Cara mengatasi karburator banjir pada mobil bisa dilakukan dengan beberapa langkah. OtoFriends hanya perlu mengetahui penyebab kebocoran atau masalah pada komponen karburator mobil dengan tepat. 

Baca juga: 15 Komponen Karburator Mobil Beserta Fungsinya

Sekedar informasi, karburator banjir pada mobil biasanya terjadi karena karburator mobil sudah rusak dan usang sehingga tidak mampu bekerja dengan optimal. Masalah karat dan kotoran yang sudah mengerak juga bisa menjadi penyebabnya. Satu-satunya solusi adalah dengan melakukan penggantian karburator mobil yang baru. Lantas, bagaimana cara mengatasi karburator banjir pada mobil dengan tepat? Berikut Otoklix rangkum informasi selengkapnya.

Dampak Karburator Mobil Banjir

Masih banyak pengendara yang belum sadar adanya masalah dan kerusakan pada karburator mobil kesayangannya menyebabkan karburator banjir didiamkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama. Biasanya hal ini terjadi ketika pengendara atau pemilik mobil sedang bepergian dan meninggalkan mobilnya di rumah dalam jangka waktu yang lama. Jika  hal ini sampai terjadi, risiko mobil tidak bisa hidup karena membuat busi gagal bekerja ketika dinyalakan bisa terjadi.

Oleh sebab itu, jika OtoFriends sering bepergian dalam kondisi meninggalkan mobil di rumah dalam jangka waktu yang lama, alangkah lebih baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu kondisi mobil dan pengecek setiap komponen, apakah dalam kondisi yang prima atau tidak. Sehingga risiko dan kerusakan karburator atau berbagai komponen mobil lainnya tidak menimpa mobil kesayangan OtoFriends.

Cara Mengatasi Karburator Banjir pada Mobil

Ada beberapa cara mengatasi karburator banjir pada mobil. Umumnya hal ini bisa OtoFriends lakukan sendiri di rumah untuk menghemat biaya servis dan perawatan mobil di bengkel. Adapun beberapa langkahnya antara lain:

Baca juga: Cara Mudah Servis Karburator Mobil Sendiri, Hemat Biaya!

1. Melakukan pembersihan busi

Ketika masalah karburator mobil banjir terjadi, segera cek kondisi busi mobil OtoFriends. Kondisi busi yang terendam bensin menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Segera bersihkan dan tutup kran bensin mobil OtoFriends. Lakukan pembersihan busi tanpa pembongkaran karburasi.

2. Cek bagian needle valve

Cara mengatasi karburator banjir pada mobil selanjutnya adalah mengecek bagian needle valve mobil OtoFriends. Sebenarnya selain kondisi karburator mobil yang sudah usang dan kotor tertutup kerak, ada juga penyebab lainnya yaitu needle valve yang membuka saluran bensin mobil OtoFriends. Hal ini biasa terjadi saat mesin mobil dalam kondisi mati. 

Adapun needle valve ini berfungsi untuk mengatur buka tutup aliran bensin dari tangki kendaraan ke bagian karburator dan terhubung langsung ke bagian pelampung bawah karburator. Pastikan kondisi needle valve menutup sehingga tidak ada aliran bensin yang mengalir keluar.

3. Pengecekkan pelampung

Jika pada langkah pertama dan langkah kedua tidak ditemukan masalah, cara mengatasi karburator banjir pada mobil bisa OtoFriends lakukan dengan mengecek kondisi pelampung secara langsung. Pastikan pelampung dalam kondisi baik dan tidak terjepit karburator. OtoFriends bisa mencobanya dengan melepaskan karburator dari intake manifold dan lepaskan juga kabel choke dan gas yang ada pada karburator.

Jika cara tersebut sedikit rumit untuk dilakukan sendiri di rumah, OtoFriends bisa segera membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat rekanan Otoklix. Melalui aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa dengan mudah melakukan booking servis. Berbagai layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti aki, body repair, servis AC, detailing, hingga cuci mobil bisa OtoFriends temukan. Tidak perlu khawatir akan biaya, karena bisa OtoFriends ketahui di awal booking.

Baca juga: Tune Up Mobil Injeksi, Cek 6 Komponen dan Cara yang Benar

Tips Perawatan dan Cara Menyetel Karburator Mobil

Penyebab lainnya karburator mobil banjir adalah adanya kesalahan dalam pemasangan karburator mobil. Jika OtoFriends sering melakukan bongkar pasang karburator, pastikan OtoFriends telah melakukan pemasangannya dengan benar. Ingatlah, karburator sebenarnya bukanlah komponen mesin mobil yang boleh dan bisa dengan mudah dibongkar pasang. Jika OtoFriends tidak ahli dalam bidang otomotif mesin mobil, pembongkaran karburator mobil secara mandiri dirumah berisiko membuat karburator mobil menjadi rusak.

Merupakan komponen vital pada mesin mobil, ada beberapa cara dan tips perawatan karburator mobil yang harus OtoFriends ketahui, antara lain:

  1. Siapkan peralatan perawatan karburator mobil yaitu kunci 10, 12, 14, tag, serta obeng plus dan minus.
  2. Buka bagian rumah filter udara. OtoFriends bisa menggunakan kunci 10 dan 12 untuk melepaskan mur dan baut yang ada di sekitar rumah filter. Lakukanlah dengan hati-hati untuk menjaga batu tidak patah atau slek.
  3. Perhatikan kondisi baut drain. OtoFriends bisa melepasnya menggunakan kunci pas berukuran 14 mm. 
  4. Semprot semua bagian baut drain menggunakan carburator cleaner. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di sekitar baut sehingga karburator bisa bekerja maksimal nantinya.
  5. Atur setelan angin yang masuk ke dalam karburator mobil dengan benar. Setelah semua bagian telah bersih dan baut drain sudah terpasang dengan benar, atur setelan angin hingga posisi langsam. OtoFriends bisa memutar menggunakan putaran angin sekitar 1.5 putaran, lalu gunakan telapak tangan untuk mengeluarkan kotoran yang tersisa pada karburator.
  6. Setelah posisi setelan angin sudah langsam, semprot kembali menggunakan carburator cleaner. Cairan carburator cleaner ini bisa OtoFriends dapatkan di bengkel atau toko aksesoris mobil dengan harga Rp25 ribu hingga Rp40 ribu rupiah.

Perawatan karburator bisa OtoFriends lakukan di bengkel pada saat servis rutin. Jadi pastikan OtoFriends tetap melakukan perawatan rutin di bengkel setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Karburator Banjir pada Mobil

Ormasi, karburator banjir pada mobil biasanya terjadi karena karburator mobil sudah rusak dan usang sehingga tidak mampu bekerja dengan optimal. Masalah karat dan kotoran yang sudah mengerak juga bisa menjadi penyebabnya.

Lakukan pembersihan busi, cek bagian needle valve, dan cek kondisi pelampung untuk mengatasi masalah karburator banjir pada mobil.

Ada beberapa langkah untuk menyetel karburator mobil. 1) Menyiapkan peralatan 2). Buka bagian rumah filter udara 3). Buka baut drain 4). Semprot menggunakan carburator cleaner 5). Atur setelan angin yang masuk 6). Semprot kembali menggunakan carburator cleaner