jenis Poles Mobil

Informasi lain yang tak kalah penting mengenai poles mobil adalah jenisnya. Kamu perlu tahu jenis-jenis poles mobil supaya tahu mana yang cocok untuk kendaraanmu.

  • Cleaning

Cleaning merupakan jenis poles mobil yang bertujuan untuk membersihkan semua bagian mobil, termasuk bagian interior dan eksterior mobil. Caranya adalah mencuci mobil hingga menghilangkan kotoran yang menempel pada semua bagian mobil.

  • Detailing

Tidak seperti proses cleaning, detailing hanya berfokus pada bagian permukaan mobil agar tampilannya mulus dan mengkilap atau glowing. Detailing bertujuan untuk menghilangkan kusam pada cat mobil.

  • Coating

Metode poles mobil berikutnya adalah coating, yaitu memberikan lapisan tambahan pada body mobil agar cat mobil tidak mudah kusam atau luntur. Dengan coating, cat mobil akan tampak baru dan lebih cerah.

 

Cara Merawat Mobil Tetap Mengkilap

  • Rajin Membilas

Mobil yang sering dipakai sebaiknya sering juga dibilas. Bilas seluruh body mobil dengan air bersih. Akan lebih bagus jika menggunakan air bertekanan tinggi karena bisa merontokkan kotoran di kolong fender sehingga mobil kembali bersih.

  • Pilih Lokasi Parkir

Pemilihan lokasi parkir juga dapat menentukan tampilan body mobil. Mobil yang sering terguyur hujan dan terpapar panas matahari secara langsung, catnya cenderung lebih kusam. Agar hal tersebut tidak terjadi, pilihlah lokasi parkir yang teduh.

  • Poles Mobil

Poles mobil merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan cat mobil tetap mulus dan mengkilap. Sekarang ini, banyak bengkel menyediakan jasa poles mobil dengan teknologi yang mampu mengembalikan warna cat seperti baru.

Untuk menjaga mobil tetap mulus dan kinclong, OtoFriends perlu melakukan perawatan khusus di bengkel. Namun tenang saja, prosesnya tidak susah dan tidak mahal, kok. Kamu tinggal booking jadwal kunjungan ke bengkel melalui aplikasi Otoklix. Tenaga ahli Otoklix akan membantu menjaga mobil tetap mulus dan kinclong sehingga kamu selalu pede berkendara!

 

Pertanyaan Seputar Poles Mobil

Apa yang dimaksud dengan poles mobil?

Poles mobil adalah teknik perbaikan cat mobil agar kembali bagus seperti semula, awet, bersih, dan tidak ada bekas noda atau goresan.

Poles mobil biar apa?

Poles mobil dilakukan untuk membuat mobil kelihatan mulus dan kinclong serta memberikan perlindungan pada permukaan mobil.

Berapa kali maksimal poles mobil?

Poles mobil cukup dilakukan 1 hingga 2 kali saja bila muncul noda membandel di body mobil.

Poles untuk apa?

Poles mobil dilakukan untuk menghilangkan noda membandel pada body mobil atau cat yang kusam karena sinar matahari atau jamur.

 

References:

https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/09/094200015/mengenal-fungsi-dan-manfaat-poles-bodi-mobil

https://lifepal.co.id/media/poles-mobil/

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/body-mobil-mengkilap