Bengkel rem mobil membantu perawatan rem mobil seperti pengecekkan kondisi kampas rem dan pengecekkan berbagai komponen rem mobil lainnya. Rem mobil memiliki peranan penting untuk mengatur laju kendaraan.

Kerusakan rem mobil yang tidak segera diperbaiki akan berisiko fatal dan berujung pada kecelakaan berkendara. Rem dirancang secara khusus untuk bisa melambatkan laju kendaraan, sehingga OtoFriends harus selalu memperhatikan kondisi setiap komponen tetap dalam kondisi baik dan stabil.

Baca juga: Cara Servis Rem Mobil Jika Booster Rem Rusak

Kesalahan dalam perbaikan rem mobil juga bisa mengancam keamanan berkendara. Mengantisipasi hal tersebut, berikut Otoklix rangkum informasi lengkap mengenai tips perawatan rem mobil, lengkap dengan rekomendasi bengkel rem mobil terbaik rekanan Otoklix yang bisa OtoFriends kunjungi saat ingin melakukan perawatan rem mobil. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Perawatan dan Prosedur Pengecekan Rem Mobil

Jadi salah satu komponen vital pada mobil, pengecekan dan perbaikan rem mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan OtoFriends melakukan pengecekan rutin di bengkel tepercaya rekanan Otoklix. Sekedar informasi, berikut beberapa prosedur dan langkah-langkah khusus yang perlu dilakukan saat pengecekan rem mobil tipe cakram:

1. Melepaskan roda

Lepaskan baut-baut roda dengan hati-hati. Gunakan alat-alat khusus untuk memastikan baut terlepas sempurna.

2. Cek kondisi selang rem

Cek kondisi selang rem, pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Baca juga: Booster Rem Mobil Bocor? Berikut Ciri, Penyebab, dan Cara Memperbaikinya

3. Cek kondisi brake pad

Bersihkan brake pad rem mobil dengan menggunakan cairan pembersih. Tambahkan grease pada brake pad sebagai pelumas sistem rem untuk mengurangi panas pada cakram.

4. Cek kondisi brake disc

Pastikan tidak ada keretakan atau kerusakan pada permukaan brake disc. Gunakan cairan pembersih khusus seperti disc cleaner apabila terdapat karat pada permukaan disc.

5. Pastikan ketebalan brake disc

OtoFriends bisa menggunakan mikrometer atau vernier caliper untuk pengukuran ketebalan brake disc. Pastikan ketebalan merata untuk mengetahui komponen pada sistem rem cakram tersebut masih bisa digunakan atau harus diganti. OtoFriends bisa melakukan pembubutan apabila brake disc harus diganti.

6. Pasang kembali brake pad

Kencangkan baut pengunci kaliper dengan nilai torsi yang sesuai. Pengencangan baut yang salah berisiko mengganggu performa pengereman ban mobil.

7. Pasang kembali roda

Pastikan pemasangan roda dilakukan dengan tepat dan torsi yang sesuai untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan terjadi.

Rekomendasi 5 Bengkel Rem Mobil Otoklix

Berbagai jasa servis dan pembersihan rem tersedia di bengkel rem mobil rekanan Otoklix. OtoFriends bisa melakukan booking servis rem mobil medium dan eropa, penggantian kampas rem, servis rem mobil biasa, pembersihan kanvas rem depan, dan servis rem mobil standar dengan harga ekonomis namun kualitas pelayanan profesional. Berikut beberapa rekomendasi bengkel rem mobil rekanan Otoklix yang bisa OtoFriends kunjungi:

1. Bengkel Butik Oli

  • Alamat : Jalan Boulevard Artha Gading Blok A 7A No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara

2. Bengkel Asia Auto

  • Alamat : Jalan KH caringin no. 14, Gambir, Jakarta Pusat 
  • Nomor telepon : 02163863556

