Memasuki musim hujan nih. Mobil sudah wajib dipasang wiper mobil terbaik. Bagi kamu pengguna mobil Honda Brio yang mau mengganti wiper, kamu harus tahu ukuran wiper Brio sebelum membelinya ya. Ukuran wiper yang salah akan membuat sapuannya tidak sempurna bahkan bisa merusak kaca mobil.

Jadi, berapa ukuran wiper Brio? Simak artikel berikut ya.

Ukuran Wiper Mobil Honda Brio

Honda Brio telah meluncurkan beberapa tipe dari dua generasi, mulai dari Brio Automatic, Brio Satya, Brio facelift tipe CVT dan RS, sampai dengan All New Brio. Wiper mobil Honda Brio telah berjumlah dua buah untuk kaca depan dan satu buah untuk kaca belakang. Ini adalah spesifikasi untuk Brio di atas tipe E.

Wiper mobil Honda Brio juga terdiri dari beberapa komponen, yaitu karet wiper, motor penggerak, dan pastinya lengan wiper.  Baik kaca depan maupun belakang sudah dilengkapi dengan nozzle untuk menyemprot cairan wiper. 

Ukuran wiper Brio dari bawaan Honda adalah 22 inci bagian kanan atau sisi pengemudi dan 16 inci untuk sisi kiri atau bagian penumpang depan. Sementara itu ukuran wiper Brio untuk kaca belakang adalah 12 inci. Ini adalah ukuran standar bawaan Brio.

Kalau menggunakan ukuran ini, ada sedikit celah pada kaca depan. Bagi pemilik Honda Brio yang ingin memaksimalkan sapuan, kamu bisa menggunakan ukuran wiper Brio 24-16 inci. Penambahan panjang pada sisi kanan wiper tidak akan mengganggu fungsinya. Sementara itu untuk ukuran wiper Brio bagian kaca belakang tetap menggunakan 12 inci.

Tips Memilih Wiper Honda Brio

Setelah mengetahui ukuran wiper Brio dan ingin membelinya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih wiper mobil terbaik untuk mobil Honda Brio. 

1. Membeli ukuran yang pas dan sesuai dengan ukuran kaca mobil

Seperti yang telah disebutkan di atas, ukuran wiper Brio bawaan standar adalah 22-16 inci, tetapi masih bisa menggunakan wiper berukuran 24-16 inci. 

2. Memilih wiper dengan daya tahan yang baik

Biasanya pada deskripsi produk terdapat keterangan wiper dapat melakukan berapa kali sapuan, misalnya 20.000 sapuan.

3. Memilih wiper dengan bahan karet lembut dan awet.

Bahan karet yang lembut ini dapat menjaga kaca mobil dari goresan. Selain itu bahan karet yang bagus juga tidak mudah keras atau getas serta anti korosi.

4. Memilih wiper yang tidak bising ketika bekerja

Wiper yang berisik atau berdecit saat digunakan tentu sangat mengganggu ketika berkendara. Kamu bisa memilih wiper dengan fitur Riveted Joint System.

5. Mudah dipasang

Pada beberapa merek wiper telah menggunakan fitur Quick Clip yang membuat instalasi lebih mudah dan cepat.

6. Memilih jenis wiper yang sesuai

Perlu kamu ketahui bahwa wiper terdiri dari beberapa jenis, misalnya konvensional atau yang menggunakan frame, frameless, atau hybrid. Tipe hybrid ini adalah kombinasi wiper konvensional dan frameless.

Nah itu dia beberapa tips ketika memilih wiper mobil. Wiper mobil yang bagus biasanya memang dijual dengan harga sedikit mahal daripada wiper dengan fitur standar. Tetapi harga itu sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

Cara Mengganti Karet Wiper Honda Brio

Ada keuntungan bagi kamu yang menggunakan wiper jenis konvensional atau yang memiliki frame. Kamu hanya perlu mengganti karet wiper ketika karet sudah keras dan tidak dapat berfungsi maksimal menyapu air hujan. Ini dia cara ganti karet wiper Brio.

  • Mengangkat wiper pada sisi kemudi terlebih dulu baru wiper sisi penumpang. Wiper diangkat seperti sedang mencuci mobil.
  • Melepaskan wiper dengan cara menekan masuk lidah pengunci. Kemudian frame dapat digeser keluar dari lengannya.
  • Apabila frame sudah terlepas, kamu bisa menarik ujung karet wiper untuk melepaskan karet dari frame wiper.
  • Langkah selanjutnya adalah melepas batang penahan pada kedua sisi karet wiper yang lama. Setelah itu pasang batang penahan tersebut pada karet yang baru.
  • Karet wiper baru diselipkan pada frame wiper. Kemudian, pasang frame ke lengan wiper.
  • Terakhir, kamu bisa memeriksa kembali dengan apakah sudah terpasang dengan baik, setelah itu baru turunkan lengan wiper.
  • Selesai.

Merawat Wiper Honda Brio

Merawat wiper Honda Brio tidak sulit. Cukup perhatikan dua komponen, yaitu karet penyapu dan cairan wiper. Cara menjaga karet wiper mobil agar lebih awet adalah dengan tidak terlalu sering menjemur atau parkir mobil di bawah terik sinar matahari. Karet yang terlalu sering terpapar panas matahari akan cepat keras dan mudah getas. 

Selain itu, perhatikan pula kondisi cairan. Pastikan volume cairan wiper tetap terjaga dan tidak kosong. Disarankan juga menggunakan cairan khusus wiper untuk menjaga keawetan kaca mobil dan memaksimalkan sapuan wiper.

Itu tadi informasi tentang ukuran wiper Brio, tips memilih wiper, cara ganti karet wiper Brio, dan cara merawat wiper.

Temukan wiper terbaik di bengkel terdekat atau toko aksesoris mobil di sekitar lokasimu menggunakan Otoklix. Cara kerja Otoklix adalah menggunakan peta lokasi dan mencarikan bengkel terdekat dan berkualitas untukmu.