3. Bengkel KBM Mercy

  • Alamat : Jalan Lt. Nawi 2, Radio Dalam, CIlandak, Jakarta Selatan 
  • Nomor telepon : 087719774003

4. Bengkel Sumber Ban

  • Alamat : Jalan Utama Raya No.24, RT.4/RW.1, Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat 
  • Nomor telepon : 082157267597

5. Bengkel Lancar Jaya Ban 2

  • Alamat: Jalan Letjen Suprapto No11. RT 8/RW 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat
  • Tersedia juga beberapa bengkel rem mobil rekanan Otoklix lainnya. OtoFriends bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Mengapa Servis di Bengkel Rem Mobil Rekanan Otoklix?

Beberapa keunggulan melakukan servis di bengkel rem mobil rekanan Otoklix, antara lain:

1. Harga Transparan

Biaya servis akan ditampilkan di aplikasi sebelum OtoFriends mengunjungi bengkel. Sehingga tidak ada biaya tersembunyi yang dapat membuat pengeluaran OtoFriends membengkak.

2. Garansi Servis 14 Hari

Jaminan spare part orisinal dan servis hingga 14 hari sejak pengerjaan di bengkel.

3. 2.000+ Bengkel Mitra Se-Jabodetabek

OtoFriends bisa menemukan bengkel terdekat dari lokasi berada menggunakan fitur maps dan daftar bengkel rem mobil rekanan Otoklix terlengkap.

Baca juga: Servis Rem Mobil Terdekat dan Terbaik dari Lokasi Kamu

Perbedaan Bengkel Rem Mobil Otoklix dengan bengkel Lainnya

Selain memiliki beberapa keunggulan lain seperti harga transparan, garansi servis 14 hari hingga lokasi bengkel yang mudah ditemukan karena tersebar hampir di seluruh wilayah Jabodetabek, OtoFriends juga akan merasakan pengalaman servis rem mobil terbaik karena dilakukan oleh teknisi yang profesional dibidangnya. 

Harga Servis di Bengkel Rem Mobil Rekanan Otoklix

Lakukan Servis saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 40 ribu kilometer atau setara dengan minimal pemakaian dua tahun sekali. Bila tidak maka akan berpengaruh terhadap ketidakstabilan kerja sistem pengereman mobil yang bisa menyebabkan risiko kecelakaan saat berkendara.

Biaya servis rem di bengkel rem mobil rekanan Otoklix biasanya bergantung dari kondisi rem mobil OtoFriends. Sekedar informasi, untuk jasa pembersihan kanvas rem depan dibanderol mulai dari Rp200 ribuan, servis rem mobil medium dan eropa mulai dari Rp300 ribuan, jasa penggantian kampas rem mulai dari Rp215 ribuan, servis rem mulai dari Rp200 ribuan, dan servis rem mobil standar mulai dari Rp200 ribuan.

Jangan ragu melakukan servis di bengkel rem mobil rekanan Otoklix, karena Otoklix bermitra dengan bengkel umum mobil pilihan dan tidak kalah dengan fasilitas servis di bengkel resmi. Harga lebih hemat hingga 50% dan bisa di bayar langsung di bengkel mitra.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Rem Mobil

Untuk jasa pembersihan kanvas rem depan dibanderol mulai dari Rp200 ribuan, servis rem mobil medium dan eropa mulai dari Rp300 ribuan, jasa penggantian kampas rem mulai dari Rp215 ribuan, servis rem mulai dari Rp200 ribuan, dan servis rem mobil standar mulai dari Rp200 ribuan.


Lakukan Servis saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 40 ribu kilometer atau setara dengan minimal pemakaian dua tahun sekali. Bila tidak maka akan berpengaruh terhadap ketidakstabilan kerja sistem pengereman mobil yang bisa menyebabkan risiko kecelakaan saat berkendara.


Beberapa jenis servis rem mobil seperti pembersihan kanvas rem depan, servis mobil medium dan standar, serta penggantian kampas rem tersedia.